Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polda Kalsel Gelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-72

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 19 Agustus 2017

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 dengan melaksanakan upacara bendera di Halaman Upacara Mapolda Kalsel, Kamis (17/8/2017) pukul 07.00 wita. Upacara yang dipimpin Inspektur Upacara Irwasda Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Drs. Djoko Poerbo Hadijojo, M.Si dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polda Kalsel beserta personil Polda Polda Kalsel berjalan dengan lancar dan hikmat.

Dalam Sambutannya Irwasda Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Drs. Djoko Poerbo Hadijojo, M.Si. membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. yang mengajak anggota Polri di seluruh Indonesia agar menjadikan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 sebagai ajang perenungan kebangsaan, bukan hanya semata tentang pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, tetapi juga menjadi renungan tentang keadaan bangsa Indonesia pada saat ini.

Selain itu sebagai bagian dari elemen bangsa, Polri merupakan salah satu aktor yang dapat mendorong dan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan di antara masyarakat, di tengah berbagai tantangan tugas yang semakin berat Polri bisa memberikan kontribusi Positif dalam mendukung laju pembangunan Nasional hal ini sejalan dengan tema peringatan Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 yakni Indonesia Kerja Bersama.
Pada Kesempatan ini Irwasda Polda Kalsel juga menekankan tentang kesiapan Polri dalam menghadapi beberapa agenda nasional seperti penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 maupun agenda penting nasional lainya yang harus diamankan sejak dini agar stabilitas Kamtibmas tetap terjaga. Beliau tak lupa menyampaikan pentingnya setiap anggota Polri untuk menyadari bahwa Polri juga berperan sebagai pengawal Demokrasi dan perekat unsur Kebinekaan Bangsa.

Sementara itu, sejalan dengan tema peringatan HUT RI ke 72, yaitu INDONESIA KERJA BERSAMA, mengandung makna bangsa Indonesia terus berjuang tanpa pamrih dan penuh dedikasi guna menumbuhkan jiwa nasionalisme, rasa memiliki dan semangat kebersamaan bangsa.

Pada sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. yang dibacakan oleh Irwasda Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Drs. Djoko Poerbo Hadijojo, M.Si. menyampaikan 7 (tujuh) penekanan untuk seluruh Anggota Polri sebagai pengawal demokrasi dan perekat unsur kebhinekaan bangsa lewat perenungan nilai Proklamasi 17 Agustus 2017 jadi landasan introspeksi dan motivasi jati diri Polri dalam pelaksanaan tugas.
Ketujuh penekanan Kapolri yakni : Pertama adalah jaga soliditas internal, tingkatkan kemampuan dan profesional Polri guna merebut kepercayaan publik. Kedua, tanamkan dan tingkatkan terus nilai-nilai kejuangan yang dimiliki para pahlawan untuk diaplikasikan pada medan pengabdian sebagai personel Kepolisian dimanapun bertugas.

Ketiga, jadilah sosok panutan dan teladan ditengah masyarakat. Hindari tindakan yang menyakiti hati masyarakat. Serta lakukan tindakan tegas terhadap berbagai bentuk kriminalitas sesuai dengan aturan yang berlaku. Keempat, tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang dinamis sebagai wujud reaksi cepat Polri dalam melayani masyarakat.

Kelima, tingkatkan kerjasama dan sinergi dengan seluruh stake holder. Mulai dari pemerintah pusat dan daerah, lembaga negeri dan swasta, TNI, aparat penegak hukum lain maupun dengan seluruh komponen masyarakat dimanapun berada. Keenam, kawal dan amankan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di 171 daerah. Jaga netralitas Polri serta bangun komunikasi yang efektif dengan seluruh elemen pelaksanaan Pilkada. Terakhir, dukung pelaksanaan agenda Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional, melalui upaya dan tindakan Kepolisian yang sejalan dengan aturan hukum dan perundang-undangan.

Diakhir amanatnya, Kapolri menekankan agar segenap kesatuan Polri di manapun berada menyadari bahwa Polri adalah pengawal demokrasi dan perekat unsur kebhinekaan bangsa, olehnya itu, Kapolri mengajak seluruh anggota Polri merenungkan nilai yang terkandung dalam proklamasi 17 Agustus 1975, sebagai landasan introspeksi dan motivasi jati diri Polri dalam pelaksanaan tugas.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar