Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Salam Tribrata!

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at 25 Januari 2016

Salam Tribrata!
KAPOLDA BAGI MASKER2
Kapolda Kalsel Brigjend Pol. Drs Agung Budi M, MSi membagikan masker dan memasang ke salah satu warga saat terjadi kabut asap. (ist)

TRIBRATA adalah nilai dasar yang merupakan pedoman moral dan penuntun nurani. Tribrata adalah pedoman hidup dalam bersikap dan berprilaku bagi setiap anggota Kepolisian Republik Indonesia.
Kristalisasi nilai-nilai Tribrata, dilandasi dan dijiwai oleh Pancasila. Inilah yang mencerminkan jati diri setiap anggota Polri dalam wujud komitmen moral yang meliputi etika kepribadian, etika kenegaraan, etika kelembagaan, dan etika hubungan dengan masyarakat dalam menjalankan tugas dan pengabdian Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.
Menjadikan Tribrata, sebagai Salam Sapa, adalah bagian dari penanaman nilai-nilai pengabdian ke dalam diri. Menjadi pengingat, sekaligus pemberi semangat.
Filosofi menggunakan sapa SALAM TRIBRATA adalah:
1.​ Dengan mengucapkan Salam Tribrata, akan menjadikan penjabaran etika kepribadian dalam bermasyarakat, yaitu ungkapan untuk melicinkan interaksi dengan siapapun yang disapa, membuka percakapan serta memberikan penghormatan, perhatian secara ikhlas, kerendahan hati dan kesopanan sebagai seorang anggota Polri.
2.​ Dengan mengucapkan Salam Tribrata, sebagai wujud dan tekad pemberi sapa untuk mewujudkan komitmen bahwa sebagai anggota Polri akan selalu memberikan siap memberikan pelayanan terbaik, perlindungan, dan pengayoman serta siap bekerjasama dengan masyarkat.
3.​ Dengan mengucapkan Salam Tribrata kepada masyarakat, adalah peluang membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Dengan menyapa kita sudah memberikan respon tentang jati diri polri dalam diri kita menjadi polisi yang humanis.
4.​ Dengan mengucapkan Salam Tribrata, akan memberikan keyakinan diri sendiri bahwa kita telah meningkatkan citra pribadi di masyarakat.
5.​ Dengan mengucapkan Salam Tribrata, kita telah memberikan rangsangan kepada publik untuk selalu menjadi polisi bagi dirinya sendiri.
6.​Dengan saling mengucapkan Salam Tribrata sesama anggota Polri, akan memperkuat jalinan kebersamaan, saling mendoakan keselamatan dan saling mendukung dalam kebaikan.
Bagaimana dan dimana kita harus mengucapkan sapa Salam Tribrata?
Sapa Salam Tribrata diucapkan setelah kita mengucapkan salam sesuai ajaran agama kita masing-masing. Dan, cara menjawab Salam Tribrata adalah, dengan menjawab sesuai salam agama masing-masing, lalu mengucapkan Salam Tribrata!
Pada kesempatan apa saja dan dengan siapa saja kita mengucapkan sapa Salam Tribrata?
Kristalisasi nilai-nilai Tribrata selalu melekat kepada anggota Polri, dimanapun berada pada berbagai kesempatan apapun. Baik secara langsung melibatkan keberadaan Polri di tenga kegiatan internal, maupun sapa pengabdian kepada masyarakat .
Pada saat mengambil pelaksanaan apel pagi, di Polsek, di Polres, di Polda dan di Mabes Polri. Juga pada kegiatan rapat pertemuan internal, foru diskusi yang melibatkan Polri, pada kegiatan sambang Bhabinkamtibmas, rapat desa yang melibatkan Polmas, maupun dengan komunitas. Termasuk, salam bagi para follower Polri di media sosial.
Salam Tribrata! (Anang)

***Tribratanewspoldakalsel/yudha

0 komentar:

Posting Komentar