Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Rapat Assesor Polda Kalsel Uji Kompetensi Manajerial Kaurkeu, Paurkeu dan Kasikeu

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 24 Oktober 2017




Pada hari Selasa (24/10/2017) sebanyak 27 Assesor mengikuti Rapat Assesor Uji Kompetensi Manajerial (Assessment Center) Jab Kaurkeu, Paurkeu dan Kasikeu yang diselenggarakan oleh Biro SDM Polda Kalimantan Selatan khususnya oleh Bagian Uji Kompentensi Biro Binkar SDM Polri.

Sebagai informasi Assessment Center (AC) adalah sebuah metode untuk menilai potensi seseorang dalam menangani pekerjaan yang akan datang maupun saat ini berdasarkan sejumlah parameter kompetensi dalam suatu organisasi.
Assessment center (AC) dipakai karena kemampuan prediksi yang tinggi, dikatakan gambaran kesesuaian antara AC dengan pandangan atasan sampai 95%, sedangkan jika hanya hasil AC saja prediksi kesuksesannya 70%.  Dalam AC menggunakan simulasi dan bahan tes yang realistis dan reliable serta menggambarkan situasi yang mirip dengan suatu posisi (pekerjaan) sehingga mampu menstimulasi tingkah laku dalam bekerja. Peserta mampu belajar mengenai dirinya baik melalui feedback session maupun selama proses. AC memiliki kadaluarsa 18-24 bulan karena berpandangan bahwa kompetensi setiap orang terus berkembang.

Tujuan assessment adalah kalibrasi atau memastikan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki oleh individu sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh organisasi. Menentukan prioritas area pengembangan bagi masing-masing individu sesuai dengan tuntutan, peran dan tangung jawab. Jadi sesungguhnya hasil assesment center ini adalah sebuah potret tentang kompetensi seseorang, bukan masalah lulus dan tidak lulus.
Terlihat disini dalam kegiatan assessment center bukanlah melihat what we believe we would do atau apa yang kira-kira akan kita lakukan akan tetapi what we do atau apa yang benar-benar kita lakukan.

Jadi Assessment Center adalah sarana untuk mengukur potensi manusia dengan cara memprediksi perilaku masa depan lewat penggunaan simulasi perilaku yang mengukur kemampuan candidate untuk menghadapi tanggung jawab masa depan.

Menjadi penting dalam assessment center adalah Level Playing Field atau lapangan bermain yang berimbang. Yang dimaksudkan adalah memungkinkan partisipan atau assessee untuk mendemonstrasikan kemampuan mereka terkait pekerjaan pada lapangan bermain yang berimbang, dengan membandingkan kemampuan dan perilaku mereka sesuai persyaratan kerja. Assessment Center memberikan prediksi akurat tentang performa senyatanya dalam pekerjaan masa depan atau yang akan dihadapi.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar