Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

POLDA KALIMANTAN SELATAN


POLDA KALIMANTAN SELATAN

Video

Kapolda Kalsel

Solusinya, Kuota BBM Ditambah

Posted by Ikhsan Ntd at Tuesday, February 28, 2012

BANJARMASIN – Hingga saat ini kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) masih saja terjadi di Kalimantan Selatan. Buktinya, antrean panjang kendaraan bermotor,  khususnya roda empat dan roda enam masih terlihat di depan SPBU-SPBU yang menjual BBM bersubsidi. Hal ini tentu saja menjadi pertanyaan bagi masyarakat, kenapa kelangkaan BBM ini tak pernah teratasi. 
Kalau permasalahan ini terus dibiarkan tanpa ada solusi untuk menyelesaikan permasalahan kelangkaan tersebut, maka tidak akan menutup kemungkinan permasalahan ini bisa menimbulkan keresahan yang akhirnya berdampak pada terganggunya keamanan dan ketertiban masyarakat.
Secara khusus, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin bersama dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi  (Hiswana Migas) Kalimantan Selatan, mencoba memberikan solusi dan saran kepada pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan kelangkaan BBM.
Dalam pertemuan disampaikan bahwa kelangkaan BBM ini terjadi sejak 8 tahun silam hingga sekarang. Permasalahan yang bertahun-tahun tidak pernah selesai ini terjadi lantaran jumlah kuota pendistribusian BBM di Kalsel tidak sesuai dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalsel sehingga menimbulkan kelangkaan BBM.
Dengan terjadinya kelangkaan ini juga memicu terjadi pelangsiran dan penimbunan BBM yang dilakukan oknum atau kelompok untuk mencari keuntungan pribadi.
“Kelangkaan ini juga memicu terjadinya antrean panjang kendaraan bermotor sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas,” kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin, usai mengadakan pertemuan dengan Hiswana Migas, di ruang kerjanya, kemarin (28/2) pagi.
Diungkapkan, kelangkaan ini akan teratasi apabila pihak Pertamina mau melakukan penambahan kuota BBM untuk Kalsel sekitar 10 persen dari 5 persen yang merupakan jatah BBM tahun 2011. 
“Jadi perlu ada penambahan kuota BBM untuk Kalsel agar permasalahan tersebut dapat teratasi,” tegas Syafruddin.
Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi  (Hiswana Migas) Kalimantan Selatan, Addy Chairuddin Hanafiah menjelaskan,  tahun 2011  kuota premium untuk Kalsel sekitar 461 ribu ton dan solar sekitar 253 ribu ton. Dari usulan pemerintah daerah, seharusnya  kuota ditambah menjadi 580 ribu ton untuk premium dan 320 ribu ton  untuk solar.
“Jadi ada penambahan beberapa persen dari jumlah kouta yang sudah ada,” harapnya. (hni)

Link Radar Banjarmasin Online

Label:

64 Calon Brigadir Polisi Lulus Seleksi

Posted by Ikhsan Ntd at

POLDA KALSEL, Sebanyak 61 pria dan 3 wanita dari 875 yang mendaftar dengan jumlah pendaftar pria sekitar 827 dan wanita 48 tahun2012, dinyatakan lulus dan dipastikan akan mengikuti pendidikan polisi selama 7 bulan.

Pengumuman kelulusan tersebut disampaikan dalam acara sidang terbuka penetapan kelulusan akhir seleksi Brigadir polisi tahun 2012, yang digelar di Aula Bhayangkara Polda Kalsel kemarrin (24/2) pagi.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin dalam sambutan yang dibacakan Wakapolda Kombes Pol Saput mengatakan, penyelenggraan kegiatan seleksi Brigadir polisi tahun ini dilakukan melalui tahapan-tahapan yang telah ditentukan.

Seperti pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, psikologi, uji akademik, penelusuran mental kepribadian, dan uji kemampuan jasmani. Seleksi Brigadir ini diselenggarakan secara transparan, bersih, akuntabel, dan humanis.


Untuk Brigadir Polisi pria akan mengikuti pendidikan kepolisian selama 7 bulan di SPN Banjarbaru Polda Kalsel dan Wanita melaksanakan pendidikan di Sepolwan Lemdikpol Jakarta.

Label:

MAULID NABI MUHAMMAD SAW BERSAMA USTADZ MAULANA

Posted by Ikhsan Ntd at Sunday, February 19, 2012



POLDA KALSEL, Kapolda Kalsel, Brigjen Pol. Syafruddin, mengingatkan jajarannya membangun kinerja yang lebih baik dan ikhlas mengemban tugas negara.
Ungkapan Kapolda itu disampaikan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Bahyangkara Mapolda Kalsel, Jumat (17/2) pagi, yang dihadiri ustadz Maulana yang dikenal dengan teriakan jamaah oh jamaah, aldhamdulilah.
Menurutnya, melalui peringatan hari-hari besar keagamaan bisa menjalin tali silaturahmi dan tumbuhnya rasa persaudaraan dan kebersamaan dilingkungan Polda Kalsel dan masyarakat, karena dari kebersamaan itu akan tumbuh semangat kerja.
Dikatakannya, bagi jajaran kepolisian, persaudaraan dan kebersamaan internal dan eksternal sangat diperlukan dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban di masyarakat.
"Kepolisian merupakan mitra masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Tanpa masyarakat, tugas kepolisian akan sulit mencapai keberhasilan. Oleh karena itu, silaturahmi dan kerjasama dengan masyarakat harus terus kita pupuk dan pelihara."
Dilanjutkanna, dengan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebagai landasan untuk memperbaharui semangat pengabdian kepada Allah SWT dan hubungan kepada sesama manusia. Karena untuk mengabdi kepada Allah kita harus membersihkan diri lahir dan batin kemudian diisi dengan sifat-sifat terpuji.
Dikatakannya, polisi harus melengkapi diri dengan ilmu, keterampilan, pengalaman, dan kemampuan. Untuk hubungan inilah diharapkan kinerja kepolisian kedepan akan terus meningkat dan tindakan indesipliner ditubuh kepolisian akana berkurang, sehingga terwujud postur Polri yang dipercaya masyarakat selaku perlindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta sebagai aparat penegak hukum yang profesional, proporsional, transparan, jujur dan adil.
Menurutnya semua ini tentunya dapat terwujud dengan tetap mengharapkan dukungan dari para ulama, para tokoh masyarakat dan segenap masyarakat.
Sementara itu, Ustadz Maulana mengingatkan masyarakat Kalsel, khususnya dilingkungan Polda kalsel, untuk membina rumah tangga dengan cara saling hormat menghormati, istri menghormati suami sebaliknya suami juga menyayangi dan ingat akan isteri dan anak meskipun saat jauh menjalankan tugas.

Label:

UPACARA BENDERA BULAN FEBRUARI 2012

Posted by Ikhsan Ntd at

 POLDA KALSEL,-Pagi (17/2) Upacara bendera rutin setiap tanggal 17 d laksanankan di lapangan Mapolda Kalsel kamis (17/7).  Rutin tiap bulan diikuti anggota Polri dan PNS Polri. Upacara bulanan ini di pimpin oleh Kapolda Kalsel Brigjen pol Syafruddin MSi dan Beberapa penyampaian amanat dari Kapolda Kalsel pada upacara kali ini.

Perkembangan situasi kamtibmas Polda Kalsel pada Januari 2012 telah terjadi tindak pidana sebanyak 683 kasus dengan kemampuan penyelesaian perkara sebanyak 453 kasus atau  66,33 % mengalami kenaikan sebanyak 69 kasus pada bulan desember 2011.

Laka lantas pada januari 2012 yang lalu telah terjadi sebanyak 78 kasus dengan kemampuan penyelesaian perkara sebanyak 53 kasus dengan korban meninggal dunia sebesar 44 jiwa, korban luka berat 36 jiwa dan korban luka ringan sebanyak 56 jiwa, mengalami kenaikan sebesar 2 kasus dimana pada bulan desember 2011 telah terjadi laka lantas sebanyak 76 kasus kempampuan penyelesaian 59 kasus dengan korban meniggal duni 38 jiwa luka berat 34jiwa dan luka ringan sebanyak 54 jiwa.

Label:

Sertijab Tiga Kapolres dan Kabid Propam Polda Kalsel

Posted by Ikhsan Ntd at Wednesday, February 15, 2012

POLDA KALSEL, Banjarmasin Rabu (15/2) pagi. Aula Bhayangkara dilaksanakan upacara serah terima jabatan Tiga Pejabat Kapolres di Jajaran Mapolda Kalsel. Tiga Kapolres yang disertijab adalah Kapolres Tanah Laut, Tanah Bumbu, Tapin dan Kabid Propam Polda Kalsel langsung dipimpin Kapolda kalsel Brigjen Pol Syafruddin

Kapolres Tanah Laut, AKBP Purwanto SIK digantikan AKBP Midi Siswoko SIK yang sebelumnya menjabat Kapolres Tapin.

Kapolres Tanah Bumbu dari AKBP Winarto di serahkan kepada AKBP Abu Bakar Tertusi SIK

  Kapolres Tapin diisi AKBP Asep Taufik SIK yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda kalsel

Jabatan Kabid Propam, yang sebelumnya dipegang AKBP Slamet Setiono SIK MSi diserahkan kepada AKBP Winarto yang sebelumnya menjabat kapolrestanah Bumbu.

Serah Terima jabatan dilingkungan isntitusi polri adalah suatu hal yang wajar dan sering kali dilakukan guna memenuhi kebutuhan organisasi dalam rangka mengantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi di masyarkat. Selain itu juga kegiatan ini merupakan suatu proses rgenerasi dan kaderisasi kepemimpinan dalam struktur jabatan di kelembagaan polri atau sebagai salah satu bentuk dari pembinaan karir bagi pejabat yang bersangkutan.

Label:

KAPOLDA KALSEL MUSNAHKAN BARBUK MIRAS, NARKOTIKA & GELAR HASIL UNGKAP KASUS CURANMOR & SAJAM DI RESTA BANJARMASIN

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Tuesday, February 14, 2012

POLDA KALSEL (14/2) : Pada Hari Selasa, tanggal 4 Pebruari 2012, dilaksanakan pemusnahan barang bukti miras, narkotika serta gelar hasil pengungkapan kasus curanmor dan sajam di wilayah Hukum Polresta Banjarmasin, bertempat Lapangan Apel mapolres Banjarmasin, pemusnahan dilakukan oleh Kapolda Kalsel Brigjen Pol. Drs. Syafruddin didampingi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Suharyono, SIK, SH. dan Wakil Gubernur Rudy Resnawan, Walikota Banjarmasin, Kejaksaan dan unsur muspida.
Hasil pengungkapan ini merupakan kewajiban yang menjadi tugas pokok dan fungsi Kepolisian, selain sebagai penegak hukum, juga sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Dalam rangka menegakan hukum serta memberikan perlindungan kepada masyarakat, institusi kepolisian senantiasa meningkatkan kinerja melalui program-program kerja yang dinamakan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan dengan sandi "Kilat Bungas" untuk mengeliminir penyakit masyarakat dan operasi mandiri kewilayahan dengan sandi "Operasi Jaran Intan 2012" untuk tindak pidana curanmor. Kedua Operasi tersebut bertujuan untuk menjaga ketertiban dan hal-hal yang bersifat meresahkan masyarakat di Wialayh hukum Polresta Banjarmasin.
"Operasi Jaran Intan 2012" yang dilaksanakan oleh Polresta Banjarmasin dari tanggal 5 februari s/d 20 Pebruari 2012, telah mengungkap sebanyak 14 perkara dari target operasi 5 perkara tindak pidana kendaraan bermotor, dengan tersangkat sebanyak 15 orang, dan barang bukti kendaraan bermotor untuk roda dua sebanyak 31 unit dan roda empat sebanyak 2 unit.
Sedangkan dalam kegiatan rutin yang ditingkatkan dengan sandi "Kilat Bungas" yang dilaksanakan Polresta Banjarmasin dari tanggal 20 Januari s/d 30 januari 2012, dengan hasil kegiatan adalah sebagai beriktu : 2.140 botol minuman keras dan 6 buah senjata tajam dengan tersangka tajam sebanyak 6 orang.
Pengungkapan tindak pidana narkotika pada bulan januari 2012 s/d pebruari 2012, telah mengungkap 26 perkara dengan tersangka sebanyak 45 orang serta barang bukti yang akan dimusnahkan dalam pergelaran ini adalah berupa Narkotika Jenis sabu sebanyak 136,53 Gram, Jenis Obat-Obatan (Dextro, Carnophen Zenit, Dexitalab) sebanyak 16.805 Butir,

Maksud dari pemusnahan ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan merealisasikan amanat Undang-Undang RI. no.35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang mengharuskan memusnahkan barang bukti dan tujuan lain untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang transpransi proses penyidikan sampai tuntas...***Bidhumas PoldaKalsel.

341 Dinyatakan Lulus Seleksi Kesehatan pertama Ta 2012

Posted by Ikhsan Ntd at Wednesday, February 8, 2012

POLDA KALSEL, Rabu (08/2), yang mana tes pemeriksaan kesehatan calon brigadir polisi ini dilaksanakan di Polda Kalsel pada Tanggal tanggal 31 januari sampai 7 Februari 2012 lalu telah resmi di umumkan. Dari tes pemeriksaan yang mengikuti 678 orang terdiri dari 651 orang pria dan 27 orang wanita. Dan yang dinyatakan lulus  seleksi pemeriksaan kesehatan tahap pertama berjumlah 341 orang dengan perincian pria 330 orang dan wanita 11 orang.




Di akan lanjutkan pada tes fisikologi di SPN Banjarbaru besok, Kamis 09 Februari 2012, yang mana di laksanakan pada jam 08.00 wita, untuk calon brigadir polisi harus berhadir tepat pukul 07.00 wita untuk di ambil apel terlebih dahulu dan penempatan ruangan ujian. Alat tulis yang dibawa saat ujian dengan membawa pensil 2B.

Label:

KAPOLDA KALSEL KUNJUNGI BPOST GROUP

Posted by Ikhsan Ntd at Tuesday, February 7, 2012

POLDA KALSEL, Selasa (7/2/2012) siang, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin berkunjung ke Banjarmasin Post Group. Kunjungan Syafruddin yang didampingi Pjs Kabid Humas, AKBP Aby Nursetyanto disambut hangat oleh Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, HG Rusdi Effendy yang didampingi pejabat lain.

Kunjungan Kapolda kalsel Brigjen Pol Syafruddin ini merupakan kali yang ke dua setelah sebelumnya juga bersilaturahmi ke Redaksi BPost Group saat baru menjaba sebagai Kapolda Kalsel.

Selain bersilaturahmi, banyak hal yang dibahas dalam pertemuan itu, mulai dari diskusi masalah pembangunan Kalsel, sosial masyarakat hingga bidang olahraga.

Khususnya adalah sharing mengenai berbagai kerawanan yang terjadi dari maraknya konflik agraria yang terjadi di beberapa wilayah. Kejadian penutupan jalan perusahaan di Tabalong serta permasalahan politik di Balangan juga jadi bahan diskusi.

Secara khusus, Syafruddin mengajak media massa dan elemen lainnya untuk bekerja sama dalam mencegah atau mengantisipasi potensi konflik yang ada di Kalsel serta menjaga kamtibmas di Kalsel tetap Kondusif.

Dalam pertemuan itu, Syafruddin juga menyampaikan apresiasinya untuk masyarakat Kalsel karena tidak mau terpengaruh dengan isu-isu dan upaya hasutan dari provokator dari luar Kalsel.



Secara khusus, HG Rusdi Effendi menyampaikan terima kasih kepada Syafruddin yang meluangkan waktu untuk datang dan bertukar pendapat di BPost Group. "Kami harap pertemuan seperti ini sering kita lakukan," ujar Rusdi usai menyerahkan cindera mata kepada Kapolda.

Label:

PRESS RELEASE SINDIKAT PEMBOBOL BRANKAS ANTAR PROPINSI

Posted by Ikhsan Ntd at Sunday, February 5, 2012

Setelah melakukan perburuan selama satu bulan lebih, akhirnya anggota Ditreskrimum Polda Kalsel,reskrim polresta banjarmasin diback up Mabes Polri dan Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sekaligus menangkap para pelaku atau jaringan sindikat perampokan dan pembobol brankas yang sering beraksi di Kalimantan Selatan.Empat dari lima pelaku yang berasal dari Ambon, Maluku, terpaksa ditembak kakinya karena berusaha menyerang petugas ketika diciduk. Keempat pelaku yang ditembak adalah Salim Lestaluhu alias Salim, Irfan alias Rano, M Soleh alias Nyoleh, dan Iskandar alias Acok. Sedangkan M Fauzi alias Awal, masih bisa bernapas lega, karena nasibnya tak sama dengan keempat rekannya yang harus berjalan pincang akibat luka tembak di kaki.

Kronologis penangkapan pada hari senin tanggal 30 januari 2012 mendapatkan informasi bahwa 2 orang tersangka berada di Banjarmasin. Stelah dilakukan Penyeldikan bahwa keberadaan 2 tersangka tersebut berada di sebuah Hotel yang bernama Hotle Kharisma di Kamar 215. Setelah dilakukan pengintaian di dapat 1 orang tersangka berda di teras lantai 2 hotle Kharisma yang bernama SALIM LESTALUHU als SALIM, kemudian dilakukan penggeledahan 215 dan ditangkap 1 orang tersangka lagi yang bernama M. FAUZI als AWAL als TOKEK. Setelah itu dilakukan interogasi terhadap 2 tersangka tersebut dan didapat informasi bahwa 2 orang temannya lagi juga berada di Banjarmasin yang belum diketahui keberadaannya.

Pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2012 sekitar pukul 03.00 wita diketahui bahwa tersangka bukan 2 orang tetapi 3 orang, kemudian dilakukan pengejaran sampai daerah Palangkaraya. Sesampainya di jalan Samudin aman tersangka yang bernama M. FAUZI als AWAL als TOKEK menunjukkan kawannya yang bernama M. SOLEH Als NYOLEH sedang berda di depan sebuah Hotel. Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap tersangka tersebut. Selanjutnya melakukan penggeledahan di Hotel tersebut dan didapatkan 2 Orang tersangka lagi di dalam kamar 106 yang bernama IRFAN als RANO als IRWAKAN dan SUWARDI ISKANDAR als ACOK. Setelah melakukan pengakapan Tim kembali ke Banjarmasin.

Dari keterangan para pelaku, semua mengakui telah melakukan empat kasus yang diakui diantaranya\
1. 27 Desember 2011 Kantor INHUTANI Banjarbaru
2. 26 Desember 2011 Kantor Dinas Sosial (Panti Asuhan Budi Luhur) Banjarbaru
3. 28 Januari 2012 batulicin ( 2 Buah laptop dan 1 HP)
4. 29 Januari 2012 Kantor Kopertis banjarmasin

Bukti yang disita 2 buah laptop dan 1 buah teropong, 1 hp, 1 buah linggis (BB lain sdg dikembangkan krn dibuang tsk)

Dari pengakuan Rano, usai beraksi ia dan rekan-rekannya langsung meninggalkan daerah yang menjadi sasarannya. “Pembobolan brankas ini tidak direncanakan. Setiap kami mampir di suatu daerah kami melakukan pengintaian terhadap tempat atau lokasi yang menjadi sasaran pembobolan brankas,” ujarnya sambil memegang kakinya yang terluka.Dibeberkannya, selama beraksi di lima tempat ia dan temannya tak pernah mendapatkan uang di dalam brankas. “Pembobolan brankas yang terakhir kami lakukan di Kantor Kopertis,” katanya yang mengaku usai beraksi ia berencana ke Kalteng dan setelah itu kembali ke kampung halaman di Ambon.Rano menuturkan, ia bertugas mengawasi situasi di sekitar lokasi di mana teman-temannya beraksi.

Pasal yang dikenakan :
Pasal 351 AYAT 3, 170, 365 ayat (3) KUHP.

Label:

POLDA KALSEL BENTUK KOMUNITAS ANTI NARKOBA

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Thursday, February 2, 2012

POLDA KALSEL (2/2) : Pada hari Kamis, tanggal 2 Pebruari 2012 dilaksanakan rapat pembentukan komunitas anti narkoba, bertempat di Aula Kantor Camat Banjarmasin Selatan Jl.Tembus Mantuil Banjarmasin. Pembentukan komunitas anti narkoba di Lingkungan Gang Jamaah Kelurahan Pekauman Kecamatan Banjarmasin Selatan, sebagai bentuk kepedulian Polri dan masyarakat sekitar untuk menghilangkan anggapan di lingkungan tersebut sarang/tempat peredaran narkotika dan terjadinya pelaku terlibat narkoba dilingkungan tersebut. Dengan dibentuknya komunitas narkoba ini diharapkan mengurangi bahkan menghilangkan terjadi trasaksi narkoba masuk di kampung tersebut dan memberikan kesadaran kepada masyarakat sekitar akan bahaya narkoba baik untuk pribadi dan untuk orang lain.


Kasubdit Polmas Dit Binmas Polda Kalsel AKBP Taufik Sugiono mengharapkan dengan terbentuknya komunitas narkoba menjadi tameng agar narkoba tak masuk lagi ke kampung mereka, harapan ini disampaikan dihadapan Camat, Lurah dan Tokoh warga setempat.
Hadir dalam kegiatan pembentukan komunitas narkoba adalah perwakilan masyarakat pekaumanan, anggota unit/sat Narkoba, Binmas, Intelkam dan Provoos Polresta dan Dit Narkoba serta Dit Binmas Polda Kalsel...***(Bidhumas Polda Kalsel).  

Label:

RAKOR HUKUM JAJARAN POLDA KALSEL

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at

POLDA KALSEL (26/1) : Bidang Hukum Polda Kalsel pada hari Kamis, tanggal 26 Januari 2012 menyelenggarakan Rakor Hukum Jajaran Polda Kalsel, bertempat di Aula Polresta Banjarmasin, peserta yang mengikuti Rakor Hukum sebanyak 48 peserta yang terdiri dari Para Kabag Sumda, Kasubbag Hukum dan Kasi Hukum Polsek/ta.

Kegiatan Rakor Hukum dalam rangka pembekalan kepada pengemben fungsi hukum di Jajaran Polda Kalsel agar dapat menyelenggarakan fungsi dan tugas di bidang hukum lebih maksimal, berupa penyuluhan hukum dan bantuan hukum agar fungsi hukum dapat berdaya guna dan berhasil guna dalam mendukung tugas-tugas Kepolisian di bidang hukum serte mewujudkan program Revatalisasi Polri dalam menyikapi perkembangan kamtibmas khususnya dalam penegakan hukum dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman tentang fungsi dan tugas pembinaan hukum di Jajaran Polda Kalsel...***(Bidhumas Polda Kalsel).

Label: