Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Bid Humas Polda Kalsel Vicon Bersama Divisi Humas Mabes Polri, Tentang Pengelolaan Media Sosial

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 23 Mei 2017

Bid Humas Polda Kalsel Vicon Bersama Divisi Humas Mabes Polri, Tentang Pengelolaan Media Sosial
Mabes Polri melalui Divisi Humas Mabes Polri menggelar Video Conference (vicon) bersama Humas Polda Jajaran dan Polres Jajaran se Indonesia, Selasa (23/5/2017) pukul 09.00 wita.
Pada pelaksanaan Vicon ini tema yang dibahas mengenai Pengelolaan Media Sosial yang dipimpin langsung Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto, SH, pada kesempatan tersebut didampingi Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Pol Drs. Daniel Pasaribu, Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah beserta para Jajaran Divisi Humas Mabes Polri.
Vicon bersama Divisi Humas Mabes Polri tersebut tersebut diikuti oleh Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Mochamad Rifa’I, SIK, Kasubbag Renmin Bid Humas Polda Kalsel AKP Samsu Darsono, Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Kalsel Kompol Ana Setiani, Kasubbid PID Drs. Hamsan, dan para Jajaran personel Bid Humas Polda Kalsel.
Pada kesempatan pertama Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto, SH, menyampaikan beberapa hal terkait Peran Humas dengan adanya Biro Multimedia dituntut untuk membuktikan kontribusi dalam mengcounter opini dari para netizen yang mengarah pada hal negative pada Polri.
Kepada Bid Humas Polda dan Polres se Indonesia diharapkan agar mengelola media sosial dalam menyampaikan tugas Polri kepada masyarakat dan dapat menetralisir pemberitaan yang negative khususnya tentang Polri agar dapat diterima baik oleh masyarakat, sehingga tercipta situasi aman dan kondusif.
Penyampaian dilanjutkan dengan arahan dari Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Pol Drs. Daniel Pasaribu, dengan menyampaikan beberapa hal terkait Pengelolaan Media Sosial bagi Bid Humas Polda maupun Polres se Indonesia.
Diantaranya tentang Commander Wish yang diberikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, yang menyangkut pelaksanaan tugas Kehumasan yang disebut dengan Manajemen Media.
Manajemen media sebagai tugas pokok Humas Polri, dalam melaksanakan salah satu pendekatan kepada media massa yang ada baik yang konfesional/media online. Dimana dari beberapa survei kepercayaan publik kepada Polri hanya 50 – 60 persen, namun pada saat ini meningkat menjadi 70,10 persen.
Dengan meningkatkan manajemen media massa yang ada, baik itu yang masih konvensional maupun yang saat ini paling banyak dibaca oleh masyarakat yaitu media sosial dan media online, diyakini Polri khususnya Humas Polri pasti melakukan pendekatan kepada media dan wartawan.
Media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dan dapat digunakan oleh Polri untuk pendekatan melalui media Facebook, Line, Twitter, Instagram, Path, Youtube dan media sosial lain sebagainya.
Namun perlu diketahui, bahwa media online sangat susah di ketahui siapa yang bermain di belakangnya, seperti akhir-akhir ini banyak yang menjelekan Kepolisian.
Sedangkan itu Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, menyampaikan kepada seluruh Kabid Humas Polda dan Polres agar benar-benar melihat permasalahan di medsos agar dapat dikelola dan diakomodir dengan baik agar peran humas menjadi fungsi utama di garda terdepan, dalam menetralisir medsos.
Selain itu diharapkan Humas dapat mengelola kelompok netizen dengan baik agar bisa berkumpul dan bertatap muka sehingga tidak mudah terbawa isu yang berkembang.
Terkait dengan pengelolaan medsos tribrata news.go.id, apabila ada berita bagus yang bisa mengangkat citra institusi kepolisian agar segera di publish, untuk itu peran Humas Polri sangat besar, terlebih dalam mengakomidir pemberitaan, dan harus memonitor medsos, meskipun diketahui setiap pemberitaan pasti memiliki dampak.
Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah juga mengharapkan apabila ada berita besar jangan menunggu saat press release untuk diberitakan namun manfaatkanlah medsos dengan baik dan cepat.

Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Brigadir Yudha Krisyanto
Publish : Drs. Hamsan

0 komentar:

Posting Komentar