Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Berharap Para Pengusaha ikut Aktif Atasi Karhutla

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at 11 Agustus 2016

erwin 
 

Polda Kalsel (11/08) : Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjend Polisi Erwin Triwanto mengimbau pengusaha berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di provinsi setempat.
“Kami imbau pengusaha ikut berperan mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), jangan hanya mencari keuntungan saja tetapi lingkungan tidak diperhatikan,” ujarnya di Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan, pengusaha bisa menggunakan dana operasional sosial kemasyarakatan (CSR) yang diarahkan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di sekitarnya.
Dijelaskan, dana operasional sosial kemasyarakatan bisa digunakan untuk kegiatan yang ditujukan mencegah karhutla seperti membentuk satuan tugas dan patroli di wilayah sekitar.

“Dananya bisa digunakan untuk membiayai kegiatan personel satuan tugas sehingga bisa patroli di kawasan hutan dan lahan sekitar perusahaan agar terhindar dari kebakaran,” ucapnya.
Ditekankan, pengusaha juga harus memiliki alat pemadam kebakaran yang disediakan di lingkungan perusahaan sehingga bisa digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Pengusaha harus memiliki alat pemadam kebakaran ringan atau sejenis dan kami akan mengeceknya. Intinya, mereka harus memiliki alat itu sehingga bisa mencegah kebakaran,” pesannya.
Menurut dia, pihaknya juga sudah menginstruksikan kepala kepolisia resor (kapolres) seluruh Kalsel memperhatikan potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.

Disebutkan, kebakaran hutan dan lahan harus menjadi perhatian apalagi presiden dan kapolri menginstrusikan perlunya perhatian khusus terhadap kebakaran di hutan dan lahan itu.
“Seluruh kapolres kami minta untuk memantau dan mengawasi setiap potensi karhutla di wilayahnya dan mengambil tindakan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya juga menjadi anggota media sosial yang dibentuk Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) sehingga bisa mengetahui setiap potensi kebakaran di provinsi setempat.
“Kami bisa memantau kondisi cuaca dan informasi fenomena alam lainnya termasuk karhutla melalui media sosial BMKG dan itu sangat membantu tugas kepolisian,” katanya.
rel

0 komentar:

Posting Komentar