Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

POLDA KALIMANTAN SELATAN


POLDA KALIMANTAN SELATAN

Video

Kapolda Kalsel

Pembekalan Siswa SPN Akan Dilantik oleh Kapolda Kalsel

Posted by Ikhsan Ntd at Tuesday, February 26, 2013

Sebanyak 84 siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalsel, pada Selasa (26/2/2013) menerima pembekalan dari  Kapolda Kalsel Brigjen Pol Taufik Ansorie SH. MM.


Pembekalan ini dilakukan sebagai tahapan terakhir yang akan dijalani oleh siswa SPN Banjarbaru, sebelum nantinya pada Rabu (27/2/2013), ke-84 siswa akan dilantik menjadi brigadir dua polisi dan bagian polri.

Label:

Peresmian Nama Baru RS Bhayangkara Polda Kalsel

Posted by Ikhsan Ntd at Monday, February 25, 2013

POLDA KALSEL, BANJARMASIN- Penandatangan prasasti yang dilakukan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Taufik Ansorie menandakan peresmian nama baru rumah sakit Bhayangkara tingkat III Hoefeng Imam Santoso, Senin (25/2).

Usai membubuhkan tanda tangan, tupuk tangan dari undangan yang hadir pun langsung menggema di dalam ruang depan rumah sakit yang duku bernama RS Bhayangkara itu.

"Bismilah semiga rumah sakit ini bermaanfaat bagi semua," kata Taufik.

Hadir dalam kegiatan itu Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nandang beserta pejabat Polda lainnya dan Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group H Pangeran Rusdi Effendi AR yang didampingi wakil pemimpin perusahaan M Fachmy Noor.

Usai penandatanganan Kapolda beserta rombongan langsung meninjau isi ruangan rumah sakit yang berada di Jalan Ahmad Yani KM 3 Banjarmasin itu.

Ruang pertama yang ditinjau yakni polikliknik spesialis, laboratorium, ICU, UGD dan Instalansi Porensik serta kamar jenazah.

Berikutnya rombongan ke ruang radiologi, k amar operasi, ruang bayi, ruang kebidanan, ruang perawatan VIP terakhir ruang rawat inap di lantai dua.



Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com/2013/02/25/rs-bhayangkara-resmi-ganti-nama

Label:

Anggota BNN Terjaring Razia Narkoba

Posted by Ikhsan Ntd at Saturday, February 23, 2013

BANJARMASIN – Apapun alasannya apabila seorang anggota Polri berada di Tempat Hiburan Malam (THM) tanpa dilengkapi surat tugas sudah pasti dilarang. Seperti yang dilakukan tiga anggota BNN Pusat yang mengaku sedang melakukan tugas observasi di THM yang diduga tanpa dilengkapi surat tugas.

Menariknya tiga anggota BNN dari Mabes Polri ini salah satunya adalah seorang perwira berpangkat AKP dan dua orang Brigadir. Ketiga anggota BNN ini terpaksa berurusan dengan anggota Provost Polda Kalsel karena terjaring razia ketika sedang berada di salah satu ruang karaoke di lantai 5, Jumat (22/2) malam. Tiga anggota BNN Pusat tersebut diketahui AKP YT, Brigadir TK, dan Brigadir YHG.

Dari informasi yang berhasil dihimpun koran ini, kedatangan ketiga anggota BNN Pusat ini disinyalir sedang bertugas untuk melakukan observasi dan supervisi di Kalsel khususnya Banjarmasin terkait peredaran narkoba yang diduga marak di THM.

Kasubdit Provost Bid Propam Polda Kalsel Kompol Rudi R membenarkan, ketiga anggota BNN pusat ini datang ke Kalsel dalam rangka melakukan supervisi dengan BNNP Kalsel untuk melakukan kegiatan observasi di THM yang disebut-sebut tempat hiburan di Banjarmasin menduduki urutan 5 terbesar di Indonesia.

“Tadi ada perwakilan BNNP Kalsel menyampaikan ke kami bahwa ada anggota dari BNN Pusat telah berkoordinasi dengan BNNP Kalsel untuk melakukan observasi di wilayah Banjarmasin,” ujarnya.

Namun, sambung Rudi, ketiga anggota BNN Pusat tersebut tetap diberi peringatan berupa teguran dan didata sejauh mana observasi atau kegiatan yang dilakukan oleh mereka di wilayah Banjarmasin. “Mereka tetap kami data sebagai bahan monitoring kami, sejauh mana kegiatan mereka di sini. Jangan sampai ini dijadikan alasan mereka. Kami akan proyeksikan sampai ke pimpinan," tegasnya. (mr-126/yn/ram)

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2013/02/24/159945/Anggota-BNN-Terjaring-Razia-Narkoba-#sthash.BIHsr7HJ.dpuf

Label:

Karo Ops Bina Latihan Bela Diri Polri

Posted by Ikhsan Ntd at Friday, February 22, 2013

Sejak adanya perkembangan dan kemajuan budaya manusia, juga kepandaian yang dimiliki serta tak lepas dari pengaruh geografis, perkelahian tersebut berkembang, sehingga setiap bentuk perkelahian itu makin lama makin sempurna dan mempunyai metode atau cara yang teratur dan sistimatis untuk dipelajari
Karo Ops Kombes Pol Daniel Pasaribu dan Kabag Watpres Biro SDM Akbp Toetoes S melakukan pelatihan bela diri Polri yang dilaksanakan hari jumat (22/02) pagi pada saat olahraga pagi hari.

Seiring berjalanya perkembangan zaman dan trend kejadian tindak pidana dan aksi unjuk rasa yang sering kita lihat di media massa ataupun media elektronik pada akhir-akhir ini di negara Indonesia, menuntut Institusi Polri untuk mencetak personil polri yang berkualitas dan mempunyai kemampuan serta berdisiplin tinggi. Maka guna meningkatkan kemampuan dan pengembangan potensi internal personil Polri

Tujuan daripada pelatihan tersebut adalah selain untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan potensi internal personil Polri juga untuk menjaga diri masing-masing anggota, dan terlebih untuk menjalin hubungan kekeluargaan dan keakrapan antar anggota, memupuk kedisiplinan serta menjaga stamina, kesehatan tubuh personil karena kesehatan merupakan salah satu modal utama bagi kita dalam melaksanakan tugas secara optimal serta salah satu upaya dalam memelihara kesehatan adalah dengan berolah raga secara teratur. sesuai motto kesehatan  Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Dalam latihan banyak dilakukan peragaan dari bantingan, kuncian pembelaan diri dari senjata tajam (Sajam) dan Pistol dengan modifikasi kuncian dan pukulan yang telah di perbarui. Pesan dari Karo Ops dalam penyelesaian pukulan atau tikaman hal pertama yaitu kecepatan. 

“Sebagai contoh lawan memukul kita, kita menyikapi dengan kecepatan menghindar selanjutnya terserah anda jangan sampai lawan balas memukul, yaitu dengan mengelak pukulan jangan mundur tapi mengelak maju kedepan tahap penyelesaian terserah anda mau di pukul di sikut atau di banting intinya kecepatan” ucap karo ops.




Label:

KAPOLDA KALSEL BERKOMITMEN BERSAMA KAPOLRES/TA JAJARAN POLDA KALSEL TAHUN 2013

Posted by Ikhsan Ntd at Wednesday, February 20, 2013

POLDA KALSEL – Kamis (21/2) siang, dalam pelaksanaan Gelar Operasional Kepolisian jajaran Polda Kalsel melakukan pembacaan Komitmen Bersama Anggota Polri. Pembacaan Komitmen Bersama Anggota Polri dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Brigjen Pol Taufik Ansorie, SH, MM  diikuti oleh para Direktur dan Kapolres Jajaran Polda Kalsel. Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Anggota Polri yang dilakukan oleh para Kapolres di jajaran Polda Kalsel.


Adapun 8 Point Komitmen bersama yaitu :

KOMITMEN BERSAMA
KAPOLRES/TA JAJARAN POLDA KALSEL TAHUN 2013

KAMI ANGGOTA KEPOLISAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DENGAN DILANDASI KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YME, BERPEDOMAN PADA NILAI NILAI TRIBRATA, CATUR PRASETYA DAN REFORMASI BIROKRASI POLRI, BERKOMITMEN :
  1. BERTEKAD MENCEGAH DAN MENUNTASKAN KONFLIKYANG TERJADI MELALUI PROGRAM POLMAS DAN SINERGI POLISIONAL.
  2. NETRAL DAN INDEPENDEN DALAM MENGAMANKAN DAN MENSUKSESKAN PEMILU TAHUN 2014
  3.  MENGAKOMODASI SETIAP KOMPLAIN MASYARAKAT SESEGERA MUNGKIN DI SATUAN POLRI TERDEPAN SECARA BERJENJANG DAN MEMPERTANGGUNGJAWABKAN DENGAN TUNTAS.
  4. MENAMPILKAN KETAULADANAN, MENERAPKAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI, MENJADI KONSULTAN YANG SOLUTIF, MENJAMIN KUALITAS KINERJA, SERTA ANTI KKN DAN KEKERASAN.
  5. SELALU MENGUTAMAKAN PERAN, TUGAS, KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB DARIPADA STATUS, HAK DAN KEWENANGAN.
  6. MENGAKOMODASI HAK DAN KEWAJIBAN BAWAHAN UNTUK MENOLAK SETIAP PERINTAH ATASAN YANG MELANGGAR HUKUM DAN NILAI-NILAI LUHUR YANG BERLAKU.
  7. MEWUJUDKAN KREDIBILITAS REPUTASI DAN SOLIDITAS KESATUAN DENGAN MENGEDEPANKAN HUKUM, TANGGUNG JAWAB, KEHORMATAN, DAN INTEGRITAS.
  8. MEMBERDAYAKAN PENGAWAS EKSTERNAL INDEPENDEN DAN MASYARAKAT DALAM TRANSPARANSI, KETERBUKAAN, DAN AKUNTABILITAS PUBLIK

BANJARMASIN, 21 FEBRUARI 2013

Label:

Kunjungan Ke Polres Tabalong Kapolda Resmikan Agro Bhayangkari

Posted by Ikhsan Ntd at Saturday, February 16, 2013

Kapolres Tabalong AKBP DIDIK SUDARYANTO, SH, MH beserta pejabat utama Polres Tabalong dan Jajaran menyambut Kedatangan Kapolda Kalsel BRIGJEN POL DRS. TAUFIK ANSORIE, S.H., M.M. beserta rombongan dibumi saraba kawa Tanjung Tabalong di Hotel Aston. Selasa ( 12 / 02 / 2013 ) pukul 17.00 wita.


Kemudian pukul 20.00 wita Polres Tabalong dan Unsur Muspida, Togaalt, Toda, Tomas Kab. Tabalong mengadakan Ramah Tamah dan Makan Malam Bersama dengan Kapolda Kalsel BRIGJEN POL DRS. TAUFIK ANSORIE, S.H., M.M. dan pejabat utama Polda Kalsel.

Kamis ( 14 / 02 / 2013 ) pukul 07.00 wita melaksanakan apel pagi seluruh Personil Polres Tabalong dan Jajaran dihalaman belakang Hotel Aston, kemudian dilanjutkan berkumpul di Ballroom lantai 2 Hotel Aston untuk menerima arahan dari Kapolda Kalsel BRIGJEN POL DRS. TAUFIK ANSORIE, S.H., M.M dalam rangka Kunjungan Kerja kapolda kalsel di Polres Tabalong Tahun 2013. Jumlah personil yang hadir 340 ( tiga ratus empat puluh) personil.

Adapun penekanan Kapolda Kalsel kepada seluruh anggota agar anggota tidak ada yang terlibat narkoba baik mengonsumsi, mengedarkan bahkan becking dalam peredarannya. Tidak ada yang terlibat Illegal logging serta kurangi pelanggaran didisiplin polri.

Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan beserta Pengurus Daerah ke Polres Tabalong  Melaksanakan Kunjungan Kerja Ke Bhayangkari Cabang Tabalong diantaranya meninjau  Kantor Bhayangkari Cabang Tabalong serta memeriksa administrasi bhayangkari cabang Tabalong setelah selesai Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan beserta Pengurus Daerah meninjau TK Kemala Bhayangkari 12 di Desa Kapar Kec. Murung Pudak.

Setelah selesai kegiatan di Hotel Aston dan di TK Kemala Bhayangkari 12, Kapolda Kalsel beserta rombongan, Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan beserta rombongan menuju ke Polsek Murung Pudak untuk melaksanakan Launching Binmas Pioner Agro Bhayangkari yang dikelola anak panti asuhan kasih ibu mabuun.

Adapun Sambutan Kapolda Kalsel bahwa Program Binmas Pioner Agro Bhayangkari Polres Tabalong merupakan suatu terobosan yang kreatif hendaknya dijadikan sebagai motivasi bagi polsek yang lain dalam menciptakan terobosan kreatif yang bermanfaat dan positif bagi masyarakat sehingga saya selaku Kapolda Kalsel menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kapolres Tabalong dan Kapolsek Murung Pudak atas terobosan kreatif dan innovasinya dalam program inialt.

Dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan cangkul secara simbolis oleh Kapolda Kalsel kepada kepala panti Asuhan Kasih Ibu Mabuun serta penyerahan bantuan oleh Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan kepada Kepala Panti Asuhan Kasih Ibu.

Kegiatan berakhir, dilanjutkan sekira Jam 11.00 wita Kapolda Kalsel beserta rombongan menuju Mapolres Tabalong dan disambut oleh Kapolres Tabalong dengan Jajaran Kehormatan oleh personil Sat Sabhara Polres Tabalong.



Sekira jam 11.20 Ibu Ketua Penggurus Daerah Bhayangkari Polda Kalsel memberikan arahan kepada Ibu-ibu Bhayangkari Polres Tabalong bertempat di Aula Paltraja Utama Polres Tabalong. Skp 12.30 wita Kapolda Kalsel beserta rombongan meninggalkan wilayah Hukum Polres Tabalong selama kegiatan kunjungan kerja Kapolda Kalsel berjalan dengan tertib.lancar dan aman.***doni/humas/bag ops***

Label:

Polda Kalsel Ungkap 34 Kasus Penyelewengan BBM

Posted by Ikhsan Ntd at

BANJARMASIN — Selama Januari hingga pertengahan Februari 2013, jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan mengungkap 34 kasus penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan barang bukti solar 82.000 liter. Dari kasus itu diringkus 20 orang tersangka.
Kasubdit 4 Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalsel Ajun Komisaris Besar Rizal Irawan, Selasa (12/2/2013), di Banjarmasin, mengatakan, dari kasus tersebut kerugian negara mencapai hampir Rp 1 miliar.
"Semuanya ada 20 tersangka. Lainnya masih DPO (daftar pencarian orang)," ucap Rizal.
Modusnya, para tersangka membeli bahan bakar eceran kemudian ditampung. Bahan bakar tersebut kemudian dijual dengan harga lebih mahal ke perkebunan, industri, dan pertambangan.
Menurut Rizal, dalam dua tahun terakhir jumlah kasus penyelewengan bahan bakar yang diungkap Polda Kalsel terus bertambah. Tahun 2011 ada 68 kasus dengan barang bukti total 75.500 liter dan tahun 2012 ada 159 kasus dengan barang bukti total 35 0.000 liter bahan bakar.
Ia menyebutkan, ada beberapa kasus yang melibatkan oknum petugas, baik TNI, Polri, maupun pemerintahan. Semua diproses hukum. Bahkan, ada yang dilimpahkan ke Denpom

Sumber : http://regional.kompas.com/read/2013/02/12/17064624/Polda.Kalsel.Ungkap.34.Kasus.Penyelewengan.BBM.

Label:

Polisi Tetapkan 8 Tersangka Kasus Anggota TNI yang Dibakar Hingga Tewas

Posted by Ikhsan Ntd at


Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel), menetapkan 8 orang tersangka yang terlibat dalam aksi pembakaran anggota TNI AD Praka Ruspiani hingga tewas pada Sabtu (3/2) lalu. Kasus tersebut kini ditangani di Polda Kalsel.


"Delapan orang kita amankan dan kita tetapkan sebagai tersangka baru-baru ini, terkait kasus itu," kata Kapolres HSU AKBP Rudi Harianto, (16/2/2013).

Menurut Rudi, kepolisian terus bekerja melakukan penyelidikan dan tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka akan terus bertambah.


"Kasusnya ditangani di Polda Kalsel dan 8 orang tersangka itu kini menjalani penahanan di Polda Kalsel. Tidak menutup kemungkinan tersangka akan terus bertambah," ujar Rudi.

Dari hasil penyidikan terungkap, aksi warga tersebut dilatarbelakangi persoalan sengketa tanah. Sedangkan informasi sebelumnya yang menyebutkan bahwa Praka Ruspiani diduga melakukan pengerusakan, hingga saat ini belum dapat dibuktikan.

"Persoalan dilatarbelakangi sengketa tanah. Terkait informasi sebelumnya bahwa korban diduga melakukan pengerusakan sehingga memicu emosi warga, belum dapat dibuktikan. Tapi yang perlu digarisbawahi, bahwa kita masih terus menyelidikinya," tegas Rudi.

"Semua pihak, saya harapkan tetap percaya kasus ini ditangani serius. Kami tidak diam dan akan mengusut kasus ini hingga tuntas. Tapi yang tidak kalah pentingnya, saya sangat mengimbau seluruh elemen masyarakat, mari kita bersama-sama kita jaga kondusifitas Kabupaten Hulu Sungai Utara," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Praka Ruspiani, anggota TNI AD yang bertugas di Kodim 1001/Amuntai, Sabtu (3/2/2013) malam lalu, meregang nyawa usai dibakar massa dari 5 desa di Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel. Tidak hanya Ruspiani yang dibakar di tengah sebuah lapangan sepakbola, kendaraan miliknya pun ditemukan hangus.

Label:

Kapolda Bersilaturrahi denga Pejabat dan Masyarakat Balangan

Posted by Ikhsan Ntd at Thursday, February 14, 2013

POLDA KALSEL - Paringin, Kapolda Kalsel Brigjend Pol Taufik Ansorie, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Balangan, Selasa (12/2).

Dalam kunjungan itu, Kapolda dan rombongan disambut langsung Bupati Balangan Sefek Effendie dan Wakil Bupati Ansharuddin, Kapolres Balangan AKBP M Yudha dan pejabat Muspida lainnya, di Aula Kediaman Bupati, Komplek Garuda Maharam.

Kapolda Taufik Ansorie dihadapan bupati dan pejabat Muspida menyatakan, kunjungan yang dilakukan, selain untuk bersilaturrahmi juga ingin melihat langsung keadaan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Balangan, agar mendapat masukan untuk menyikapi bagian kerja Polda Kalsel.

Menurutnya, kondisi di Balangan yang aman dan tertib ini, tidak lepas dari hubungan baik antara stakeholder baik pemerintah, Polri, TNI dan masyarakat serta tokoh Ormas dan alim ulama.

Dikatakan Kapolda, bahwa banyak masalah yang harus cepat diselesaikan dan apabila tidak segera ditangani secra langsung, baik itu masalah yang kecil akan bisa meningkat menjadi masalah besar.

Pada kesempatan itu, Kapolda Taufik Ansorie meminta, kepada internal kepolisian juga harus merangkul para stakeholder yang ada di lingkungan SKPD Pemkab Balangan dan juga agar lebih dekat lagi kepada akses masyarakat.

Memang semua itu tidak gampang, kata Taufik, tanpa ada evaluasi di internal kepolisian (Polres) untuk membenahi diri dan memberikan contoh dengan lebih mengutamakan pelayanan dan kedekatan kepada masyarakat, untuk bermitra dalam menyelesaikan masalah.

Sebelumnya, Bupati Balangan Sefek Effendie mengungkapkan, selama ini, hubungan antra masyarakat Balangan dengan kepolisian berjalan sangat baik, dapat lebih saling mendukung memaksimalkan peranan masing-masing, terutama dalam memelihara ketertiban dan menciptakan rasa aman dalam lingkungan masyarakat.


Diakui bupati, itu bukan berarti tidak ada sama sekali hal-hal atau kejadian yang mengganggu. Tidak dipungkri, bahwa pelanggaran hukum dan tindakan-tindakan yang meresahkan masyarakat, masih belum bisa benar-benar dinihilkan. Namun, berkat kerjasama dari seluruh komponen masyarakat dan pemerintah, serta tentu saja peran penting dan upaya

Label:

Dua Wakapolres di Kalsel Berganti

Posted by Ikhsan Ntd at Wednesday, February 13, 2013

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Dua perwira menengah Polda Kalsel naik tingkat dari Kepala bagian (kabag) di Polres menjadi wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) dilingkungan Polda Kalsel.

Keduanya yakni Kabag Ops Banjar Kompol Toni Budi Susetyo yang menggantikan Wakapolres Kotabaru Kompol Rifai yang pindah ke Ditresnakoba Polda Kalsel. Serta Kabag Ops HST Kompol Sarzaini yang menggeser Wakapores HSU, Kompol Agus Lukito yang dimutasi ke Ditpolairud Polda Kalsel.

Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Winarto mengaku sesuai dengan telegram Kapolda Kalsel Brigjen Pol Taufik Ansorie dua jabatan wakapolres itu berganti bersamaan dengan perpindahan 138 perwira lainnya di lingkungan Polda Kalsel. "Bahkan ada juga pergantian bintara yang naik menduduki jabatan perwira," ujar dia.

Winarto menambahkan selain pergantian ditingkat perwira, mutasi juga dilakukan terhadap 38 bintara lainnya. "Sejumlah pewira dan bintara yang diganti ada yang mengisi kekosongan ada juga yang promosi," lanjut dia. Pergantian jabatan kata Winarto dilakukan untuk penyegaran agar semangat kerja anggota bertambah

Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com/2013/02/12/dua-wakapolres-di-kalsel-berganti

Label:

Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres HST

Posted by Ikhsan Ntd at

HUMAS POLRES HST. Kedatangan Kapolda Kalsel Brigjen Pol. Drs TAUFIK ANSHORIE Senin 11 Februari 2013 di Hulu Sungai Tengah merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Banua Anam. Bersama rombongan pejabat di jajaran Polda Kalsel, Kapolda dan rombongan di sambut Bupati HST HARUN NURASID, dan unsur Muspida kabupaten di kediaman,. kapolda juga melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, ulama dan jajaran pemerintah,. pada saat silaturahmi kapolda menyampaikan dan mengingatkan agar masyarakat memproteksi keluarganya dari penyalahgunaan narkoba. karena saat ini di tahanan Polres maupun Lapas di kalsel di penuhi kasus tersebut. tersangka tidak hanya dari kalangan masyarakat tapi juga TNI Polri, PNS dan kalangan swasta. semua harus peduli dengan kondisi ini “ Tegas Kapolda. Kapolda juga mengingatkan agar mewaspadai potensi konflik sosial yang terjadi di masyarakat. sekecil apapun harus di selesaikan agar tak sampai menjadi konflik seperti di daerah lain. kapolda meminta agar TNI Polri bersama jajaran pemerintah serta tokoh masyarakat dan ulama yang punya pegaruh besar di masyarakat bekerjasama dalam mengatasi potensi konflik tersebut.. Selanjutnya Selasa 12 Februari 2013 Kapolda melakukan pertemuan internal dengan jajaran Polres HST, yang di sambut dengan kesenian hadrah. Setelah itu Kapolda memasuki Aula Polres HST untuk mendengarkan Paparan Laporan Satuan dari Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya S.Ik dan memberikan arahan kepada seluruh anggota Polres HST. di samping itu Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan bersama rombongan menyambangi TK Bhayangkari Polres HST dan kantor bhayangkari cabang HST yang di lanjutkan acara tatap muka dengan seluruh bhayangkari Polres HST


Sumber : Humas Res HST

Label:

Kapolda Kalsel Kunjungan Ke Tapin

Posted by Ikhsan Ntd at Tuesday, February 12, 2013

POLDA KALSEL, Rantau - Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs Taufik Ansorie, SH MM berdialog dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan muspida Tapin, serta H Idis Nurdin dan bupati terpilih Arifin Arpan, Senin (11/2) di Mapolres Tapin.
 
Para tokoh-tokoh tersebut menyampaikan permasalahannya masing-masing. Ada yang meminta supaya pasar baru keraton Tapin ditertibkan dari pelaku yang mabuk-mabukan. Ada juga yang meminta para polisi selalu hadir di acara pengajian majelis taklim yang bersifat besar. Sebab sering terjadi perkelahian para remaja.
  
"Kalau ada masalah-masalah cepat dikomunikasikan dengan pihak kami, sehingga permasalahan cepat di atasi," jelas Kapolda Kalsel Taufik Ansorie di depan forum tersebut.

Label:

Anggota TNI Tewas Diamuk Massa di Kalsel Kabupaten HSU, Polisi Upayakan Persuasif

Posted by Ikhsan Ntd at Monday, February 4, 2013

Kepolisian bersikap hati-hati mengusut insiden amuk massa yang nekat membakar anggota Kodim 1001/Amuntai Kalimantan Selatan, Praka Ruspiani, hingga tewas. Aparat lebih mengedepankan pendekatan persuasif untuk meminta keterangan warga.

"Persuasif kita kedepankan dan kita bersikap hati-hati dalam menyelidiki kasus ini dengan melihat karakteristik masyarakat setempat. Ini juga menyangkut korban dari institusi (TNI AD)," kata Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Rudi Harianto, Senin (4/2/2013).

Menurut dia, sepanjang hari ini dirinya langsung turun ke lapangan untuk menemui dan berdiskusi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat TNI, Bupati beserta unsur muspida Kabupaten Hulu Sungai Utara.

"Dalam pertemuan itu, semua pihak sangat menyesalkan adanya aksi main hakim sendiri dalam menyelesaikan masalah dan tokoh masyarakat serta tokoh agama, siap membantu kepolisian untuk mengungkap kasus ini," ujar Rudi.

"Tokoh masyarakat dan tokoh agama meminta yang benar agar disikapi aparat dengan benar dan dibela. Sedangkan yang salah, harus ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku," tambahnya.

"Jadi, tokoh masyarakat dan tokoh agama siap membantu aparat kepolisian apabila nanti kita memerlukan keterangan warga terkait kejadian itu. Itu sangat kita apresiasi dan kami mengharapkan warga agar tidak mudah terprovokasi dan bisa menahan diri," jelasnya.

Rudi menambahkan, sepanjang hari ini tidak ada penjagaan khusus di lokasi kejadian pascainsiden mengenaskan itu. Aktivitas masyarakat pun berlangsung dengan normal.

"Aktivitas masyarakat normal, penjagaan keamanan juga normal-normal saja, tidak ada penambahan personel ataupun penjagaan ketat. Rutinitas warga dan kepolisian berjalan seperti biasa saja. Korban (Praka Ruspiani) juga sudah dimakamkan oleh keluarganya kemarin," tutupnya.

Seperti diberitakan, Praka Ruspiani, anggota TNI AD yang bertugas di Kodim 1001/Amuntai, Sabtu (3/2/2013) malam lalu, meregang nyawa usai dibakar massa dari 5 desa di Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tidak hanya Ruspiani yang dibakar di tengah sebuah lapangan sepakbola, kendaraan miliknya pun ditemukan hangus.

Persoalan itu diduga kuat dipicu persoalan tanah antar pribadi. Praka Ruspiani dan rekannya dikabarkan tidak jarang melakukan pengerusakan rumah warga. Puncaknya, warga melakukan perlawanan setelah mengetahui Praka Ruspiani kembali melakukan hal serupa. Korban tertangkap warga sedangkan rekannya melarikan diri.

Label: