Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

POLDA KALIMANTAN SELATAN


POLDA KALIMANTAN SELATAN

Video

Kapolda Kalsel

MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN KE 83

Posted by Ikhsan Ntd at Sunday, October 30, 2011


POLDA KALSEL, Waka Polda Kalsel Kombes Pol Saput MSi dan Pejabat Polda Kalsel Jumat (28/10), dalam rangka menghadiri upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 83 yang diikuti seluruh anggota PNS Polri Polda Kalsel.

Pelaksanaan Upacara bendera ini diharapkan dapat mengingatkan kembali semangat dan tekad pemuda dan pemudi Indonesia pada tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia, yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928.
Dalam Rangka memberikan semangat dan dukungan kepada generasi muda untuk terus bersatu dan mewujudkan Indonesia bangkit dan maju walaupun berbeda suku bangsa, agama, atau golongan.

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

 

Si Sumpah Pemuda versi orisinal

 

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

 

Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

 

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Label:

PENGAMBILAN SUMPAH DAN JANJI PNS POLRI POLDA KALSEL

Posted by Ikhsan Ntd at Sunday, October 23, 2011



POLDA KALSEL, Bertempat di lapangan Mapolda Kalsel Senin (24/10) pagi, dilaksanakan upacara pengambilan sumpah dan janji PNS Polri Polda Kalsel yang diikuti oleh PNS Polri Polda Kalsel.
Pada acara tersebut Wakapolda Kombes Pol Saput MSi selaku yang memimpin upacara memberikan sumpah dan janji PNS yang diikuti seluruh PNS Polri yang dilantik. Kegiatan seremonial yang dilaksanakan merupakan suatu rangkaian akhir dali pelaksanaan kegiatan seleksi dan penerimaan calon pegawai negeri sipil dilingkungan institusi Polri yang dilaksanakan secara proporsional, bersih, transparan dan obyektif, baik dari tahap Werving hingga pada tahap pelaksanaan pengumuman hasil seleksi guna menghilangkan segala bentuk intervensi dan penyimpangan yang mungkin akan dilakukan oleh oknum-oknum yang ingin memanfaatkan situasi ini demi keuntungan pribadi.
Upacara pengambilan sumpah dan janji PNS Polri Polda Kalsel ini selain sebagai wujud rasa syukur yang mendalam atas keberadaan PNS Dalam tubuh organisasi APolri, juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk melakukan introspeksi diri akan sejauh mana PNS telah memainkan perannya serta mendharma baktikan diri sebagai salah satu komponen kepolisian Negara Republik Indonesia, didalam mengemban tugas sebagai pegawai negeri sipil polri.
Pembinaan Karir PNS Polri dari tahun ke tahun menunjukkan adanya suatu peningkatan. Antara Lain Dengan Bertambahnya jumlah jabatan Struktural. Demikian juga kesempatan yang diberikan untuk mengikuti pendidikan dan pengembangan karir yang semakin meingkata. Hal ini merupakan bentuk atensi dan konsistensi pimpinan polri terhadap pengembangan karir PNS Polri.

Label:

HUT Bhayangkari ke - 59

Posted by Ikhsan Ntd at


 POLDA KALSEL, Jumat (22/10) sejumlah Pejabat di jajaran Polda Kalsel, termasuk kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin mengikuti puncak HUT Bhayangkari ke – 59 yang dilaksanakan di Aula Bhayangkara Polda kalsel


Pada acara tersebut, Ketua Bhayangkari Kalsel Ny Mulyani Syafruddin didampingi suaminya Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin menyerahkan beasiswa kepada anak-anak anggota Polri yang berprestasi. Selain itu juga diserahkan bantuan kepada korban musibah kebakaran di Aspol Bina Brata.

Sambutan Kapolri Jenderal Timur Pradopo yang dibacakan kapolda Kalsel mengharapkan peringatan ini dapat memberikan motivasi bagi anggota Bhayangkari untuk terus berkiprah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga besar Polri.

