Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Bagian Pengendalian Personel (Bagdalpers) Polda Kalsel

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at 22 Juli 2016


KABAGDALPERS RO SDM POLDA KALSEL AKBP BAGUS SUSENO SIK

Polda Kalsel (22/07) : Bagian Pengendalian Personel, disingkat Bagdalpers, bertugas membina dan menyelenggarakan manajemen pengendalian personel yang meliputi penyelenggaraan penyediaan, seleksi, pemisahan dan penyaluran personel.
Dalam menyelenggarakan tugasnya, Bagdalpers menyelenggarakan fungsi :
• penyiapan rencana kegiatan seleksi penerimaan pendidikan pembentukan brigadir, PNS Polri dan perwira, meliputi Akademi Kepolisian ( Akpol ) dan Perwira Polri Sumber Sarjana ( PPSS ), dan Sekolah Pembentukan Perwira ( Setukpa );
• penyelenggaraan kegiatan seleksi penerimaan pendidikan pengembangan, antara lain pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah ( Sespimmen ), Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian ( STIK ), Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama ( Sespimma ), serta pendaftaran Sekolah Staf Pimpinan Tinggi ( Sespimti ) dan Lembaga Pertahan Nasional ( Lemhanas );
• pelaksanaan seleksi dan penerimaan Sekolah Alih Golongan ( SAG );
• pelayanan kegiatan proses administrasi penerbitan pengesahan dan penyaluran pengakhiran dinas bagi anggota dan PNS Polri.
Dalam menyelenggarakan tugas Bagdalpers dibantu oleh :
• Subbagian Penyediaan Personel, disingkat subbagdiapers, bertugas melaksanakan kegiatan seleksi penerimaan anggota dan PNS Polri;
• Subbagian Seleksi, disingkat subbagselek, bertugas melaksanakan kegiatan seleksi dan pendaftaran pendidikan pengembangan Polri;
• Subbagian Pemisahan dan Penyaluran, disingkat subbagsahlur, yang bertugas melaksanakan kegiatan proses administrasi pengakhiran dinas, baik bagi anggota dan PNS Polri.
SUBBAGDIAPERS
Subbagian Penyediaan Personel, disingkat Subbagdiapers.
Merupakan subbag yang melayani menyelenggarakan dan melaksanakan penerimaan personel baru baik perwira, bintara , tamtama dan PNS dilingkungan Polda Kalsel, membuat rencana kegiatan, mengadakan koordinasi dengan instansi dan satker lain untuk persiapan werving.
Menyiapkan piranti lunak yang diperlukan dalam proses penerimaan personel, mengadakan kampanye / mengumumkan dalam rangka penerimaan, melaksanakan pendaftaran dan menguji kelengkapan administrasi, menghimpun dan mengumumkan hasil test tiap-tiap tahap.
Membuat laporan hasil pelaksanaan werving tingkat panda ke Pansus, membuat penghadapan calon siswa kepada Ka SPN, melaksanakan pembinaan terhadap mahasiswa beasiswa, melaksanakan pengkajian dan pengklarifikasian tenaga manusia untuk dapat didayagunakan tenaga manusia (Polri dan PNS) sesuai kemampuan dan karakteristik pada bidang tugasnya.
Mendata, menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan pengadaan / penerimaan Anggota Polri dan PNS dilingkungan Polda Kalsel, mengkaji dan merencanakan jumlah kebutuhan personel ditiap-tiap wilayah, mendata dan mengklasifikasikan jenis pendidikan bagi personel yang ada di jajaran Polda Kalsel.
Membuat rekapitulasi kekuatan Anggota Polri dan Keluarganya pergolongan / pangkat, membuat rekapitulasi kebutuhan PNS pergolongan / pangkat, membuat rekapitulasi kekuatan Anggota Polri / PNS menurut jabatan, kepangkatan dan pendidikan, membuat rekapitulasi kekuatan peserta didik perjenis pendidikan dan kondisi siswa.
Membuat laporan rekapitulasi kekuatan personel secara lengkap dan didistribusikan kepada Ro SDM dan satker lain dijajaran Polda Kalsel.
SUBBAGSELEK
Subbagian Seleksi, disingkat Subbagselek
Merupakan subbag yang melayani mengirimkan calon peserta seleksi Lemhannas, mengirimkan calon peserta seleksi Sespimti Polri.
Melaksanakan seleksi dan membuat laporan pelaksanaan seleksi Sespimen Polri, melaksanakan seleksi dan membuat laporan pelaksanaan seleksi penerimaan calon mahasiswa STIK.
Melaksanakan seleksi dan membuat laporan pelaksanaan seleksi penerimaan calon siswa Sespimma Polri, melaksanakan seleksi dan membuat laporan pelaksanaan seleksi penerimaan calon siswa SIP Polri.
Melaksanakan seleksi dan membuat laporan pelaksanaan seleksi alih golongan dari Bintara ke Perwira dan dari Tamtama ke Bintara di lingkungan Polda Kalsel.
SUBBAGSAHLUR
Merupakan subbag yang melayani menyalurkan dan melaksanakan pemisahan personel Polri yang meliputi persiapan pengakhiran dinas, pemberhentian dan penghukuman serta pensiun.
Menyelenggarakan dan melaksanakan penyaluran personel Polri, memproses pemberhentian dengan tidak hormat, pemberhentian sementara dari jabatan (skorsing).
Memproses percepat pensiun karena kasus, pencatatan personel tercela, memproses persiapan pengakhiran tugas (MPP)di lingkungan Polda Kalsel.


***Tribratanewspoldakalsel/yudha/Bidhumaspolda

0 komentar:

Posting Komentar