Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Kerahkan Seluruh Daya Dan Perangkat TNI - POLRI Bersinergi Tanggulangi Karhutla

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at 31 Agustus 2016

apel-karhutla-polda-kalsel

Polda Kalsel (01/09) : Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjen Pol Erwin Triwanto mengatakan personel TNI/Polri siap menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang cukup berpotensi terjadi di daerah itu.
“Personel TNI/Polri siap bersinergi ikut membantu pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” ujar kapolda di Banjarbaru, Jumat.
Ia mengatakan hal itu di sela senam bersama yang digagas Polda Kalsel diikuti ratusan personel TNI/Polri di lapangan Mako Brimobda Kalsel di Jalan Ahmad Yani km 31 Banjarbaru, Jumat.
Menurut kapolda, meski pun bukan domain Polri menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, tetapi seluruh personel selalu siap sedia diturunkan mengatasi bencana di musim kemarau itu.
“Seluruh personel Polri sesuai instruksi kapolri siap membantu pemerintah dalam menanggulangi karhutla termasuk siap menurunkan peralatan memadamkan api,” ujarnya.
Disebutkan kapolda, peralatan yang siap diturunkan menanggulangi karhutla di antaranya kendaraan taktis meriam air atau “water canon” milik Brimob maupun kendaraan modifikasi lainnya.
“Kami memodifikasi kendaraan yang biasa digunakan untuk operasi menjadi kendaraan yang berfungsi memadamkan kobaran api sehingga tidak semakin besar dan meluas,” ucapnya.
Komandan Resor Militer (Danrem) 101/Antasari Kol (Kav) Yanuar Adil mengatakan, sinergi personel TNI/Polri dibutuhkan di berbagai kegiatan termasuk penanggulangan karhutla.
“Kami juga siap menurunkan personel menanggulangi karhutla disamping siap peralatan memadamkan kobaran api agar kebakaran tidak menimbulkan dampak lebih besar,” ujarnya.
Dikatakan, penanggulangan karhutla bukan hanya tugas pemerintah daerah tetapi menjadi tanggung jawab seluruh pihak termasuk TNI/Polri yang selalu siap terjun ke lapangan sebagai motivator.
“Sinergi menanggulangi karhutla bukan hanya di tingkat pimpinan tetapi sampai personel yang paling bawah agar sikap dan langkah yang diambil sesuai prosedur,” katanya.
Komandan Resor Militer 101/Antasari Kolonel (Kav) Yanuar Adil mengatakan, hubungan personel TNI/Polri di provinsi itu berjalan baik dan tetap solid tanpa ada gejolak maupun konflik.
“Hubungan TNI/Polri di Kalsel solid dan kami sebagai aparat pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat selalu siap menjaga kamtibmas,” ujar Danrem di Kota Banjarbaru, Jumat.
Pernyataan itu ditegaskan Danrem di sela senam bersama yang digagas Polda Kalsel diikuti ratusan personel TNI/Polri di lapangan Mako Brimobda Kalsel di Jalan Ahmad Yani km 31 Banjarbaru, Jumat.
Ia mengatakan, kegiatan yang dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menjadi sarana menjalin hubungan yang harmonis antara personel TNI/Polri sebagai aparat pelindung masyarakat.
“Kami sangat mengapresiasi senam bersama ini karena mampu memupuk persaudaraan dan kebersamaan sehingga personel terhindari dari konflik yang tidak diinginkan,” ucapnya.
Ditekankan, pihaknya sebagai pucuk pimpinan TNI di Kalsel berkomitmen untuk menjaga soliditas personel TNI/Polri sehingga mampu menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparat negara.
“Kami akan membangun hubungan yang saling sinergi dengan Polri dan siap berkomitmen menjalin soliditas baik di pucuk pimpinan hingga personel di level bawah,” katanya.
Kapolda Kalsel Brigjen Pol Erwin Triwanto mengatakan, senam bersama merupakan salah satu cara menjalin hubungan yang harmonis antara personel TNI/Polri di provinsi setempat.
“Melalui kegiatan ini, personel TNI/Polri bisa saling mengenal dan diharapkan mereka bisa menjalin hubungan baik sehingga bisa menghindari konflik baik pribadi maupun institusi,” ujarnya.
Sementara itu, kegiatan senam bersama juga disemarakkan berbagai lomba yang melibatkan personel TNI/Polri dengan hadiah yang cukup besar yakni tiga unit sepeda motor dan hadiah lain.
Perlombaan diikuti personel TNI/Polri, sedangkan Kapolda dan Danrem serta perwira kedua institusi memilih latihan menembak di halaman belakang Mako Brimobda.



***Tribratanews.poldakalsel/yudha/Bidhumaspolda
 

0 komentar:

Posting Komentar