"Peringatan ini juga menjadi momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi dan retropeksi guna memperoleh gambaran tentang kekurangan maupun permasalah yang dihadapi di masa lalu sehingga dapat melakukan perbaikan pada masa yang akan datang"

Label:

PEJABAT POLDA KALSEL MUTASI BESAR BESARAN

Posted by Ikhsan Ntd at


POLDA KALSEL, mutasi besaar-besaran pejabatnya, posisi yang selama ini diduduki sejumlah Kapolres dan jabatan Direktur, bergeser.
Kapolres Banjar dari AKBP Ebet Gunandar diganti AKBP Wahyu Dwi, yang sekarang menjabat Kabagbinkam Biro SDM Polda Kalsel. Sedangkan AKBP Ebet Gunandar mendapat tugas baru menjadi Ka SPN Polda Kalsel.
Kapolres Batola yang menjabat AKBP Joko Purnawanto bergeser ke Polda Kalsel menjabat sebagai Wadir Resnarkoba. Posisi Joko Diisi AKBP Hendro Wahyudin, yang sekarang menjabat Kapolres HST.
Kemudian Kapolres HST dijabat AKBP Iwan Sonjaya yang sekarang menjabat Kasubdit Gakkum Dit Lantas Polda Kalsel.
AKBP Ratna Pristiana Mulya yang sekarang menjabat Kapolres Tabalong juga bergeser menjadi Waka Polresta Banjarmasin menggantikan AKBP Yoga Pranata, yang pidah jabatan menjadi Ka SPN di Polda Kaltim.
Posisi Ratna akan digantikan AKBP Trijan Faizal, sekarang masih menjabat Kapolres Palopo di Polda Sulsel.
Sedangkan jabatan Kapolres Banjbaru yang dijabat AKBP Aby Nursetyanto akan diganti AKBP Budi Santoso, yang sekarang masih menjabat Kabag Dalpers Biro SDM Polda Kalsel.
Sedangkan AKBP Aby Nursetyono akan mendapat tugas baru sebagai Wadir Reskrimum Polda Kalsel.
Kombes Pol Herry Sitompul Dir Intelkam diganti AKBP Umar Effendi, sekarang masih menjabat wadir Intelkam di Polda Bengkulu, dan Herry mendapat tugas baru sebagai Kabagsarpras Rovenmim Lemdikpol.
Kombes Pol Endro Suharsono, melepas jabatan Dir lantas dengan mendapat jabatan baru sebagai Kabagstandar Rowalprofdivpropam polri.
Posisinya itu akan diganti Kombes Pol ermayudi Sumarsono, kini masih menjabat Ka SPN Polda Aceh.
Dir Reskrimsus yang ditinggalkan Kombes Pol Mas Guntur Laupe mengikuti diksesto yang kini menjabat Kasat Brimob Polda Kalteng dan dulunya sebelum ke Kalteng, sebagai Wadir Reskrim Polda Kalsel ini.
Sedangkan Kombes Pol H Sunaryo, Dir Sabhara, menjadi Tutor Lemdikpol. Posisinya digantikan Kombes Pol Tajuddin, yang tadinya Ka SPN Polda Kaltim.
Bahkan turut bergeser Irwasda, Kombes Pol Suprodjo WS, yang pindah tugas menjadi Irwasda di Polda Kaltim. Digantikan oleh Kombes Pol Afrizal Asy'ri dari Itwasum Mabes Polri.

Label:

RAKOR BIDANG RESERSE NARKOBA JAJARAN POLDA KALSEL TA 2011

Posted by Ikhsan Ntd at Monday, October 17, 2011

BANJARMASIN, (12/10) dilaksanakan rapat koordinasi bidang reserse narkoba jajaran Polda Kalsel yang dihadiri para kasi Pidum jajaran Kalsel, para kasat Narkoba, Kamwil Kum HKM, Kepala POM, dan undangan

Dalam Rapat Koordinasi ini untuk, memantau kejahatan narkoba, karena kejahatan narkoba merupakan kejahatan lintas batas negara (transnational Crime) yang dilakukan dengan menggunakan modus operandi yang tinggi, teknologi canggih, didukung oleh jaringan organisasi yang luas, dan sudah banyak menimbulkan korhban, terutama di kalangan generasi muda yang sangat membahayakan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Penanganan penyalahgunaan dan perecaran gelap narkoba tentu bukan perkara mudah apalagi saat ini telah menunjukkan intensitas yang semakin meningkat.

Berdasarkan hasil data yang diperloeh sepanjang tahun 2011 dari januari sampai dengan september telah terungkap 589 kasus narkoba dan dari data tersebut mengalami peningkatan sebesar 50 kasus pada tahun 2010 dengan kasus 539 dari januari sampai desember.

Dari data tersebut merupakan prestasi anggota dalam ungkap kasus narkoba tetapi sisi lain mencerminkan betapa besar peredaran narkoba di kalimantan selatan.

Dengan Rakor kali ini dengan bertemakan "melalui ADR (Alternative Dispute Resolution) kita wujudkan penegakan hukum yang humanis guna menjaga kepercayaan dan rasa keadilan masyarakat". ini merupakan upaya penegak hukum unyuk menyelesaikan perkara diluar peradilan. hal ini untuk menghindari komplain dan rasa keadilan di masyarakat.


 Dasar untuk dilakukan ADR yaitu untuk tersangka yang sedang dalam pengobatan, sakit dan dalam rangka rehabilitasi. ini mengacu pada program revitalisasi polri 2010-2014 sangatla tepat apabila dalam pelaksanaan rakor ini dilakukan untuk mensinergikan seluru aparat pengak hukum (polisi dan jaksa) dalam merubah mind set dan culture set sehingga dapat mewujudkan kerjasama antra polri selaku penyidik dan jaksa selaku penuntut untuk sama-sama dapat menangani penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Polda Kalsel.

Label:

DEMO PELAKU VIDEO MESUM MINTA DIUSUT

Posted by Ikhsan Ntd at

POLDA KALSEL, Ratusan warga perkumpulan Majelis Taqlim yang tergabung dalam Forum Penegakan Keadila dan Kebenaran kemarin (6/10) melakukan unjuk rasa di depan kantor Dit Reskrim Polda Kalsel.

Para pengunjuk rasa ini hanya ingin menyampaikan tuntutannya agar Kapolda Kalsel segera melakukan pmeriksaan dan penangkapan terhadap para pelaku video mesum yang diduga dilakukan seorang pejabat Pemkab Tanbu dan salah satu stafnya.

Dalam orasinya salah seorang pengunjuk rasa mengatakan bahwa beredarnya video mesum tersebut telah meresahkan masyarakat. karena itu, mereka berharap agar Dit Reskrim Polda Kalsel segera mengusut tuntas kasus tersebut.

Usai menyampaikan orasi para pengunjuk rasa kemudian menyerahkan barang bukti rekaman video mesum yang ditransfer ke laptop anggota Dit Reskrim Polda Kalsel.


Secara terpisah, Kabid Humas Polda Kalsel Akbp Edi Ciptianto mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan terhadap rekaman video mesum tersebut dan mengegaskan akan bekerjasama dengan pakar IT. Kalaupun memeang terbukti pelaku adalah orang yang dimaksud, amak pelakunya akan diperiksa.

Label:

WAKAPOLRI KE BANJARMASIN

Posted by Ikhsan Ntd at



Banjarmasin, sabtu (1/10) siang, Wakapolri Jenderal Komjen Pol Nanan Sukarna beserta istri dan rombongan berkunjung ke Banjarmasin dalam rangka acara pelantikan pengurus Pengprov Persatuan Menembak Indoneisa (Perbakin) Kalsel dan Kegiatan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI)Banjarmasin yang dilaksanakan di Hotel Rattan In.

Rangkaian Kegiatan Wakapolri di Banjarmasin, dari mulai Penjemputan di Bandara Sukarno Hatta pada Pukul 14.00 wita sabtu (1/10) dsambut para Pejabat-pejabat Polda Kalsel, perjalanan Wakapolri menggunakan Harley yang disediakan dan melaksanakan makan siang di Dapur Galuh, di lanjutkan ke Rattan In. Setelah itu menuju Polda Kalsel untuk memberikan arahan-arahan kepemimpinan kepada Pejabat-pejabat Polda Kalsel dan Kapolres-kapolres jajaran Polda Kalsel. Acara malam di laksankan di rattan in dalam rangkaian acara Perbakin.

Esok Harinya, Minggu (2/10) Wakapolri melakukan perjalanan menuju pantai Tangkisung menggunakan Harley dengan rombongan HDCI Banjarmasin.

Label:

PENSAT BULAN OKTOBER MINGGU KE 2

Posted by Ikhsan Ntd at Saturday, October 1, 2011






PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 

 
SAMBUTAN
KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL
PADA ACARA PELEPASAN
JAMA'AH CALON HAJI POLDA KALSEL TAHUN 2011

 
NOMOR :    / X /2011/PENSAT

 
    SEPERTI KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA MENUNAIKAN IBADAH HAJI ADALAH MERUPAKAN CITA-CITA BAGI SETIAP MUSLIM, KARENA HAL TERSEBUT MERUPAKAN KEWAJIBAN DALAM MENJALANKAN RUKUN ISLAM YANG KELIMA BAGI YANG MAMPU MELAKSANAKANNYA.

 
    YANG DIMAKSUD WAJIB BAGI YANG MAMPU UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI ADALAH MEREKA YANG SECARA FISIK SEHAT JASMANI DAN ROHANI SERTA MAMPU EKONOMINYA, HAL INI PERLU SAYA TEKANKAN AGAR PERSYARATAN INI BENAR-BENAR TELAH DIPENUHI OLEH SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN UNTUK MENJAGA HAL-HAL YANG TIDAK KITA INGINKAN BERSAMA.

 
    PADA KESEMPATAN INI SAYA ATAS NAMA PIMPINAN POLDA KALSEL, MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN YANG TELAH TERPANGGIL UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI PADA TAHUN INI. ADA BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN ANTARA LAIN SEBAGAI BERIKUT :

 
PERTAMA : MENGINGAT WAKTU KEBERANGKATAN KETANAH SUCI TINGGAL BEBERAPA HARI LAGI, SAYA BERHARAP KEPADA JAMA'AH CALON HAJI AGAR MEMPERSIAPKAN DIRI DAN MEMANFAATKAN WAKTU YANG SEBAIK-BAIKNYA SEPERTI : MENJAGA KESEHATAN, MENDALAMI PENGETAHUAN TENTANG MANASIK HAJI DAN MEMPERSIAPKAN BEKAL YANG PERLU DIBAWA SELAMA MELAKSANAKAN IBADAH HAJI.

 
KEDUA : DENGAN PERSIAPAN YANG BAIK, TENTUNYA KEBERANGKATAN SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN AKAN MERASA TENANG, TERMASUK ANGGOTA KELUARGA YANG DITINGGALKAN, SEHINGGA TIDAK MENGANGGU KEKHUSYUKAN SAUDARA-SAUDARA DALAM BERIBADAH.

 
KETIGA : SEBAGAI DUTA-DUTA BANGSA, KEHADIRAN JAMA'AH HAJI DITANAH SUCI DISAMPING UNTUK BERIBADAH, JUGA TIDAK LEPAS DARI PENILAIAN OLEH BANGSA LAIN TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU BANGSA INDONESIA YANG DIKENAL RAMAH, RAJIN BERIBADAH, TOLERAN, SUKA MENOLONG SESAMA, TUNDUK DAN TAAT SERTA PATUH KEPADA PERATURAN. HARAPAN SAYA AGAR IDENTITAS TERSEBUT TETAP DIJAGA DAN DIPERHATIKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA, TERUTAMA DIANTARA SESAMA PARA JAMA'AH DAPAT DITUMBUHKAN KEMBANGKAN RASA KEBERSAMAAN DAN PERSAUDARAAN, SEHINGGA APABILA MENGHADAPI SUATU PERMASALAHAN AKAN DAPAT SEGERA DIATASI.

 
KEEMPAT : SAYA MENDO'AKAN SEMOGA KEBERANGKATAN SAUDARA-SAUDARA KE TANAH SUCI DAN KEPULANGANNYA KE TANAH AIR NANTI DAPAT BERJALAN LANCAR, TIDAK MENEMUI HAMBATAN DAN MUDAH-MUDAHAN MEMPEROLEH HAJI YANG MABRUR.        
    
UNTUK DIKETAHUI, DIPAHAMI DAN DILAKSANAKAN
OLEH SETIAP ANGGOTA POLRI DAN PNS POLRI
……..0…….
PENSAT

 

 

Label:

PENSAT BULAN OKTOBER MINGGU KE 1

Posted by Ikhsan Ntd at






PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 

 

SAMBUTAN
KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL
PADA ACARA SOSIALISASI ASSESMENT CENTER
DARI MABES POLRI DI POLDA KALSEL

 
NOMOR :    /X/2011/PENSAT

 

 
    PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA TELAH MENCANANGKAN REFORMASI BIROKRASI YANG SECARA TERSTRUKTUR MEMBERIKAN TANGGUNG JAWABNYA KEPADA INSTITUSI, KEMENTRIAN DAN KELEMBANGAAN PEMERINTAH TERMASUK INSTITUSI POLRI UNTUK MELAKUKAN PEMBENAHAN. DALAM BIDANG SUMBER MANUSIA, POLRI TELAH MELAKUKAN PROGRAM PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM (MSDM) DENGAN MENENTUKAN KEGIATAN UNTUK MEMBANGUN ASSESMENT KOMPETENSI INDIVIDU BAGI ANGGOTA POLRI DENGAN MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH NYATA MELALUI PENATAAN MANAJEMEN SERTA PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA POLRI.

 
    DENGAN DIADAKANNYA ASSESMENT DIHARAPKAN AKAN DIHASILKAN PEMIMPIN YANG TEPAT DAN MERUPAKAN SEORANG YANG MEMANG MEMILIKI KREDIBILITAS SEBAGAI SEORANG PEMIMPIN SEHINGGA KEPUTUSAN YANG DIAMBIL DALAM MELAKSANAKAN TUGAS SEBAGAI SEORANG PIMPINAN BENAR-BENAR TEPAT DAN BERHASIL DENGAN BAIK SERTA MERUPAKAN SUATU PRESTASI YANG DIHARAPKAN DALAM JAJARAN POLRI.

 
    PEMIMPIN YANG DIRAPKAN ADALAH PEMIMPIN YANG LUGAS, TEGAS DAN DISIPLIN SERTA BERTANGGUNG JAWAB PENUH TERHADAP KESATUANNYA, BAIK TERHADAP ANGGOTA MAUPUN PERMASALAHAN YANG DIHADAPINYA. CITRA POLRI DIMATA MASYARAKAT SAAT INI TIDAKLAH TERLALU BURUK, NAMUN TENTUNYA MASYARAKAT TETAP MENGHARAPKAN ADANYA SEORANG PEMIMPIN YANG DAPAT DIANDALKAN SEPERTI :

 
  • PADA SAAT MASYARAKAT MENDAPATKAN PERMASALAHAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN APARAT KEPOLISIAN, MASYARAKAT DAPAT BERKOMUNIKASI DENGAN PEMIMPIN TANPA MELALUI BIROKRASI YANG SULIT.
  • DAPAT MENJADI HARAPAN MASYARAKAT SAAT DIBUTUHKAN.
  • DAPAT MENJADI BAGIAN BAGIAN MASYARAKAT SECARA UTUH.
  • DAPAT MENJADI PANUTAN DAN MEMILIKI KETERBUKAAN DALAM BERGAUL DENGAN MASYARAKAT.
  • TIDAK HANYA MENJADI PEMIMPIN DALAM KESATUANNYA, NAMUN JUGA DAPAT MENJADI PEMIMPIN DALAM LINGKUNGANNYA.
  • DAPAT MENJADI ANDALAN MASYARAKAT DISEGALA BIDANG.

 
DARI BEBERAPA URAIAN DIATAS MAKA PERLULAH SEORANG PEMIMPIN YANG BENAR-BENAR MERAKYAT DAN MEMILIKI JIWA."SEORANG PIMPINAN YANG PEMIMPIN".

 
    SEMOGA DENGAN PELAKSANAAN SOSIALISASI ASSESMENT CENTER DI POLDA KALSEL INI, KITA DAPAT MENINGKATKAN KINERJA POLRI KHUSUSNYA POLDA KALIMANTAN SELATAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN POLRI YANG PROFESIONAL, BERMORAL DAN DIPERCAYA MASYARAKAT.

 
    KEPADA PANITIA DAN TIM SOSIALISASI MABES POLRI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS TERSELENGGARANYA ACARA INI. KEPADA SELURUH PESERTA AGAR MEMANFAATKAN SOSIALISASI INI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA IKUTILAH ACARA INI DENGAN SEKSAMA DAN SIMAK APA YANG DIBERIKAN OLEH TEAM PENYAJI.

 
PERLU UNTUK DIKETAHUI, DIPAHAMI DAN DILAKSANAKAN
OLEH SETIAP ANGGOTA POLRI
-----O-----
PENSAT

 

Label: