Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polda Kalsel Gelar Rakor Penanggulangan Karhutla

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 31 Juli 2017


Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, menggelar rapat koordinasi terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan, Senin (31/7/2017) pukul 09.00, di Ruang Siaga Biroops Polda Kalsel.
 
Terlaksananya rakor tersebut, diharapkan ke depannya kasus-kasus Karhutla bisa ditekan seminimal mungkin, sehingga tidak mendatangkan bencana asap lagi di Kalsel dan Indonesia umumnya. Tampak hadir dalam rakor terpadu KBO Ditkrimsus, KBO Ditkrimum, KBO Obvit, Kasubagrenmin Jajaran, Kabag Analis Jajaran, Kabagbinops Jajaran, dan Kasiops Jajaran.
Sebagaimana diketahui rata-rata penyebab kebakaran hutan dan lahan di Indonesia khususnya diwilayah Kalsel karena ulah manusia, baik yang disengaja maupun tidak.

Penyebab Karhutla di Kalsel rata-rata bersumber dari pembakaran lahan yang dilakukan oleh oknum masyarakat dan perkebunan, lalu meluas hingga terjadi Karhutla.
 
Sehingga harus dibedakan juga sudut pandangnya antara kebakaran dan pembakaran, karena cenderung ada hubungannya dengan aktivitas pengolahan lahan, baik dilakukan oleh oknum masyarakat maupun pihak perkebunan. Di lapangan banyak ditemukan Karhutla berawal dengan pembakaran lahan, akhirnya menyebar tidak terkendali, sehingga terjadilah kebakaran hutan dan lahan itu.

Terkait penanganan masalah Karhutla tersebut, semua tim khususnya anggota kepolisian selalu siap dan patroli pencegahan secara rutin dalam melakukan pencegahan dan pemadaman kebakaran. Selain secara mandiri, juga melibatkan Kantibmas, Babinsa, aparat desa, serta tokoh-tokoh masyarakat untuk melakukan patroli bersama dalam mencegah dan memadamkan Karhutla.

Rakor ini digelar dalam rangka penanggulangan Karhutla di Kalsel, karena dalam hal ini, semua pihak tidak bisa bersantai dan berdiam diri saja.





Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan                
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar