Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Gelar Pasukan Operasi Lilin 2013

Posted by Ikhsan Ntd at 20 Desember 2013

POLDA KALSEL, Serentak di seluruh indonesia melaksanakan gelar pasukan operasi kepolisian terpusat dengan sandi "LILIN - 2013" dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru 2014.

Sabtu pagi (21/12), Polda Kalsel pelaksanan gelar pasukan Lilin - 2013 di polresta banjarmasin. Karena keadaan cuaca yang hujan pelaksanaan gelar pasukan yang rencananya di lapangan Mapolresta Banjarmasin di alihkan ke Aula polresta Banjarmasin.

Sebagai Inspektur Upacara Kapolda Kalsel Brigjen Pol Machfud Arifin SH dengan penyematan Pita Operasi Lilin 2013 kepada 3 (tiga) perwakilan.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda membacakan Amanat Kapolri endral Polisi Drs.SUTARMAN menandaskan, perayaan natal merupakan momen yang ditunggu oleh umat Kristiani, dan perayaan tahun baru ditunggu oleh masyarakat secara umum.  

"Agar pelaksanaan operasi dapat berjalan secara optimal serta masyarakat merasa aman dan nyaman dalam merayakan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 melalui optimalisasi Ops Lilin dari tanggal 23 Desember 2013-1 Januari 2014" Ujar Kapolda dalam penyampaian amanat Kapolri.

pelaksanaan Natal dan tahun baru kali ini lebih kondusif dan aman. Sehingga ia mengeluarkan langsung 8 perintah untuk seluruh jajaran Polri.

Berikut isi 8 perintah Sutarman:

1. Petakan seluruh potensi kerawanan yang ada supaya dapat segera dilakukan antisipasi melalui deteksi dini dengan mengoptimalkan peran intelejen dan Babinkamtibmas untuk mengetahui segala fenomena dan dinamika masyarakat guna mengantisipasi permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

2. Optimalkan pergelaran anggota di tengah masyarakat, sehingga kehadirannya dapat diraskan sebagai penolong, pelayan, dan sahabat masyarakat serta membantu meringankan beban masyarakat. Anggota yang bertugas harus dapat menumbuhkan kepekaan dan empati terhadap kesulitan yang dialami masyarakat.

3. Utamakan tindakan simpatik serta hindari sikap arogan yang tidak mencerminkan jati diri kita sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

4. Hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apa pun yang dapat merusak citra dan nama baik institusi. Hindari tindakan yang dapat menimbulkan kebencian dan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik.

5. Berdayakan pos pengamanan dan pelayanan agar keberadaan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, yaitu terciptanya rasa aman dan nyaman dalam kehidupan masyarakat pada perayaan natal dan tahun baru.

6. Tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya aksi teror di tempat-tempat ibadah, pusat keramaian, serta kegiatan masyarakat lainnya, yang memanfaatkan momen natal dan tahun baru.

7. Perkuat sinergi polisional dengan seluruh stakeholder untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

8. Berikan arahan yang jelas kepada seluruh anggota di lapangan serta lakukan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi.




Label:

0 komentar:

Posting Komentar