Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Pimpin Apel Kesiapan Armada Barisan Pemadam Kebakaran Se Kalsel Siap Atasi KARHUTLA

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at 06 September 2016

apel 1

Polda Kalsel (07/09) : Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs Erwin Triwanto SH mengapresiasi anggota dari Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) se Kalsel yang siap membantu mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalsel.
Kapolda Kalsel bersama pejabat utama Polda Kalsel serta jajaran melihat sendiri ratusan armada Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) menyatakan kesiapannya untuk membantu mengatasi ancaman karhutla di Kalsel.

apel 2

“Kami sangat mengapresiasi Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Kalsel yang menjadi relawan dan membantu secara sukarela mengatasi karhutla di Kalsel. Meski titik api di Kalsel belum ditemukan , tapi kesiapan semua pihak untuk bersama-sama membantu mengatasi karhutla di Kalsel harus dihargai,” katanya usai memimpin apel gelar kesiapan Relawan Gabungan Armada Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Lapangan Polri Jalan A Yani Pal 21, Senin (29/8).
Kapolda Kalsel juga menekankan, setiap posko penanggulangan karhutla yang ada di Polres-polres di Kalsel jika menemukan ada lahan yang terbakar tim reskrim harus melakukan penyelidikan dan memeriksa pemilik lahan dan saksi di lapangan. Personel Polri harus bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar jangan membakar lahan ketika akan membuka lahan.
Kapolda Kalsel juga berharap, pada tataran pre-emtif selalu mengoptimalkan sosialisasi tentang larangan, sanksi/hukum, termasuk pembuatan spanduk, baleho, sebaran, pamflet, dll. tentang dampak dari karhutla. Pada tataran preventif, harus dilaksanakan kegiatan patroli ke wilayah rawan kebakaran. Pada tataran preventif melaksanakan patroli, ke wilayah rawan karhutla. Dengan mengacu data BMKG serta melibatkan masyarakat agara peduli karhutla.
Pada tataran hukum, melakukan penindakan sesuai peraturan serta perundang-undangan yang berlaku sampai proses peradilan, personel harus melibatkan masyarakat untuk melakukan sosialisasi bahwa membuka lahan dengan cara membakar merugikan kesehatan dan lingkungan dan orang lain.
Keberadaan pos pantau harus diefektifkan peran dan fungsinya bersama-sama dengan unsur lain, TNI AD serta masyarakat yang peduli api untuk mencegah jangan sampai terjadinya karhutla.
Apel gelar kesiapan ini juga dihadiri Wagub Kalsel Rudy Resnawan serta unsur muspida, termasuk Wali Kota Banjarbaru serta Sekda Kabupaten Banjar. Ratusan anggota BPK dari Kalsel serta personel Polri dengan sepeda motor modifikasi membawa galon air juga ditampilkan termasuk alat pemukul api dari kawat strimin.
(hamsan)



***Tribratanews.poldakalsel.com/yudha/Bidhumaspolda


0 komentar:

Posting Komentar