Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Warga Banua Kalsel Tidak Takut Teror, Siap Bersama Aparat Melawan Aksi Teror

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 26 Mei 2017

Tindakan teror yang dilakukan segelintir kelompok di Indonesia yang melakukan aksi teror bom serta tindakan lainnya, ternyata disikapi dingin oleh warga masyarakat ‘banua’ di Provinsi Kalsel. Bahkan aksi teror bom yang dilakukan oleh kelompok yang diduga berafilisasi dengan jaringan teror ISIS harus dilawan bersama-sama.
“Aksi teror harus dilawan kami tak takut, ayo kita bersama-sama dengan aparat membasmi ulah segelintir orang yang memaksakan kehendak ini dengan aksi teror. Kami tak takut ayo kita lawan,” kata Koordinator Borneo Watch Ervansyah Anandata SH MH, Jumat.
Hal senada dikatakan mahasiswa UIN Banjarmasin M Aliansyah yang berharap, aksi teror jangan diberi ruang dan tempat. “Kegiatan mereka yang menebar teror harus dilawan jangan diberi peluang, kami warga Kalsel siap melawan,” kata mahasiswa semester 5 Fakultas Tarbiyah ini.
Pascaserangan bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) sekitar pukul 21.00 WIB, aparat keamanan di Kalimantan Selatan meningatkan kesiagaan. Sejumlah lokasi dan objek vital seperti bandara dan pelabuhan dijaga lebih ketat.
Pantauan, Kamis (25/5), polisi terlihat berjaga-jaga di sejumlah pusat perbelanjaan dan gereja. Keberadaan polisi di gereja juga untuk mengamankan jalannya peringatan Kenaikan Isa Almasih. Bahkan di dekat rumah dinas Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana di Jalan Haryono MT tampak satu kendaraan lapis baja barracuda dan satu truk dalmas.
Di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, penjagaan lebih ketat dari biasanya. Ini menyusul instruksi Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan, yang meminta bandara dijaga semaksimal mungkin. Jika di perkotaan, polisi yang terlihat lebih banyak bertugas, penjagaan di bandara dilakukan oleh TNI Angkatan Udara (AU).
Communication and Legal Section Head Bandara Syamsudin Noor, Aditya Putra Patria, mengatakan ada penambahan petugas keamanan dari TNI AU. “Ada bantuan pengamanan dari TNI AU berupa penempatan personel berseragam dinas di bandara,” ujarnya.
Danlanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Abdul Haris mengatakan pihaknya juga meningkatkan pengawasan terhadap calon penumpang. “Namun untuk mencegah terjadinya suasana yang kurang menyenangkan, kami hanya melaksanakan penggeledahan terhadap orang dan barang yang mencurigakan,” ucap Abdul.
Serangan yang menewaskan tiga polisi dan melukai tujuh polisi serta lima warga sipil membuat anggota Polri berduka. Demikian pula jajaran Polres Banjarbaru. Melalui akun Instagram @polres_banjarbaru, Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya menyatakan seluruh jajarannya beserta anggota Bhayangkari turut berduka cita atas gugurnya sejumlah rekan mereka. “#kamimelawanteror. Selamat jalan Kawan, Rekan semoga engkau tenang di sana. Terima kasih atas pengabdian mu untuk negara selama ini.#polriberduka#polresbanjarbaru #polriberduka #kamitidaktakut #indonesia #abdinegaraid#prayforjakarta,” tulis Kelana.
Di tengah suasana duka, Wakapolres Banjarbaru Kompol Iwan Wahyu Purnomo menyatakan pihaknya meningkatkan kewaspadaan di mapolres dan pos-pos polisi. “Kami juga meningkatkan kewaspadaan di objek vital yang ada di Banjarbaru seperti Bandara,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar