Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

GELAR OPERASI SIMPATIK INTAN 2014

Posted by Ikhsan Ntd at 20 Mei 2014

POLDA KALSEL -
Selaku Inspektur Upacara Wakapolda Kalsel KOMBES POL Drs. SUKIRMAN dan Di hadiri Pejabat utama Polda Kalsel, serta para unsur Muspida dan Pejabat Utama TNI dan Pasukan peserta Upacara.
Dalam amanat Kapolri yang disampaikan oleh Wakapolda Kalsel KOMBES POL Drs. SUKIRMAN, Operasi kepolisian ini penting dilaksanakan, sebagai salah satu upaya Polri menjaga kondisi kamtibmas yang kondusip, melalui peningkatan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat, dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, khususnya dalam rangka mendukung kesuksesan pengamanan Pemilu Presiden / Wakil Presiden 2014.




Salah satu permasalahan yang menjadi perhatian serius dari kita semua adalah pelanggaran lalu lintas, yang memiliki pengaruh signifikan terhadap terjadinya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, sehingga memerlukan upaya antisipasi dan penanganan secara komprehensif.
Sebagai gambaran, pada tahun 2013 terjadi sebanyak 6,04 juta pelanggaran lalu lintas. Hal tersebut telah menimbulkan dampak terhadap tingginya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia mencapai 25.157 jiwa.
Dengan demikian, selama tahun 2013 diperkirakan setiap harinya sejumlah + 69 orang meninggal dunia di jalan.

Mencermati tingginya angka pelanggaran dan korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, serta dalam upaya mewujudkan keselamatan berlalu lintas di jalan, pemerintah telah memberikan perhatian secara khusus melalui penerbitan Inpres Nomor 4 tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, yang terdiri dari 5 (lima) pilar, yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, serta penanganan pra dan pasca kecelakaan, yang sejalan dengan Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2008 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Operasi Simpatik tahun 2014 ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda jajaran selama 21 hari mulai tanggal 19 Mei s.d. 8 Juni 2014.

dengan mengedepankan kegiatan preemtif melalui penyuluhan dan pelatihan lalu
lintas serta kegiatan preventif melalui pengaturan, penjagaan dan patroli lalu lintas, didukung dengan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas serta teguran simpatik, guna mewujudkan kamseltibcar lantas.

Melalui penyelenggaraan Operasi Simpatik ini, ada beberapa hal yang saya harapkan dapat terwujud antara lain :

1. Meningkatnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas;
2. Terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan
lancar dengan indikator menurunnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas
baik secara kualitas maupun kuantitas, khususnya menjelang Pemilu Presiden / Wakil Presiden tahun 2014;
3. Menurunnya kemacetan dan ketidaktertiban dalam berlalu lintas;
4. Terwujudnya cipta kondisi dalam rangka menjamin kamseltibcar lantas menjelang Pemilu Presiden / Wakil Presiden tahun 2014;
5. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri melalui tampilan sikap dan perilaku yang simpatik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta meniadakan terjadinya penyimpangan dan pelanggaran dengan melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh anggota di lapangan dalam pelaksanaan Operasi Simpatik.
Bertempat di Mapolresta Banjarmasin, pada hari Senin tanggal 19 Mei 2014 berlangsung Upacara gelar pasukan Operasi Kepolisian Simpatik Intan 2014 Polda Kalsel.

Label:

0 komentar:

Posting Komentar