Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Waka Polda Kalsel Buka Pelatihan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Tahun 2017

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 12 Juli 2017

Arsip merupakan suatu kebutuhan dalam organisasi, karena berfungsi sebagai alat utama atau Ingatan Organisasi sebagai bahan atau alat pembuktian autentik tentang rekam kinerja organisasi, sebagai bahan dasar perencanaan dan pengambilan keputusan serta sebagai barometer hasil pencapaian kegiatan dalam organisasi.

Terkait dengan program penggunaan aplikasi, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Kombes Pol Drs Nasri S.I.K. M.H., membuka pelatihan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Tahun 2017 dengan mengangkat tema “Kita Wujudkan SDM Kesekretariatan Yang Profesional, Modern dan Terpercaya”, Rabu (12/7/2017) pagi, di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel.
Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh AKBP Astina Pasaribu selaku Kasetum Polri, Pejabat Utama Polda Kalsel, para Kasubbagrenmin Satker Polda Kalsel, para Kasium Polres jajaran Polda Kalsel dan para Operator pelatihan SIKD.

Tujuan dilakukannya pelatihan SIKD ini yakni untuk mengefisiensikan dan efektivitas pengarsipan baik berupa naskah, buku, foto, film, mikro film, rekaman masuk, gambar, peta, gambar bagan dan dokumen-dokumen lain dalam segala macam bentuk dan sifatnya yaitu asli atau salinan.

Pemanfaatan arsip SIKD juga diharapkan dapat segera berintegrasi secara optimal dengan aplikasi E-Office dan aplikasi lainnya yang sudah ada di Setum Polri, sehingga surat-menyurat yang masih bersifat manual by paper serta proses pengiriman surat yang memakan waktu cukup lama bisa beralih ke sistem aplikasi E-Office.
Hal ini tentunya selaras dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang menghendaki proses surat-menyurat di lingkungan Kementrian atau Lembaga dapat dilakukan secara elektronik sehingga bisa lebih cepat dan aman.

Dengan diadakan pelatihan ini diharapkan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mencari arsip yang tersebar, terpisah dan parsial. Sehingga arsip yang tersimpan mudah ditemukan dan disajikan secara cepat, tepat dan lengkap. Arsip yang tidak berguna akan lebih mudah disusutkan sesuai dengan retensi arsip serta arsip yang bernilai juga dapat diselamatkan dan disimpan dengan baik.

Kombes Pol Drs Nasri S.I.K. M.H., berharap semua ilmu dan keterampilan yang dimiliki dapat di praktekan dalam pelaksanaan tugas administrasi dan kesekretarian di satker masing-masing.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar