Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

POLDA KALIMANTAN SELATAN


POLDA KALIMANTAN SELATAN

Video

Kapolda Kalsel

PENEKANAN KAPOLRI DALAM PAM HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H

Posted by Ikhsan Ntd at Monday, August 22, 2011


Khusus mengenai Pam Lebaran (ops Ketupat Tahun 2011) beberapa Hal yang ditekankan kepada seluruh jajaran :

  1. Bahwa target operasi tentunya adalah rasa aman dan nyaman masyarakat didalam melaksanakan kegiatan beribadah, kegiatan mudik, maupun berwisata didalam melaksanakan kegiatan beribadah, kegiatan mudik, maupun berwisata merupakan jaminan kita mengamankan maupun melancarkan kegiatan-kegiatan tersebtu termasuk pengaman diwilayah-wilayah pemukiman yang ditinggalkan oleh penghuninya.
  2. Terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas baik melalui angkutan darat, angkuta laut maupun angkutan udara termasuk dalam plaksanaan arus mudik dan arus balik.
  3. Terjaminnya aman dan kelancarannya termasuk distribusi bahan pokok, bahan bakar minyak sehingga perlu mendapatkan jaminan ini tidak menimbulakan kekhawatiran masyarakat didalam ketersediannya, sehingga yakinkan betul komunikasikan dengan lintas sektoral didalam mendukung dan menjamin ketersediannya (BBM dan Sembako) menjadi target operasi yang harus kita wujudkan.
  4. Untuk biasa melakukan hal-hal tadi dengan baik :
    1. Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang dimasyarakat.
    2. Segera lakukan langkah-langkah antisipasi sebelum permasalahan tadi berkembang menjadi lebih luas atau menjadi gangguan keamanan.
    3. Tingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan aksi terror dan sabotase khususnya terhadap transportasi angkutan umum maupun pada objek-objek vital dan pusat-pusat keramaian masyarakat.
    4. Waspadai dan antisipasi maraknya tawuran antara warga; dan
    5. Tetap cegah aksi sweeping tempat hiburan oleh kelompok-kelompok baik dan ada yang penangganannya yang kurang baik, artinya ini bagian dari evaluasi para Kasatwil, hal-hal yang seperti itu tidak bias dikendalikan, kemudian antisipasinya terlambat, tentunya bagian dari pada evaluasi.
    6. Gelar secara optimal anggota Polri dilapangan khususnya pada lokasi rawan kemacetan lalu lintas, tempat-tempat lain yang rawan gangguan kriminalitas, termasuk terminal, pelabuhan udara, pelabuhan laut, ruas-ruas jalan yang rawan curas maupun rawan curat termasuk pemukiman yang ditinggal oleh pemiliknya dalam rangka mudik.
    7. Jalin kerjasama harmonis dengan seluruh instansi terkait, dan segenap potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan sinergi polisional untuk memberikan pelayanan dan menjamin keamanan serta kenyamanan bagi para pemudik.
  5. Para Kasatwil tentunya sudah menyiapkan ini dengan optimal, berkoordinasi dengan satuan-satuan yang lain, baik itu Pemda, TNI, maupun masyarakat lainnya sehingga apa yang menjadi harapan kita semua, plaksanaan Pengamanan lebaran tahun 2011 ini berjalan dengan aman, tertib, lancar dan tentunya dalam ridho Allah SWT.
  6. Sekali lagi diucapkan terimakasih, selamat melaksanakan puasa dan sampai nanti insya allah kita semua bias melaksanakan lebaran dengan penuh khidmat bersama masyarakat dan keluarga.
  7. Sekali lagi mudah-mudahan Allah SWT ridhonya menyertai kita sekalian didalam melaksanakan tugas-tugas demi Bangsa dan Negara.

Label:

GELAR PASUKAN OPERASI “KETUPAT-2011”

Posted by Ikhsan Ntd at

 BANJARMASIN, (22/8) Gelar Pasukan operasi "KETUPAT – 2011" yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda dan Satuan Kewilayahan dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan Polri beserta unsur terkait lainnya dalam nenyelenggarakan Operasi "KETUPAT-2011" sehingga masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dapat merayakan Idul Fitri secara aman, nyaman, tertib dan lancar.


 

Seperti Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, peningkatan volume kendaraan yang tidak seimbang dengan kapasitas jalan, adanya penyempitan jalan, aktivitas pasar tumpah dan kurang disiplinnya para pengguna jalan meruakan factor penyebab terjadinya kemacetan lalulintas yang cukup panjang


 

Beberapa jenis kejahatan konvensional yang cukup meresahkan masyarakat, antara lain :

  • Pencurian dengan kekerasan (curas)
  • Pencurian dengan pemberatan (curat)
  • Pencurian dengan senajata api (curas senpi)
  • Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan
  • Penganiayaan berat (anirat)
Begitu juga dengan berbagai aksi anarkisme dan terorisme yang dalam kurun waktu tahun 2011 ini kerap mewarnai lembaran kamtibmas tanah air, tentunya menjadi ancaman tersendiri yang harus mendapatkan atensi khusus didalam menghadapi momentum hari raya Idul Fitri kali ini.


 

Target yang telah ditetapkan, yaitu :

  1. Terwujudnya rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan kegiatan beribadah, mudik, maupun berwisata serta keamanan wilayah pemukiman yang ditinggal mudik penghuninya.
  2. Terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas baik moda angkutan darat, laut dan udara dalam pelakasanaan mudik maupun arus balik
  3. Terjaminnya keamanan dan kelancaran dostribusi bahan pokok, bbm dan listrik.
  4. Terwujudnya keamanan dalam aktivitas embarkasi dan debarkasi di pelabuhan/terminal.
  5. Dapat mengatisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman aksi terorisme mengingat adanya beberapa tersangka terorisme yang masih dalam status DPO

Label:

SUASANA UPACARA 17 AGUSTUS DI POLDA KALSEL

Posted by Ikhsan Ntd at Thursday, August 18, 2011


POLDA KALSEL, Upacara peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-66 di Polda Kalsel berlangsung dangan lancar, tertib dan hikmad. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh anggota Polda kalsel, bertindak sebagai pemimpin upacara wakapolda kalsel Kombes Pol Saput MSi. Dalam kesempatan tersebut Wakapolda kalsel membacakan Amanat Kapolri pada Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke 66 tanggal 17 agustus 2011.



 

2 moment penting akan segera kita masuki, yakni Bulan Ramadhan dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 66. Hari kemerdekaan Republik Indonesia saat kali ini (juga tahun lalu) merupakan hari kemerdekaan yang special, soalnya hari kemerdekaan atau proklamasi kemerdekaan indonesia diproklamirkan pada saat bulan ramadhan66 tahun lalu, tepatnya pada hari Jum'at 17 agustus 1945 pada bulan Ramadhan. Dan Saat ini, moment itu berulang lagi, perayaan HUT Proklamasi kemerdekaan Indonesia akan tepat pada bulan suci Ramadhan. Tema Hari kemerdekaan 2011.

Pada hari ulang tahun HUT Proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 2011 ini, Pemerintah melalui Sekertariat Negara telah merilis tema HUT Proklamasi ke-66. Adapun temanya sebagai berikut:

"Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN."
. Upacara tersebut selesai pada pukul 09.00 wib.

Label:

RENUNGAN SUCI DI MAKAM PAHLAWAN

Posted by Ikhsan Ntd at



BANJARBARU, Kapolda Kalsel bebeserta jajaran Polda Kalsel, Korem 101/Ant, Gubernur Kalsel Rudy Arifin dan unsur Muspida Kalsel melakukan renungan suci di Taman Makam Pahlawan di Landasan Ulin, malam pukul 00.00 wita (17/8). Yang menjadi inspektur upacara adalah Danrem 101/Ant kol Inf Komarudin Simanjuntak.



 

Semua lampu di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipadamkan. Hanya tersisa sebuah nyala obor di samping tugu besar di pelataran halaman TMP landasan Ulin. Ratusan tamu undangan terlihat mengikuti acara dengan khidmat. Acara yang dihadiri unsur TNI-Polri serta tamu undangan ditutup tepat pukul 00.30 WIB dengan pembacaan doa.


 

Makna Renungan Suci ini sendiri mengandung arti yang sangat tinggi bagi perjuangan bangsa terlebih khusus bagi pendahulu kita. Renungan Suci mengandung arti dimana terjadi pertemuan di antara petinggi bangsa, guna membicarakan perebutan kekuasaan dari penjajah pada tangal 17 Agustus sehingga dari perjunagan tersebut membuahkan hasil dengan di proklamirkannya Kemerdekaan Indonesia.

Label:

SOSIALISASI DAN SUPERVISI DIPA, RKA-KL POLRI TA 2011

Posted by Ikhsan Ntd at Friday, August 12, 2011


POLDA KALSEL, (12/8) bertempat di rupatama Polda Kalsel yang di hadiri oleh Kombes Pol Drs. Flora Dakhi, SH, MH, Ka Kanwil Direktora jenderal Perbendaharaan Prov Kalsel, Kepala KPPN se Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Para Kapolres, dan pejabat Polda kalsel dalam acara kunjungan Tim Sosialisasi dan Supervisi dari Srena polri dan Kementerian keuangan RI.


Yang mana dalam kegiatan ini bahwa proeses penyusunan perencanaan dan aggaran setiap tahun dimulai dengan dilaksanakannya Musrenbang tingkat polda dimana pada kegiatan musrenbangda ini masing masing satker menyampaikan usulan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran berikutnya serta dukungan anggaran yang dibutuhkan sehingga dari hasil musrenbangda ini akan diketahui berapa besar kebutuhan anggaran polda kalsel yang sebenarnya, untuk diusulkan ke Mabes Polri sebagai pagu ideal polda kalsel pada tahun anggaran berikutnya.



Berkaitan dengan pelaksanaan DIPA dan RKA-KL Ta 2011, secara continue telah dilaksanakan evaluasi terhadap pencapaian kinerja dari masing-masing satker di jajarna polda kalsel baik bulanan, triwulan maupun semester.Disamping itu juga telah dilaksanakan pengawasan dan pemeriksaan secara internal baikoleh itwasda polda kalsel maupun Itwil II itwasum Polri dmana secaraumum pelaksanaan DIPA dan RKA-KL Ta. 2011 oleh satker jajaran polda kalsel telah sesuai dengan aturan yang ada walaupan secara administrasi masih ada kekurangan-kekurangan. Diharapkan dengan kedatangan tim dari Srena Polri dan kementerian kuangan RI dapat memberikan pejelasan secara mendalam dan terperinci terhadap setiap program yang ada pada DIPAk, RKA-KL ta 2011, sehingga diharapkan satuan kerja yang ada di jajaran Polda Kalsel dapat memahaminya serta mampu melaksanakannya baik seca administrasi maupun operasional.

Label:

TAKLIMAT AKHIR WASRIK ITWIL II ITWASUM POLRI DI POLDA KALSEL TA 2011

Posted by Ikhsan Ntd at

 POLDA KALSEL, Pagi (12/8) telah ditutup pelaksanaan wasri itwil II Itwasum Polri Ta 2011 di Polda Kalsel yang dilaksanakan sejak tanggal 3 kemaren sampai ditutup hari ini dengan pelaksanaan yang tertib dan lancar.


 

Pengawasan dan pemeriksaan merupakan salah satu fungsi manajemen kepolisian yang harus dilaksankan terhadap kinerja Polri dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta penjabaran kebijakan pimpinan dapat dilaksanakan sampai ketingkat pelaksana, sehingga dapat tercapainya aparat polri yang berkualitas, jujur dan bersih, guna mencegah terjadinya penyimpangan yang berakibat pada menurunnya citra Polri di Masyarakat.


 

Menyimak hasil temuan Tim Wasrik Itwil II Itwasum Polri yang telah dibacakan oleh ketua tim, bahwa terdapat beberapa temuan yang perlu mendapat perhatian yang akan dijadikan masukkan dan bahan perbaika dalam pelaksanaan tugas dengan adanya temuan-temuan tersebut Kasatker dan Kasatwil jajaran polda kalsel akan segera menjawab dan menindak lanjuti temuan dalam kurun waktu 30 hari, sesuai dengan surat perintah kapolda kalsel Nomor : SPRIN/VIII/2011 tentang perintah untuk menjawab/menindak lanjuti temuan wasrik itwil II itwasum Polri. Selanjutnya diadakan pemutakhiran data pada itwasda polda kalsel untuk dikirim ke Mabes Polri.

Label:

BUKA PUASA BERSAMA DENGAN KAPOLDA KALSEL

Posted by Ikhsan Ntd at


POLDA KALSEL, Kamis (11/8) pagi, proses pendidikan Lemhanas selesai dilaksanakan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin MSi. Rasa syukur atas selesainya pendidikan Lemhanas itu langsung ditandai dengan gelaran buka puasa bersama puluhan anak-anak yatim piatu dari beberapa panti asuhan di Banjarmasin. Pada acara buka puasa ini turut dihadiri seluruh jajaran pejabat Polda Kalsel, Kapolres, tokoh masyarakat dan Wartawan di Aula Bhayangkara Polda Kalsel.




Pada acara ini Kapolda Kalsel beserta istri memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu dari beberapa Panti Asuhan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus bersedekah di bulan yang penuh rahmat yang mana diharuskan untuk saling member kepada yang membutuhkan.


Label:

PEMERIKSAAN GAMPOL DAN SIKAP TAMPANG ANGGOTA POLDA KALSEL

Posted by Ikhsan Ntd at Tuesday, August 9, 2011

POLDA KALSEL, Memperhatikan sikap dan tampang sangat perlu dan menjadi kewajiban sekaligus keharusan bagi setiap anggota polri yang masih aktif dalam melaksanakan dinas. Polda Kalsel disela aktifitas sehari – hari pada hari selasa 9 Agustus 2011 pukul 07.30 di halaman apel Mapolda Kalsel melaksanakan kegiatan rutin pemeriksaan gampol dan sikap tampang anggota yang dipimpin langsung oleh Kabid Propam Polda Kalsel AKBP SLAMET SETIONO, SIK, M.SI melalui Kasubid Provos Kompol Toetoes.


 

Pemeriksaan kelengkapan dimulai dengan pengecekan kepemilikan kartu tanda anggota (KTA), SIM, KTP, dan STNK oleh unit PROPAM kepada setiap anggota baik bintara maupun perwira dan alhasil masih ditemukan kekurangan berupa tidak adanya kartu tanda anggota (KTA), SIM dan STNK yang sudah habis masa berlakunya.Bagi anggota yang belum memiliki dan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan dalam pemeriksaan diberikan sangsi berupa teguran lisan dan Hukuman Fisik.



 Selesai melakukan pemeriksaan yang dilakukan oleh unit Propam, Kasubbid Provos memberikan arahan kepada anggota untuk segera melengkapi kekurangan yang telah ditemukan agar dalam melaksanakan tugas bisa menjadi contoh pada masyarakat mengenai kedisiplinan dan ketaatan kepada peraturan yang berlaku.

Label:

TERSANGKA BENY BUNTOSO, PEMILIK SABU 4 KG DPO

Posted by Ikhsan Ntd at

 POLDA KALSEL, Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap sindikat pengedar narkoba antar provinsi jenis shabu. Sindikat ini menjadikan para pekerja tambang sebagai sasarannya. Keberhasilan Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat itu bermula dari laporan warga Taman Sari, yang curiga terhadap pengiriman bed cover ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Polisi kemudian mengangkap salah seorang anggota sindikat yang hendak mengirimkan paket. Dalam penangkapan, polisi menemukan dua kilogram sabu murni.


 

Anggota Polda kalsel bekerja sama dengan polres Metro Jakarta barat. Tak lama pengirim dan penerima paket itu lalu diciduk. Yang berhasil diamankan aparat kepolisian yaitu Raharjo als Jojo (44), Yuspiani als Iyus (37) keduannya adalah karyawan Dunfee, Dua bandar asal Bajarmasin Jojo dan Iyus mengaku menyembunyikan sabu yang lolos dari perusahaan ekspedisi sebelumnya di lantai 5 Dunfe Karoke, Banjarmasin. Setelah dilakukan penggeledahan petugas kembali menemukan empat paket sabu seberat dua kilogram. lailatul munawarah (30) Istri Beny di tangkap di rumahnya, Sementara bos sabunya Beny yang juga pengusaha hiburan malam di Banjarmasin lolos dari penyergapan polisi. Total empat kilogram sabu senilai Rp8 miliar diamankan polisi. Kini, tiga pelaku masih diperiksa intensif guna mencari tahu keberadaan anggota sindikat lainnya.


 

Beny Buntoso (DPO) tak berhasil menangkap tersangka, petugas akhirnya mengamankan tiga mobil yang diduga milik Beny di rumah tersangka. Ketiga mobil tersebut adalah mobil Kijang Innova dengan nopol DA 7689 PB, BMW 320i nopol B 2653 QN, Honda Accord dengan nopol DA 11 LA.


 

Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Edi Ciptianto mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pencarian dan pengejaran terhadap tersangka. "foto Beny akan dikirim jajaran Polres Jakarta Barat melalui fax untuk disebar atau dipasang di tempat-tempat umum seperti bandara, pelabuhan, dan tempat keramaian lainnya," tegas Edi.



Selain itu, lanjutnya, foto Beny juga akan dipajang atau dipublikasikan melalui media cetak dan elektronik. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat Beny berhasil kita tangkap," ujar Edi. Terkait aset-aset milik Beny seperti rumah, mobil, tempat usaha tersangka, Edi menjelaskan semua asset tersebut bakal disita.



Sebab ada kemungkinan seluruh aset yang dibeli Beny tersebut dibeli dari uang hasil kejahatan, yakni dari penjualan narkoba. "Sebelum melakukan penyitaan tersebut, kami akan menunggu hasil dari analisa atau pemeriksaan dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk memastikan apakah aset-aset Beny tersebut memang dibeli dari uang hasil kejahatan," tegasnya.

Terkait tempat Karaoke Dunfee yang diberi garis polisi sejak ditemukannya 4 kilogram sabu di gedung tersebut, Edi menuturkan bahwa gedung karaoke Dunfee tidak akan disita. Sebab, gedung tersebut hanya dikontrak Beny. "Apabila penyelidikan dan penyidikan sudah selesai, garis polisi di Dunfee akan dilepas," ucapnya.






Label:

WASRIK RUTIN ITWASUM POLRI WILAYAH POLDA KALSEL

Posted by Ikhsan Ntd at Thursday, August 4, 2011

 POLDA KALSEL, (3/8) dilaksanakan Taklimat awal wasrik turin itwil II itwasum Polri Ta. 2011 bertempat di Rupatama Polda Kalsel. Tim Wasrik Kombes Pol Drs. Syamsul hidayat (Ketua Tim dan Pemeriksa Bid SDM), Kombes Pol Drs. Heru Dwi Pratondo (Sekertaris tim dan Pemeriksa Bid Garkeu), Kombes Pol Drs. Taharudin Syafri (anggota Tim dan Pemerisa Bid Opsnal), Kombes Pol Yan Chalid, (anggota Tim dan Pemeriksa Bid Garkeu), Kombes Pol Octo Iskandar, SH, MH (Anggota Tim dan Pemeriksa Bid Sarparas) dan Penata TK – I Ade Suhendar (anggota Tim dan Auditor BPKP)


 

Adapun Sasran Wasrik Rutin Itwil II Itwasum Polri Ta. 2011 aspek meliputi pelaksanaan progiat/rengiat yang dicapai serta realisasi penggunaan Gar Satker/satwil Ta. 2011. Produk administrasi dalam kedalaman materi hasil kinerja satker/satwil. Harpuan dan unkuat satker/satwil/ pelaksanaan tugas pokok fungsi satker/satwil. Melakukan penilaian / evaluasi produk rend an organisasi. Ebaluasi tinju hasil wasrik rutin tahap I ta 2011 yang dilaksanakan oleh itwasda. Pelaksanaan perwabku dalam pengadaan barang / jasa ta 2011. Pelaksanaan penilaian / evaluasi produk lakip ta 2010



Itwasum polri akan melaksanakan wasri rutin ta 2011 mulai tanggal 3 sampai 12 agustus 2011.

Label:

SOSIALISASI GRAND DESIGN REFORMASI BIROKRASI 2010-2025

Posted by Ikhsan Ntd at Tuesday, August 2, 2011


Banjarmasin (29/6) Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat telah membawa berbagai perubahan dalam kehidupan masyarakat dengan ditunjang oleh teknologi informasi dan komunikasi yang membuat seakan akan Negara tanpa batas sehingga polri dituntut untuk semakin professional dan proporsional di dalam melaksanakan tugasnya.


Saat ini, pemerintah republic Indonesia tengah memasuki era reformasi birokrasi gelombang II terhitung mulai tahun 2010 samapi dengan tahun 2014. Perbedaan yang signifikan antara reformasi birokrasi gelombang I dengan gelombang II yaitu gelombang I bersifat instansional sedangkan untuk gelombang II disamping melanjutkan Instansional juga bersifat nasional.


Implementasi reformasi birokrasi Polri terletak kepada upaya untuk mewujudkan civilian police baik pada aspek structural, instrumental maupun cultural. Reformasi cultural sangat penting mengingat jiwa reformasi birokrasi adalah perubahan kultur dan peningkatan kinerja, sedangkan reformasi structural dilaksanakaan secara utuh dari tingkat mabes sampai dengan polsek sebagai satuan pelayanan polri terdepan

Sambutan Kapolda Kalsel yang dibacakan Wakapolda kalsel dengan melalui sosialisasi ini diharapkan masing-masing satuan kerja dan sub satuan kerja dilingkungan Polda kalsel dapat melaksanakan program reformasi birokrasi polri di masing-masing jajaran dengan berpedoman pada peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tanggal 21 Desember 2010 tentang grand Design RB 2010-2025 dan road MAP RB 2010-2014, dengan memperhatikan :

  1. Program revitalisasi Polri yang telah ditentukan dalam 10 program prioritas, khususnya program taap ketiga yaitu program ke tujuh "percepatan perubahan budaya dengan memacu perubahan pola piker (Mind Set) dan budaya kerja (culture Set) Polri " dan program ke delapan " menggelar sentra pelayanan Kepolisian (SPK) di berbagai sentra kegiatan public "serta program ke Sembilan "mengembangkan pelayanan pengaduan system elektronik (LPSE)"
  2. Kebijakan Kapolda kalsel pada tahun 2012 antara lain : memperkuat polsek sebagai ujung tombak unit pelayanan terdepan dan polsek sebagai basis deteksi dini mengaktifkan kembali kegiatan binmastraal pada seluruh anggota di jajaran polda kalsel dengan melaksanakn motto " tiada hari tanpa kawan baru" demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif bagi pertumbuhan perekonomian daerah kalsel dengan mengubah mind set icon provinsi kalsel dari provinsi penghasil batubara menjadi kota wisata seribu sungai atau "Le Ventre De Borneo" serta melaksanakan pembenahan kinerja reserse melalui pengingkatan kompetensi penyidik dan mengoptimalkan kembali kegiatan kring serse.
  3. Perhatikan skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan serta perkiraan ancanam gangguan kamtibmas yang dihadapi pada tahun 2012/

Label:

KUNJUNGAN TIM KOMPOLNAS KE RUTAN POLRESTA BANJARMASIN

Posted by Ikhsan Ntd at


Banjarmasin, Anggota Lembaga Komisi kepolisian Nasional (Kompolnas) Ronny Lihawa meminta kepada Polresta Banjarmasin untuk segera membenahi rumah tahanan (Rutan) setempat. Karena dinilai sudah tidak layak lagi untuk dihuni oleh para tahanan karena kelebihan kapasitas, Kamis (28/7)


Selain melakukan peninjauan rumah tahanan Polresta baharmasin pihak Kompolnas juga telah meninjau rumah tahanan yang ada di beberapa markas kepolisian yang ada di Indonesia. Kesimpulan kondisi rumah tahanan semua masih kecil dan sempit sehingga para tahanan terkesan stress dan tak terpenuhi hak-hak mereka.




Seperti diketahui tugas dan wewenang kompolnas adalah untuk memantau dan mengawasi kinerja pihak Kepolisian Republik Indonesia. Dalam hal ini bagaimana melaksanakan tugas fungsinya. Termasuk menerima laporan dari masyarakat terkait kinerja kepolisian dalam kehidupan bermasyarakat. Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Edi Ciptianto MSi yang mendampingi kunjungan Kompolnas tersebut ke Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin.

Label:

PENSAT BULAN AGUSTUS MINGGU KE 3

Posted by Ikhsan Ntd at Monday, August 1, 2011




PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 

 
SAMBUTAN
KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL
PEMBUKAAN SOSIALISASI PERATURAN KAPOLRI BIDANG
RESERSE JAJARAN POLDA KALSEL

 
NOMOR : 72 / VIII /2011/PENSAT

 
    SOSIALISASI PERKAP INI MERUPAKAN MOMEN YANG SANGAT PENTING, DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESI, MENYAMAKAN PERSEPSI, MENGUATKAN KOMITMEN, MENGANALISA TANTANGAN YANG BERKEMBANG DAN MENGEVALUASI PERMASALAHAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS RESERSE SELAMA INI, DIHARAPKAN DIMASA MENDATANG KINERJA DIREKTORAT RESERSE DAN JAJARANNYA AKAN SEMAKIN MENINGKAT DAN DAPAT MEMPERKUAT EKSISTENSI DAN KREDIBILITAS POLRI SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI PEMERINTAH DAN APARATUR NEGARA YANG MEMILIKI TUGAS POKOK MEMELIHARA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT, MENEGAKKAN HUKUM, MEMBERIKAN PERLINDUNGAN, PENGAYOMAN DAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT SEBAGAIMANA YANG DIAMANATKAN UNDANG-UNDANG.

 
    SOSIALISASI MENGUSUNG TEMA, "DENGAN SOSIALISASI PERATURAN KAPOLRI KITA WUJUDKAN PENYIDIK YANG BERMORAL, PROFESIONAL, MODERN, TRANSPARAN, AKUNTABEL DAN PATUH HUKUM".

 
    DARI TEMA SOSIALISASI PERKAP TERSEBUT, ADA DUA VARIABEL YANG SANGAT PENTING, YAITU VARIABEL PERTAMA PELAKSANAAN SOSIALISASI PERKAP YANG BERKAITAN DENGAN TUGAS –TUGAS PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA, SEDANGKAN VARIABEL YANG KEDUA ADALAH PROSES PENYIDIKAN YANG DILAKUKAN OLEH PENYIDIK BERDASARKAN ETIKA, MORAL, PROFESIONAL MODERN, TRANSPARAN, AKUNTABEL DAN PATUH HUKUM, BERANGKAT DARI PEMAHAMAN TERHADAP KEDUA VARIABEL INI, SEBENARNYA ADA DUA HAL YANG INGIN KITA CAPAI, PERTAMA YAITU POLA PIKIR DAN PRILAKU PENYIDIK YANG MELAKUKAN TUGAS PENYIDIKAN DAN YANG KEDUA ADALAH PERUBAHAN PERAN PELAYANAN FUNGSI RESERSE KEARAH YANG PRIMA SERTA BISA MEMBERIKAN KEPASTIAN HUKUM.

 
    DALAM RANGKA AKSELERASI PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOBA, DIPERLUKAN KEWASPADAAN, KESIAPSIAGAAN DAN KETERPADUAN DALAM PENEGAKAN HUKUM SEHUBUNGAN DENGAN DINAMIKA DI LAPANGAN YANG TERUS BERKEMBANG.KECANGGIHAN DAN KEULETAN DARI JARINGAN PENGEDAR TERUS BERKEMBANG SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT. HAL INI BISA DIRASAKAN BAHWA DAERAH KALIMANTAN SELATAN AWALNYA HANYA SEBAGAI PINTU GERBANG UNTUK TRANSIT, NAMUN SEKARANG SUDAH BERKEMBANG MENJADI DAERAH TUJUAN JARINGAN PENGEDAR NARKOBA SKALA NASIONAL, BAHKAN AKA MENINGKAT MENJADI JARINGAN MAFIA INTERNASIONAL, APABILA HAL INI TIDAK DITANGANI SECARA KOMPREHENSIF.

 
    MELIHAT FENOMENA TERSEBUT, DIPERLUKAN PERAN SERTA AKTIF DAM KOMITMEN SELURUH UNSUR PENEGAK HUKUM DAN DIHARAPKAN TERCIPTANY SUATU SISTEM PERTAHANAN TERHADAP BERBAGAI PERMASALAHAN YANG DITIMBULKAN OLEH NARKOBA. SOSIALISASI PERKAP BIDANG RESERSE KALI INI ADALAH MOMENTUM YANG TEPAT UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA PENYIDIK KE ARAH YANG YANG LEBIH BAIK DAN SEJALAN DENGAN PROGRAM PEMERINTAH DAN HARAPAN MASYARAKAT DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALIMANTAN SELATAN.

 
    KEPADA SELURUH PESERTA SOSIALISASI PERKAP BIDANG RESERSE SAYA MENHHARAPKAN KESEMPATAN INI BENAR-BENAR DAPAT DIMANFAATKAN PEMAHAMAN, SEBAIK-BAIKNYA, UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN, BERDISKUSI DAN SALING TUKAR-MENUKAR INFORMASI, DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA INDIVIDU, TIM MAUPUN SATUAN. PADA KESEMPATAN INI PULA SAYA MENYAMPAIKAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA TASA BERBAGAIM PRESTASI DALAM PENGUNGKAPAN BERBAGAI KASUS NARKOBA SELAMA INI DAN TERIMA KASIH JUGA KEPADA SELURUH PANITIA ATAS KERJA KERSNYA DALAM PENYELENGGARAAN SOSIALISASI INI.

 
PERLU UNTUK DIKETAHUI DAN DILAKSANAKAN
OLEH SETIAP PERSONEL POLRI
-----O-----
PENSAT

 

Label:

PENSAT BULAN AGUSTUS MINGGU KE 2

Posted by Ikhsan Ntd at




PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 
    
 


 
AMANAT
KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL
UPACARA BENDERA BULANAN
HARI SENIN TANGGAL 18 JULI 2011

 
NOMOR : /VIII/2011/PENSAT

 

 
    MENGAWALI AMANAT INI, SAYA SELAKU KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA SELURUH PERSONEL POLRI POLDA KALSEL DAN JAJARAN YANG TELAH SUKSES MELAKSANAKAN PERINGATAN HARI BHAYANGKARA KE-65. SEMOGA DI USIA YANG KE-65 INI KITA DAPAT LEBIH MENINGKATKAN PELAYANAN, PERLINDUNGAN DAN PENGAYOMAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN PENUH KESUNGGUHAN, KETEGUHAN, KEIKHLASAN DAN PENGABDIAN TERBAIK KEPADA MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA YANG KITA CINTAI.

 
    SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BAHWA DEWASA INI KITA DIHADAPKAN KEPADA GEJALA MENINGKATNYA RADIKALISME, TERORISME DAN KEKERASAN HORIZONTAL DIKALANGAN MASYARAKAT, BAHKAN SEBAGIAN ADA YANG TELAH BERANI MELAKUKAN AKSI PENYERANGAN TERHADAP ANGGOTA POLRI YANG SEDANG MENGEMBAN TUGAS NEGARA.

 
    KENYATAAN INI MERUPAKAN PERINGATAN AGAR JAJARAN KEPOLISIAN TETAP SIAP-SIAGA TERHADAP BERBAGAI KEMUNGKINAN YANG AKAN TERJADI. JIKA TIDAK DITANGANI SECARA KOMPREHENSIF DAN SINERGIS, MAKA KEAMANAN DALAM NEGERI DAPAT MANJADI ANCAMAN SERIUS, KITA TIDAK BOLEH LENGAH, TINGKATKAN KEWASPADAAN, JANGAN SAMPAI TERJADI KEHILANGAN RASA AMAN DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT APALAGI MENJELANG KEGIATAN HARI JADI PROPINSI KALIMANATAN SELATAN DAN KEGIATAN HARI PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE- 66 TAHUN 2011 MENDATANG. DITAMBAH LAGI SELURUH UMAT MUSLIM DI TANAH AIR DALAM WAKTU DEKAT AKAN MELAKSANAKAN IBADAH PUASA DI BULAN RAMADHAN.

 
    KITA MENYEDARI BAHWA TUGAS MENANGGULANGI GANGGUAN KAMTIBMAS BUKANLAH TUGAS YANG RINGAN, SERTA TANTANGAN TUGAS YANG DIHADAPI POLRI TIDAKLAH DAPAT KITA SELESAIKAN SENDIRI. HAL INI MENUNTUT JAJARAN POLRI UNTUK MELAKUKAN KERJASAMA SECARA SINERGIS DAN KEMITRAAN DENGAN SELURUH KELOMPOK MASYARAKAT MAUPUN PEMANGKU

KEPENTINGAN LAINNYA UNTUK MENGELIMINASI BERBAGAI PERMASALAHAN, SEHINGGA DAPAT MENEKAN TERJADINYA GANGGUAN KAMTIBMAS.

 
    PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBMAS JUGA TURUT MEWARNAI PELAKSANAAN TUGAS KITA DI POLDA KALSEL. BERDASARKAN HASIL ANALISA DAN EVALUASI PADA SEMESTER II TAHUN 2010 TELAH TERJADI TINDAK PIDANA SEBANYAK 3.250 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN PERKARA SEBANYAK 2.071 KASUS ATAU 62,62 % BILA DIBANDINGKAN DENGAN SEMESTER I TAHUN 2011, MAKA JUMLAH TINDAK PIDANA MENGALAMI KENAIKAN SEBANYAK 343 KASUS DIMANA PADA SEMESTER I TAHUN 2011 TELAH TERJADI TINDAK PIDANA SEBANYAK 3.593 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN PERKARA SEBANYAK 2.329 KASUS ATAU 64,82 %.

 
    SEMENTARA ITU, TREND KEJADIAN LAKA LANTAS DI JAJARAN POLDA KALSEL PADA SEMESTER II TAHUN 2010 TELAH TERJADI LAKA LANTAS SEBANYAK 330 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN PERKARA SEBANYAK 219 KSUS ATAU 66,36 %. APABILA DIBANDINGANKAN DENGA SEMESTER I TAHUN 2011 JUMLAH LAKA LANTAS MENGALAMI PENURUNAN SEBANYAK 24 KASUS DIMANA PADA SEMESTER I TAHUN 2011 TELAH TERJADI LAKA LANTAS SEBANYAK 306 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENELESAIAN PERKARA SEBANYAK 201 KASUS ATAU 66 %. SEDANGKAN JUMLAH PELANGGARAN LALU LINTAS MENGALAMI PENINGKATAN SEBANYAK 10.062 KASUS DARI 14.240 KASUS PADA SEMESTER II TAHUN 2010 NAIK MENJADI 24.240 KASUS PADA SEMESTERI TAHUN 2011. MENINGKATNYA ANGKA PELANGGARAN LALU LINTAS INI SANGAT TERGANTUNG DARI KEAKTIFAN DARI JAJARAN DIREKTORAT LALU LINTAS DALAM MELAKSANAKAN RAZIA DAN PENNDAKAN DILAPANGAN.

 
    KITA MENYADARI TUGAS MENANGGULANGI GANGGUAN KAMTIBMAS, TERMASUK MEWUJUDKAN KAMSELTIBCAR LANTAS BUKANLAH TUGAS YANG RINGAN, NAMUN SAYA KEMBALI MENGINGATKAN KEPADA SELURUH ANGGOTA POLRI BAHWA SETIAP PEKERJAAN DAN JABATAN YANG KITA EMBAN MERUPAKAN SUATU AMANAH. OLEH KARENA ITU, LAKSANAKAN DAN TUNAIKANLAH AMANAH TERSEBUT DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN RASA PENUH TANGGUNG JAWAB, JUNJ8NG TINGGI KEPRIBADIAN, ETIKA KELEMBAGAAN, ETIKA KENEGARAAN DAN ETIKA HUBUNGANDENGAN MASYARAKAT YANG MERUPAKAN KRISTALISASI DARI NILAI-NILAI PANCASILA, TRI BRATA DAN CATUR PRASETYA.

 

 
PERLU UNTUK DIKETAHUI, DIPAHAMI DAN DILAKSANAKAN
OLEH SETIAP PERSONEL POLRI
----- 0 -----
PENSAT

 

 

 


 

Label:

PENSAT BULAN AGUSTUS MINGGU KE 1

Posted by Ikhsan Ntd at

PENERANGAN KESATUAN
DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

    

MENINGKATNYA ESKALASI GANGGUAN KAMTIBMAS

NOMOR : /VIII/2011/PENSAT

    MENINGKATNY ESKALASI GANGGUAN KAMTIBMAS TERUTAMA KASUS DITEMANGGUNG DAM KASUS DIPANDEGLANG. HASIL RAPAT PEJABAT UTAMA POLRI YANG DIPIMPIN OLEH KAPOLRI DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN GANGGUAN KAMTIBMAS DAN ESKALASI POLITIK ADALAH :

  1. TERJADI PENEMBAKAN ANGGOTA POLRI DIDEPAN BANK BCA PALU SULAWESI TENGAH.
  2. PENEMBAKAN ANGGOTA POLRI DIDEPAN ALFAMART BEKASI JAWA BARAT.
  3. PENEMBAKAN OLEH ORANG TIDAK DIKENAL ARAH MAKO POLRES POSO.
  4. DALAM RANGKA PENGAMANAN SIDANG ABU BAKAR BA'ASYIR TANGGAL 10 JUNI 2011 DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN.

KAPOLDA AGAR MEMERINTAHKAN PARA DIR LANTAS, BERDASARKAN HASIL DETEKSI INTELIJEN, ANALISA DAN EVALUASI SERTA MENINGKATNYA GANGGUAN KAMTIBMAS TERUTAMA KEJADIAN KONFLIK HORISONTAL DI TEMANGGUNG JAWA TENGAH DAN DI KECAMATAN CIKEUSIK PANDEGLANG BANTEN, INDIKASINYA KEJADIAN TERSEBUT DIKONDISIKAN OLEH KELOMPOK KEPENTINGAN TERTENTU YANG MENGHENDAKI TERGANGGUNYA STABILITAS POLITIK DI NEGARA REPUBLIK INDONESIA. OLEH KARENA ITU AGAR DIR LANTAS POLDA JATIM POLDA JATENG, DIR LANTAS POLDA DIY, DIR LANTAS POLDA JABAR, DIR LANTAS POLDA METRO JAYA DAN JALUR BARAT YAITU DIR LANTAS POLDA BANTEN, DIR LANTAS LAMPUNG MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH DENGAN PEDOMAN :

  1. MELAKSANAKAN KOORDINASI DENGAN DIRJEN INTEL POLDA SETEMPAT UNTUK MENDETEKSI GEJALA DAN KEMUNGKINAN KONSENTRASI MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN DIMOBILISASI DALAM PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR DI JAKARTA.

  2. MEMBENTUK STRONG POINT DIBEBERAPA TITIK PADA JALUR PANTURA, DIMANA JALUR SELATAN DAN JALUR LAIN YANG KEMUNGKINAN AKAN DILALUI OLEH MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU MENUJU JAKARTA UNTUK MEMBERIKAN DUKUNGAN DALAM PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR.

  3. PADA STRONG POINT YANG DIBENTUK DITEMPAT-TEMPAT STRATEGI AGAR DIISI PERSONIL GABUNGAN ANTARA ANGGOTA LANTAS DAN PERSONIL KEPOLISIAN LAINNYA.

  4. MENINGKATKAN GIAT PATROLI TERUTAMA PADA KANTONG-KANTONG MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN MELAKUKAN PERGERAKAN UNTUK MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL DI PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR.

     
  5. MELAKUKAN MAPPING KEMUNGKINAN KONSENTRASI MASSA DAN PENEMPATAN STRONG POINT PADA MASING-MASING JALUR SEHINGGA MEMPERMUDAH UNTUK MENGANTISIPASI SETIAP KEMUNGKINAN KEJADIAN GANGGUAN KAMTIBMAS SEBAGAI AKIBAT DARI KONSENTRASI MASSA TERTENTU.

     
  6. AGAR PARA DIR LANTAS MEMBUAT POSKO PEMANTAU DENGAN TUGAS MELAKUKAN MON0TORING DAN ANTISIPASISERTA MELAPORKAN SETIAP DINAMIKA TERBENTUKNYA KUMPULAN MASSA YANG AKAN BERGERAK MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL BAGI PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR. ATAU ANTISIPASI TERJADINYA KONFLIK HORISONTAL ANTAR AGAMA.

     
  7. AGAR PARA DIR LANTAS MEMBERIKAN PETUNJUK DAN ARAHAN YANG JELAS KEPADA SETIAP ANGGOTA YANG BERTUGAS DILAPORKAN SUPAYA TIDAK TERNAJI PEMICU KEMUNGKINAN TERJADINYA KONFLIK ANTARA APARAT DENGAN MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN MELAKUKAN PERGERAKAN UNTUK MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL DI PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR.

     
  8. AGAR SETIAP POS LANTAS DALAM PELAKSANAAN PEMANTAUAN MENAMBAH KEKUATAN DAN MELIBATKAN FUNGSI KEPOLISIAN TERKAIT SERTA MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN.

     
  9. SELALU BERKOORDINASI DENGAN FUNGSI KEPOLISIAN TERKAIT PADA SAAT PELAKSANAAN PATROLI GABUNGAN.

     
APABILA DITEMUKAN KASUS YANG MENONJOL BERKAITAN DENGAN YANG DITEMUI DILAPANGAN AGAR MELAPORKAN KEPADA KAKORLANTAS PADA KESEMPATAN PERTAMA. PARA DIR LANTAS MELAPORKAN SETIAP PERKEMBANGAN SITUASI DAN PERKEMBANGAN MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL DALAM PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR SECARA BERJENJANG DARI TINGKAT KANIT, POLSEK, KASAT LANTAS, POLRES/TA/BES SAMPAI DIR LANTAS POLDA DAN MELAPORKAN KEKAKORLANTAS POLRI. SURAT INI BERSIFAT SEBAGAI ARAHAN UNTUK DILAKSANAKAN PENJABARAN LANGKAH-LANGKAH KONKRIT YANG BISA DILAKUKAN OLEH FUNGSI LALU LINTAS UNTUK PENCEGAHAN TERJADINYA KONFLIK HORISONTAL ANTAR KELOMPOK AGAMA.

Label:

PENSAT BULAN AGUSTUS MINGGU KE 4

Posted by Ikhsan Ntd at




PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 

 


SAMBUTAN
KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL
PERINGATAN NUZULUL QUR'AN
DI MASJID AL-MUHTADIN POLDA KALSEL

 
NOMOR :      /VIII/2011/PENSAT

 
    PADA PAGI INI KITA BERSAMA-SAMA MEMPERINGATI NUZULUL QUR'AN (MALAM TURUNNYA AL-QUR'AN KEPADA NABI MUHAMMAD SAW) DENGAN HARAPAN AGAR DAPAT MENGINGATKAN KEMBALI TENTANG KEAGUNGAN AL-QUR'AN SEBAGAI KITAB SUCI UMAT ISLAM. DISAMPING ITU, KITA SEBAGAI ANAK BANGSA BERSAMA-SAMA MENSYUKURI MOMENTUM PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA YANG KE-66, SEMOGA KITA MAMPU MEWARISI NILAI-NILAI PATRIOTISME YANG TELAH DICONTOHKAN OLEH PARA PENDAHULU DAN PARA PAHLAWAN KITA UNTUK MEREBUT KEMERDEKAAN, KITA ISI KEMERDEKAAN INI DENGAN SENANTIASA MENINGKATKAN SEMANGAT NASIONALISME DAN CINTA TANAH AIR SESUAI DENGAN KAPASITAS DAN PROFESI KITA SELAKU INSAN BHAYANGKARA YANG SENANTIASA MEMILIKI DEDIKASI YANG TINGGI TERHADAP TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SESUAI FUNGSINYA MASING-MASING.

 
    SEBAGAI SEORANG MUSLIM, KITA DITUNTUT MEYAKINI DENGAN SEPENUHNYA TENTANG KEBENARAN AL-QUR,AN SEBAGAI WAHYU (KALAM) ALLAH SWT YANG MERUPAKAN SALAH SATU MU'JIZAT NABI MUHAMMAD SAW. DIMANA MEMBACANYA ADALAH BAGIAN DARI IBADAH YANG AKAN BERNILAI PAHALA DI SISI ALLAH SWT.DIMANA IA BUKAN HANYA SEBAGAI BACAAN DAN PEDOMAN HIDUP, AKAN TETAPI JUGA MEMILIKI ASPEK TERAPI BAGI KESEHATAN LAHIR DAN BATHIN SERTA RAHMAT BAGI ORANG-ORANG YANG BERIMAN.
    
    MANUSIA DICIPTAKAN ALLAH SWT DALAM TIGA DIMENSI YAITU DIMENSI JASAD, DIMENSI AKAL DAN DIMENSI ROH, SETIAP DIMENSI ITU HARUS DIJAGA KESTABILANNYA SECARA SEIMBANG DAN TERUS MENERUS. SALAH SATU KEGIATAN UNTUK MENJAGA STABILITAS JASAD ADALAH MAKAN SECARA SEIMBANG. SEDANGKAN UNTUK MENJAGA STABILITAS AKAL DIANTARANYA DENGAN MEMBACA SEGALA ILMU PENGETAHUAN SECARA TERUS-MERUS.

 
    ADAPUN UNTUK MENJAGA STABILITAS ROHANI, DIANTARANYA DENGAN MELAKUKAN INTERAKSI DENGA SUMBER UTAMA KETENTRAMAN ROHANI YAITU AL-QUR'AN. INTERAKSI DENGAN AL-QUR'AN DALAM MENJAGA STABILITAS ROHANI DAPAT BERUPA KEGIATAN MEMBACA DAN JUGA MENGHAFALKANNYA DENGAN PENGUASAAN YANG BAIK TENTANG HUKUM-HUKUM TAJWID DAN KOMITMEN HARIAN DENGAN WIRID-WIRID DARI KANDUNGANNYA.

 
    ADA BERBAGAI KEUTAMAAN AL-QUR'AN DALAM MENJAGA STABILITAS ROHANI, DIANTARANYA ADALAH AL-QUR'AN DAPAT MENGENAL MANUASIA KEPADA TUNTUTAN YANG HARUS DILAKUKANNYA, MEMBANGKITKAN BERBAGAI NILAI UNTUK MEMBANGKITKAN BERBAGAI NILAI UNTUK PEMBERSIH JIWA, MENERANGKAN HATI, MENGINGATKANNYA, MENYEMPURNAKAN FUNGSI SYARIAT DALAM MENCAPAI PENGHAMBAAN KEPADA ALLAH SWT.

 
    SEBELUM SAYA AKHIRI SAMBUTAN INI, SAYA INGIN MENYAMPAIKAN BEBERAPA PESAN YANG MUDAH-MUDAHAN BERGUNA BAGI KITA SEMUA YAITU :

 
  1. MARI KITA MEMBIASAKAN DIRI UNTUK MEMBACA, MENELAAH DAN MEMAHAMI KANDUNGAN AL-QUR'AN, SEBAB IA ADALAH PEDOMAN DAN PETUNJUK HIDUP KITA, SEBAGAIMANA RASULULLAH SAW BERSABDA :
    "AKU WARISKAN KEPADA KALIAN DUA BUAH PUSAKA YANG APABILA KALIAN SENANTIASA BERPEGANG TEGUH KEPADA KEDUANYA, MAKA NISCAYA TIDAK AKAN PERNAH TERSESAT, YAITU AL-QUR'AN DAN HADITS RASULULLAH SAW "

 
  1. SEBAGAI ANGGOTA POLRI, MARI KITA KAWAL PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS KITA SESUAI FUNGSI MASING-MASING DENGAN SENANTIASA MEMBINA KUALITAS KEIMANAN DAN KETAQWAAN MELALUI PENDEKATAN DIRI KEPADA ALLAH SWT, DENGAN MEMANTAPKAN PELAKSANAAN IBADAH SHALAT, PUASA, ZAKAT DAN HAJI SEBAGAI IMPLEMENTASI IBADAH MAHDHOH ( HABLUM MINALLAH ). DISAMPING PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS POLRI SELAKU PELINDUNG, PENGAYOM, PELAYAN MASYARAKAT DAN SELAKU APARAT PENEGAK HUKUM SECARA MAKSIMAL SEABAGAI IMPLEMENTASI IBADAH GHORI MAHDHOH (HABLUM MINANNAS).

 
  1. MARI KITA TINGKATKAN DEDIKASI DAN LOYALITAS TERHADAP TUGAS-TUGAS POLRI YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI MEWARISI NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN NASIONALISME SERTA CINTA TANAH AIR RASULULLAH BERSABDA : "CINTA TANAH AIR ADALAH BAGIAN DARI IMAN"

     
SEBELUM SAYA AKHIRI SAMBUTAN INI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH YANG TAK TERHINGGA KEPADA BAPAK KH. ABDURRAHMAN YANG TELAH MELUANGKAN WAKTU UNTUK MEMBERIKAN TAUSIYAH HIKMAH NUZULUL QUR'AN PADA KESEMPATAN PAGI HARI INI. SEMOGA KEBAIKAN INI DIBALAS ALLAH SWT DENGAN PAHALA BERLIPAT GANDA, DAN KEPADA SEGENAP KELUARGA BESAR POLRI POLDA KALSEL TIDAK LUPA SAYA MENGUCAPKAN, "SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1432 H DAN SELAMAT MEMPERINGATI NUZULUL QUR'AN".

 
PERLU UNTUK DIKETAHUI DAN DILAKSANAKAN
OLEH SETIAP PERSONEL POLRI
….. 0 …..
PENSAT

Label: