Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Ditlantas Polda Kalsel Ajak Warga Hadiri Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan “SAFETY FOR HUMANITY”

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 18 Mei 2017

Lalu lintas merupakan urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan refleksi atas modernitas. Dalam berlalu lintas dibutuhkan adanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).
Kamseltibcar lantas dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat menghambat, merusak, bahkan mematikan produktifitas antara lain faktor manusia, kendaraan, lingkungan, alam dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.
Untuk itu Polri melalui Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan khususnya Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel mengajak warga Kota Banjarmasin dan wilayah se Kalimantan Selatan untuk hadir dan berpartisifasi mengikuti serta memeriahkan acara Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan “SAFETY FOR HUMANITY” yang digelar oleh Polda Kalsel pada hari Minggu 21 Mei 2017, pukul 08.00 – 10.00 wib, di Siring Menara Pandang Banjarmasin.
Acara yang diselenggarakan oleh Polda Kalsel tersebut itu juga di isi dengan berbagai macam kegiatan dan hiburan seperti Penampilan Polisi Cilik Banua Polres HSU, Selayang Pandang Tahun Keselamatan, Pemberian Penghargaan, Penyerahan Tali Asih Kepada Korban Laka Lantas, Penandatangan Spanduk Tahun Keselamatan 2017-2018, dan hiburan lainnya.
Acara tersebut juga disiarkan secara Live di Metro TV bersama Presiden RI Joko Widodo di Bundaran HI Jakarta.
Sebagaimana diketahui berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) terkait dengan korban kecelakaan lalu lintas dimana korban kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyumbang terbanyak kematian.
Berdasarkan hal itu, PBB mendeklarasikan aksi keselamatan yang dikenal dengan “Declaration of Action”. Dimana terdapat 5 (lima) pilar pada deklarasi yang dicanangkan yaitu: Manajemen keselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, Perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, Jalan yang berkeselamatan dan Sebelum dan Sesudah Kecelakaan.
Pemerintah Negara Indonesia menanggapi hal tersebut dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013, tentang Program Aksi Jalan di Indonesia, terkait dengan 5 (lima) pilar yang telah di deklarasikan oleh PBB. Melihat perkembangan lingkungan strategis diatas, Kapolri Jenderal Drs. Tito Karnavian, M.A.,Ph.D, mengeluarkan kebijakan yang dikenal dengan program Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). Program Promoter bagi Korlantas Polri adalah Polisi sebagai Penggerak Revolusi Mental, pelopor tertib sosial diruang publik, crash program pelayanan masyarakat yang bersih dari percaloan, penegakan hukum yang tegas dan terjalinnya sinergitas polisional yang proaktif. Terkait dengan program tersebut, maka Kakorlantas Polri, Inspektur Jenderal Drs. Royke Lumowa, M.M langsung menetapkan kebijakan untuk membuat program prioritas Korlantas Polri, 44 (empat puluh empat) program dengan 154 (seratus lima puluh empat) kegiatan.
Terlebih Polri khususnya Polda Kalsel saat ini memiliki 3 tujuan penegakan hukum diantaranya Keadilan, Manfaat dan Kepastian Hukum dengan tidak ada Abuse Of Power dalam penegakan hukum Operasi Patuh Intan 2017.

Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Brigadir Yudha Krisyanto
Publish : Drs. Hamsan

0 komentar:

Posting Komentar