Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Brimob Polda Kalsel Ikut Lomba Sinoman Hadrah

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at 22 September 2016

hadrah-ok

Polda Kalsel (22/09) : Para anggota Brigadir Mobil (Brimob) Polda Kalimantan Selatan akan ikut memeriahkan festival senoman hadrah yang akan diselenggarakan pada Sabtu (17/9) di Halaman Perpustakaan Kota Banjarmasin di Jalan Piare Tendean Banjarmasin.
Panitia penyelenggaran festival senoman hadrah Mujiyat SP, Kamis, menyebutkan festival senoman hadrah merupakan salah satu rangkayan festival budaya pasar terapung 2016 yang berlangsung 16-20 September di siring sungai Martapura di jalan Paire Tendean.
“Karena festival senoman hadrah ini memerlukan ruangan yang luas, pihaknya mengkoordinasikan dengan Polda Kalsel untuk mempergunakan salah satu kantong parkir di sana, mereka mengajukan diri untuk ikut memeriahkannya,” ungkap Mujiyat.
Brimob Polda Kalsel, papar Kabid Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kalsel ini, menyatakan memiliki grup maulid Habsy di mana seluruh anggotanya merupakan prajurit Polri, dan mereka akan menjadi hiburan pembuka bagi gelar festival senoman hadrah yang diikuti seluruh kabupaten/kota di provinsi ini.
“Kita usul mereka tetap berpakaian dinas saat tampil itu, sebab ini sebuah kehormatan bagi bapak-bapak kita anggota Brimob, sebab mereka sangat perduli dan ikut melestarikan seni budaya,” tuturnya.
Menurut Mujiyat, festival senoman hadrah merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan instansinya untuk melestarikan kesenian yang bernafaskan relegi ini, di mana masyarakat provinsi ini yang mayoritas memeluk agama Islam.
“Kesenian senoman hadrah ini masih banyak digeluti masyarakat Kalsel, utamanya di daerah Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, yang biasa tampil di saat acara resepsi perkawinan dan juga menyambut tamu kehormatan daerah,” jelasnya.

hadrah1

Di acara festival ini, ujar dia, ada belasan grup senoman hadrah dari 13 kabupaten/kota yang sudah mendaftarkan diri, setiap grup senoman hadrah sebanyak 25 sampai 41 orang pemainnya, mereka akan menampilkan gerakan-gerakan terbaik untuk menjadi yang terbaik.
Menurut dia, festival senoman hadrah merupakan salah satu andalan dalam kemeriahan festival budaya pasar terapung, di mana segala macam kesenian budaya daerah akan ditampilkan selama berlangsungnya, di antaranya lomba pawai budaya, Banjar fashion carnaval, lomba permainan tradisional balogo Selanjutnya, kata Mujiyat, festival kuliner daerah pada kampung Banjar, sasirangan street festival, lomba masak shef hotel dan restoran, lomba jukung hias pada pedagang pasar terapung dan lomba foto objek festival pasar terapung.
\ “Tentunya semua acara yang diselenggarakan ini untuk bisa menarik pariwisata, kita harap semua datang ke Banjaramsin dan ikut menyaksikannya,” kata Mujiyat.



***Tribratanews.poldakalsel/yudha/Bidhumaspolda

0 komentar:

Posting Komentar