Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

POLDA KALIMANTAN SELATAN


POLDA KALIMANTAN SELATAN

Video

Kapolda Kalsel

SMS (Sweet Memory Song)

Posted by Ikhsan Ntd at Sunday, February 27, 2011



Banjarmasin, Jumat (25/2) malam di rumah makan lima rasa km 3 Banjarmasin Anggota polwan SDM Mabes Polri, Ibu Bhayangkari jajaran Polda Kalsel beserta keluarga dan Polwan jajaran Polda Kalsel yang turut berhadir anggota DPR dan Pemda Banjarmasin melaksanaakan makan malam bersama. berjumlah kurang lebih 70 orang dalam acara ini. Dalam acara tersebut disiarakan oleh Banjar TV dalam acara SMS (Sweet Memory Song) dengan pembawa acara Peter lantu kerja sama dengan rumah makan 5 rasa, Roberta cake, advis media, bhayangkari dan shopie martin. Dalam acara mempersembahkan lagu-lagu lama, lagu khas banjar dan menampilakan model dengan baju dan tas dari shopie martin. Akhir acara SMS dengan pemberian door price dari pimpinan banjar tv bapak Johnson Marzuki kepada para pemenang nomor undian  yang beruntung.







Label:

JENDELA WANITA (Upaya menekan Penyalahgunaan Narkoba)

Posted by Ikhsan Ntd at



Jendela Wanita adalah acara stasiun TVRI Banjarmasin yang dilaksanakan penghujung bulan. Dalam Program kali ini dengan topik upaya menekan peredaran narkoba pada jumat  (25/2) malam  sebagai pembawa acara ratna sari dewi dengan nara sumber wanita Ibu Marhaeni MSi BNP Kalimantan selatan juga wakil ketua Bhayangkari daerah kalimantan selatan dan juga sebagai Istri Wakapolda Kalsel Kombes Pol saput MSi. Nara Sumber kedua Ibu Raydawati.

tuturan Ibu Marhaeni Msi bahwa dengan menekan penyalahgunaan narkoba dengan memberikan advokasi tentang peredaran narkoba di indonesia baik di sekolah di tempat kerja di kampung-kampung. kegiatan penyegahan tidak harus sebelummnya dan juga sudah pernah mencoba dengan penyegahan dengan supaya jangan melakukan lagi atau mendalami lagi, bagi yang belum pernah kita lakukan kita cegah bagaimana supaya dia tidak mengenal. Sebenarnya mengenal boleh saja tapi tidak di salah gunakan.

Ibu Raidawati adalah salah satu mantan menggunakan narkoba, tuturnya bahwa dalam menggunakan narkoba dari pergaulan, lingkungan dan ajak teman untuk menggunakan narkoba. awal mula menggunakan narkoba dengan belajar atau melihat teman. dari penggunaan narkoba bawaannya hepi.
program pencegahan yang melibatkan keluarga, sekolah, masyarakat, dan media efektif dalam mengurangi penyalahgunaan narkoba. Walaupun banyak peristiwa dan faktor-faktor budaya mempengaruhi kecenderungan penyalahgunaan obat, ketika pemuda menganggap penyalahgunaan narkoba sebagai berbahaya, mereka mengurangi mengambil obat. Hal ini diperlukan, karena itu, untuk membantu pemuda dan masyarakat umum untuk memahami risiko penyalahgunaan obat dan untuk guru, orangtua, dan profesional kesehatan untuk tetap mengirimkan pesan bahwa kecanduan narkoba dapat dicegah jika seseorang tidak pernah menyalahgunakan narkoba.

Label:

SOSIALISASI PELAYANAN HAK-HAK ANGGOTA POLRI DAN PNS DI POLDA KALSEL

Posted by Ikhsan Ntd at Friday, February 25, 2011

Polda Kalsel, jumat(25/2) bertempat di Aula Bhayangkara dilaksanakan sosialisasi pelayanan hak-hak anggota polri dan pns dari anggota polwan SDM Mabes Polri, dihadiri perwakilan satker Polda dan satwil jajaran Polda Kalsel baik pns dan anggota polri. Anggota Polwan dari SDM Mabes Polri yang berkunjung ke bumi lambung mangkurat berjumlah 13 orang dengan rincian :
  1.  Kombes Pol Nur'afiah
  2.  Kombes Pol Wismeri
  3. Kombes Pol Anida
  4. Akbp Suprihatin
  5. Akbp Resmiati
  6. Akbp Sumarsih
  7. Akbp Kristina
  8. Akbp Hartati
  9. Akbp Mugiyem
  10. Akbp Sri Wahyuni
  11. Kompol Fergunan
  12. Kompol Retno
  13. Kompol Linda
Yang Disosialisasikan Dari SDM Mabes Polri 
HAK-HAK ANGGOTA POLRI PP NOMOR 42 TAHUN  2010 HAK-HAK ANGGOT POLRI
1. Cuti
   Dasar:SKEP KAPOLRI NOPOL:1005/XII/2004/ TGL. 20-12-2004 TTG  Pedoman tata Cara Pengajuan Dan Pemberian  Ijin dan Cuti di Lingkungan Polri.
Jeni Cutia ada berbagi jenis yaitu cuti tahunan, sakit, karena alasan penting, diluar tanggungan negara,  keagamaan (haji,umroh, ziarah dll), Istimewa dan melahirkan.
adapun juga ijin keluar negeri dikarenakan dengan alasan hadiri undangan seminar dll, berobat, antar/jemput jenasa dan dampingi orang sakit, terakhir kepentingan pribadi.

2. Tanda Kehormatan (Tanhor)
proses penerbitan Tanhor
UU 20 th 2009 ttg gelar,  tanda jasa dan tanda kehormatan;
PP nomor 35 th 2010 ttg pelaksanaan UU no. 20 th 2009.
Bintang (Bhayangkara utama, Bhayangkara pratama, Bhayangkara nararya
Satyalancana (Pengabdian (polri 8/16/24/32 th & pns 10/20/30 th),Bhakti pendidikan,Jana utama,Ksatria bhayangkara,Karya bhakti,Operasi kepolisian,Bhakti buana, Bhakti nus, Bhakti purna,Darma nusa.)

3. Kenaikan gaji berkala
Skep kapolri no.pol.: skep/823/x/24/, tgl. 29 okt 2004 ttg pendelegasian wewenang dan tanggungjawab penerbitan administrasi mengenai skep gaji berkala & penyesuaian gaji pokok.
Perjalanan dinas mutasi
a.    Perkap nomor 4 thn 2008 ttg tata cara pengajuan jaldis mutasi;
b.    Skep/299/vii/2008

4. Penetapan status gugur/tewas bagi anggota polri yg md dlm tugas:
   Perkap nomor 22 thn 2007 ttg tata cara penetapan status gugur, tewas, hilang dan meninggal dunia biasa   dalam tugas bagi anggota polri.
5. penentuan tingkat & golongan cacat bagi anggota/pns polri .
6. bantuan uang muka kredit   pemilikan rumah (bum kpr)  skep menhan no : skep 72/ii/2002 tgl 4 feb 2002)
7. pelayanan hak-hak anggota yg  berkaitan dgn asuransi asabri.
  • Santunan asuransi (sa) 
  •  Santunan nilai tunai asuransi (snta)
  •  Santunan resiko kematian (srk) 
  •  Santunan  biaya pemakaman (sbp) 
  • Santunan  risiko kematian khusus (srkk) 
  • Santunan  cacat karena dinas (sckd) 
  • Santunan biaya pemakaman isteri/suami (sbpi/s) 
  • Santunan biaya pemakaman anak (sbpa)











Label:

ARAHAN KETUA KORPRI KEPADA PNS POLRI BARU

Posted by Ikhsan Ntd at Thursday, February 24, 2011



Polda Kalsel, Kamis (24/2) bertempat di ruang rapat Biro SDM Polda Kalsel Ketua Korpri Polda Kalsel  Drs.Hamsan memberikan arahan dan petunjuk bagi 15 PNS Polri dilingkup Polda Kalsel dengan rincian pria 7 orang dan wanita 8 orang. Dalam rekruitmen PNS Polri dari jalur sarjana dan diploma.


Ketua Korpri Polda Kalsel dalam arahannya mengatakan, sebagai seorang PNS Polri harus memiliki profil PNS yang dimiliki oleh Polri, yakni PNS yang profesional, punya pengetahuan, keterampilan, sikap perilaku yang baik, yang disemangati rasa pengabdian, loyalitas, disiplin dan inovatif.
Hendaknya Ilmu yang diperoleh di lembaga pendidikan yang sesuai kualifikasi pendidikan agar diaplikasikan dengan bekerja sebaik-baiknya, sesuai kebutuhan organisasi Polri yang menuntut keahlian, kinerja yang baik, untuk kepentingan organisasi Polri khusus Polda Kalsel.

Label:

PERAN KEPOLISIAN DALAM MENGATASI KEJAHATAN REMAJA BEKERJA BEKERJA SAMA DENGAN NIRWANA FM

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Wednesday, February 23, 2011

Banjarmasin, Siang (23/2) sekitar pukul 12.00 wita Kabid Humas Akbp Edi Ciptianto Msi melakukan siaran di stasiun Radio Nirwana 99.2 FM yang mana dalam siaran tersebut berlangsung 1 jam dalam membahasan "Peran Polisi dalam mengatasi kejahatan remaja". Kerjasama ini untuk menjalin kemitraan dalam peningkatan pelayanan kepolisian pada masyarakat melalui siaran radio.

Polisi dalam mengatasi kenakalan ini melalui polmas yang ada di Polres-polres setempat dengan penyuluhan ke sekolah-sekolah dengan berpakaian dinas, kegiatan penyuluhan ini merupakan agenda kegiatan  dalam upaya memberikan pemahaman kepada para pelajar  akan bahaya dari narkoba erat kaitannya dengan kenakalan remaja, dan lebih banyak disebabkan oleh masalah keluarga. Keluarga yang bermasalah memiliki potensi yang besar dalam membentuk watak remaja. Faktor keluarga inilah, Artinya, peran orang tua sangat menentukan sekali..
Kenakalan dikalangan remaja kini tidak hanya sebatas tawuran atau perkelahian dikalangan pelajar, tetapi sudah menjurus kearah kriminalitas.Remaja yang tidak bias mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dari dua tingkah laku tersebut, namun tdak bisa mengembangkan control diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Factor Eksternal:
1) Keluarga.
Perceraian orang tua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga memicu perilaku negative pada remaja. Pendidikan yang salah di keluargapun, seperti selalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bias menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
2) Teman sebaya yang kurang baik
3) Komunitas atau lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.


Jenis-jenis Kenakalan Remaja

a. Penyalahgunaan Narkoba.
Salah satu kenakalan yang dilakukan remaja adalah penyalahgunaan narkotika yang tidak hanya dilakukuan oleh remaja yang berada diperkotaan. Remaja yang menggunakan narkotika pada awalnya bukanlah suatu tindak criminal. Namun, lambat laundampak penggunaan narkotika yang menyebabkan ketergantunganlah yang menyebabkan terjadinya tindak criminal. Karena sifatnya yang dapat miningkatkan dosis bagi pengguna, serta menyebabkan efek samping yang berlebihan. Remaja yang telah ketergantungan narkotika dengan tanpa sadar melakukan tindak criminal, seperti mencuri uang orangtua / teman, atau merampok untuk mendapatkan narkotika.
Ada beberapa penyabab atau alasan seseorang menyalahgunakan narkotika, yaitu:
a) Ingin mengurangi atau menghilangkan rasa takut.
b) Ingin menghilangkan rasa malu.
c) Ingin melupakan kesulitan masalah hidup sehari-hari.
d) Sekedar ingin coba-coba atau ikut-ikutan.

b. Tawuran antar pelajar.
Perkelahian atau tawuran antar pelajar merupakan salah satu bentuk tindakan criminal yan dilakukan oleh remaja. Tawuran berbeda dengan perkelahian yang dilakukan satu lawan satu. Perkelahian satu lawan satu tidak mendatangkan akibat luas. Pada beberapa bagian masyarakat dianggap sebagai lambing sportivitas.
Umumnya tawuran diawali dengan adanya konflik antara dua orang pelajar atau beberapa orang yang berlainan sekolah.
Tawuran merupakan masalah yang cukup serius karena peserta tawuran cendrung mengabaikan norma-norma yang ada, membabi buta, melibatkan korban yang tidak bersalah, serta merusak benda yang berada disekitarnya. Tawuran dapat mendatangkan penyimpangan lain seperti pengrusakan, penganiayaan bahkan pembunuhan.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kenakalan Remaja, bukan hanya polisi tp dari Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk mencapai identitas peran.Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi kelurga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif dan nyaman bagi remaja. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baikserta orang tua mengarahkan dengan siapa dengan dengan komunitas mana remaja harus bergaul.Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpngaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.Mempertimbangkan serta mematuhi peraturan yang berlaku.Dan Meningkatkan wawasan serta ilmu pengetahuan.

Label:

PELATIHAN DAN UJIAN SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG DAN JASA

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Monday, February 21, 2011



Banjarmasin, Senin (21/2) Polda Kalsel Menyelenggarakan pelatihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa di laksanakan di Hotel Batara jalan printis kemerdekaan Banjarmasin. Pelatihan tersebut di buka oleh Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Supdrojo ws dan pelatihan tersebut berlangsung selama 5 hari sampai sampai hari Jumat 25 Februari 2011.Untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah, saat ini telah diberlakukan perpres no. 54 tahun 2010 menggantikan kepres no. 80 tahun 2003.walaupun secara substansi tidak jauh berbeda dengan kepres no. 80 tahun 2003 akan tetapi ada perubahan dan perbaikan sehingga penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa dapat dilaksanakan secara efisien, efektif, transparan, tidak diskriminatif, bersaing secara terbuka, adil dan akuntabel.


Pelatihan dan ujian sertifikasi yang kita laksanakan saat ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para personel   polda  kalsel  dibidang  pengadaan barang dan jasa pemerintah, agar peserta mampu melaksanakan tugas dibidang pengadaan barang dan jasa sesuai dengan prinsip – prinsip dan etika yang berlaku guna mendapatkan barang dengan kualitas terbaik dan harga termurah.

Sampai saat ini personel polda kalsel yang memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang dan jasa jumlahnya masih terbatas sehingga dengan dilaksanakannya pelatihan dan ujian sertifikasi ini diharapkan personel polda kalsel yang memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa akan bertambah banyak sesuai kwalifikasi yang lebih tinggi.(chn)

Label:

VISI DAN MISI HUMAS POLRI

Posted by Ikhsan Ntd at Friday, February 18, 2011


VISI HUMAS POLRI

MENJADI PENJURU UNTUK MENDORONG DAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT SERTA OPINI PUBLIK GUNA MEWUJUDKAN CITRA POSITIF SESUAI VISI POLRI MELALUI KEMITRAAN DGN MEDIA DAN SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT


MISI HUMAS POLRI

  • BANGUN KEMAMPUAN PUBLIC RELATION ANGGOTA POLRI PADA UMUMNYA DAN PENGEMBAN FUNGSI HUMAS PADA KHUSUSNYA
  • BENTUK IKLIM HUMAS POLRI YG DUKUNG BIJAK SYSTEM, STRUKTUR, ANGGARAN DAN STANDARISASI SYSTEM HUMAS POLRI
  • BANGUN SARANA DAN PRASARANA HUMAS POLRI
  • BANGUN KEMITRAAN DAN KERMA DGN SEMUA KOMPONEN MASYARAKAT, KHUSUSNYA PARA PEMANGKU KEPENTINGAN

Label:

KAPOLDA PIMPIN PANTUHIR CASIS BRIGADIR POLRI TA 2011 POLDA KALSEL

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at

 

Polda Kalsel (18/2), Bertempat di Aula bhayangkara Polda Kalsel sebanyak 66 calon brigadir polisi lulus untuk memenuhi kuota penerimaan calon Brigadir Polisi Tahun Anggaran 2011 Polda Kalsel dalam supervisi. perinciannya 64 pria dan 2 wanita.












Kegiatan supervisi tersebut dipimpin oleh Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin MSi, didampingi oleh Wakapolda Kalsel Kombes Pol Saput MSi, Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Suprojo WS dan Karo SDM Kombes Pol Budi Siswanto bertempat di Aula bhayangkara. Dalam sidang tersebut hadir para pejabat utama Polda Kalsel, pengawas eksternal dari media dan LSM, di saksikan oleh tim dari pusdokes mabes polri Akbp DR. Hascaryanitmo Mars, SSDM Mabes Polri Akbp Erthel dan Para calon brigadir polisi yang berjumlah 79 orang serta para orang tua calon.Pada kegiatan supervisi tersebut gugur sebanyak 13 orang calon brigadir polisi yang semuanya pria.
 

















Dalam seleksi penerimaan yang berprinsip bersih, transfaran, akuntabel dan humanis tersebut. Awal dibuka pendaftaran Polda Kalsel sekitar 834 orang jumlah pendaftar pria sekitar 798 dan wanita 36.Sesuai dengan kuota yang ada bahwa untuk calon asal pengiriman Polda Kalsel , calon brigadir pria sebanyak 64 orang dan wanita sebanyak 2 orang. dengan perincian 10 orang pusdik Polair Jakarta , 10 orang Pusdik brimob Watukosek Jatim, 28 orang Pusdik Gasum Porong Jatim, 16 orang pendidikan Polmas di SPN Lido metro jaya, sedangkan untuk 2 peserta wanita dilaksanakan di Pusdik Polwan Ciputat Jakarta.












DAFTAR NAMA BRIGADIR POLISI YANG LULUS DAN MEMENUHI SYARAT
SUMBER : BAG DALPRES BIRO SDM POLDA KALSEL


PUSDIK POLAIR

No No Peserta NAMA
1 0089 RASTRA ADYTYAS SAPUTRA
2 0395 WAHYU SUPRIYATNO
3 0450 DEDI PRANOTO
4 0476 PONGKI TRI CAHYONO
5 0513 LUTHFI IKHWANI
6 0539 RAHMADDANI
7 0561 YOPIE MARGAREZA
8 0571 MUHAMMAD NIZAR
9 0579 SATRIA ARYA SAPUTRA
10 0750 ASKAR


PUSDIK BRIMOB

No NO.PESERTA NAMA
1 0034 RIKO PRATAMA
2 0147 SUPIANNOR
3 0190 ANDRI PARLIN MIYANTO
4 0309 MUHAMMAD FEBRIADI
5 0318 PUTU EKA NANDA                   
6 0324 I MADE WIRYAWAN SUARDHIKA
7 0354 ARYA SUNGGARA
8 0481 FEBRY ERWANDA
9 0535 M. IHSAN
10 0744 NUR SANDY PRADHANA


PUSDIK GASUM

NO NO.PESERTA NAMA
1 0017 HILMAWAN HARTANTO
2 0024 AZHARIA YAHYA
3 0027 RIAN SETIAWAN
4 0065 MUHAMMAD BUDIMAN
5 0121 M ROBBY INDRA SEPTHANA
6 0149 DIAN SAFARINGGA
7 0186 M. KAHFI RIFFANI
8 0189 HERYANTO WIDYA PRATAMA
9 0226 TONY PUTRA PRATAMA
10 0282 NAZAR IQRA KESUMA
11 0292 ADE DILIYANTO SOREMBO TIMORR
12 0323 MALYONO
13 0379 MUCHAMAD HERLAMBANG
14 0380 MUHAMMAD MAHALLI
15 0406 TEGUH FEBIANTO
16 0430 HAKIEM MUSTAQIEM
17 0439 TATAG SEPTIAN WIDIANTARA
18 0440 ALBERTINUS GANDA P BARUTU
19 0483 WISNU ANDHI LAZUARDI
20 0487 MUHAMMAD DESMAN ARABI
21 0495 FERI SUDIBYO
22 0505 DIAN ADE PUTRA
23 0543 FACHRURRIZA
24 0556 AULIA DWI PUTRA SYAHRI
25 0623 ROBBY
26 0631 M RAIS
27 0638 NUGROHO IBNU IBRAHIM
28 0674 MUHAMMAD RIDUANSYAH


POLMAS

No No Peserta NAMA
1 0054 M. RIZKI FADILLAH
2 0055 JOSSIA NOPINDO AMK
3 0094 ERWAN SUPIANNOR
4 0146 GUSTI ABDUL HALIM
5 0206 KINGKIN ARIBOWO
6 0217 AKHMAD RIDHOONI
7 0335 NOOR ANWARDIANSYAH
8 0389 ROY JULIUS LESILOLO
9 0416 WIN ARIFIN
10 0468 ARIF YULIANTO
11 0531 TRISNA ADITIA POETRA
12 0549 DWI MULYANTO
13 0644 SAPARDI
14 0655 GALIH SAPUTRA
15 0720 HERU PRASETIO LASMANTO
16 0745 MUHAMMAD ATHAILLAH


POLWAN

No No Peserta NAMA
1
ISMATARI
2
FARAH SOFIA

Label:

UPACARA BULAN FEBRUARI 2011 POLDA KALSEL

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Wednesday, February 16, 2011

Polda Kalsel, kamis (17/2) pagi, Lapangan polda kalsel melaksanakan Upacara bendera rutin tiap bulan diikuti anggota brimob, polair, lalu lintas, sabhara, reskrim, intel, narkoba dan anggota polri dan pns polda kalsel. Upacara bulanan ini di pimpin oleh Wakapolda kalsel Saput MSi. Pelaksana upacara kali ini oleh Sat Brimob Polda Kalsel.
Beberapa penyampaian dari wakapolda kalsel yaitu :
masalah Kamtibmas sepanjang bulan januari hingga minggu ketiga februari 2011 jajaran polda kalsel telah terjadi tindak pidana sebanyak 629 kasus pada bulan januari 2011 dengan kemampuan penyelesaian perkara sebanyak 357 kasus atau 59,62 % bila dibandingkan dengan blan desember 2010. Jumlah tindak pidana mengalami kenaikan sebanyak 88 kasus dimana pada bulan desember 2010 telah terjadi tindak pidana sebanyak 541 kasus dengan kemampuan penyelesaian perkara sebanyak 322 kasus atau  59,52 %.
Laka lantas pada bulan januari 2011 yang lalu telah terjadi sebanyak 56 kasus dengan penyelesaian perkara sebanyak 41 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 47 jiwa, korban luka berat 31 jiwa serta korban luga ringan 35 jiwa. Dimana pada bulan desember 2010 jumlah laka lantas mengalami peningkatan sebanyak 3 kasus dengan perincian laka lantas bulan desember 2010 sebanyak 58 kasus dengan penyelesaian 50 kasus dengan korban meninggal 58 jiwa, korban luka berat 47 jiwa dan korban luka ringan 25 jiwa.
Beberapa waku yang lalu situasi kalsel sempat mencekam dengan beberapa peristiwa diantaranya situasi mencekam di wilayah gua temuluang kotabaru dan kerusuhan yang terjadi di tabanio. Ini menyatakan kalimantan selatan ini memiliki potensi gangguan kamtibmas yang cukup kompleks.
Penyampaian wakapolda yang terakhir bahwa pada saat ini jajaran polda kalsel sedang menerima tim BPK RI dalam rangka pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan negara di polda kalsel.diharapkan dengan kerjasama ini dapat mendukung terciptanya penyelenggaraan organisasi polri yang bersih, transparan dan bebas KKN sejalan dengan harapan masyarakat bangsa dan negara yang menuntut penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan bebas KKN.

Label:

PENETAPAN KELULUSAN SEMENTARA BRIGADIR POLISI TA 2011TINGKAT POLDA KALSEL

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Tuesday, February 15, 2011

Banjarmasin, Senin (14/2) bertempat di aula Bhayangkara di hadiri Wakapolda Kalsel Kombes Pol Drs Saput MSi sebagai pembuka sidang penetapan kelulusan beserta jajaran pejabat Polda Kalsel. Termasuk para calon brigadir polisi didampingi orang tuanya masing-masing. Sebagai Penyelenggara sidang penetapan kelulusan sementara seleksi brigadir polisi ta 2011 tingkat panda (panitia daerah) polda kalsel Karo SDM Kombes Pol Budi Siswanto.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan kegiatan seleksi brigadir polisi TA 2011 dilakukan memaluli tahapan-tahapan, baik kegiatan pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, uji akademik, penelusuran mental kepribadian dan uji kemampuan jasmani. kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan secara tarnsparan, bersih, akuntabel dan humanis. Awal dibuka pendaftaran sekitar 834 orang pada sidang penetapan kelulusan sementara seleksi brigadir polisi ta 2011 berjumlah 79 orang terdiri dari 77 pria dan 2 wanita yang mana pada saat di lakukan rengking dari 83 orang tidak memenuhi syarat rengking berjumlah 4 orang pria.



Bagi calon brigadir polisi yang lulus nantinya direncanakan akan melaksanakan pendidikan selama 7 bulan pada lembaga pendidikan :
- Pusdik Sepolwan
- Pusdik Brimob
- Pusdik Pol Air
- Pusdik Gasum Porong
- SPN Mojokerto dan SPN Lido
Calon Brigadir Polisi berjumlah 79 orang selanjutnya mengikuti tes Pantohir (pantauan akhir) dari Mabes Polri.

Label:

SOSIALISASI XL KEPADA PERSONIL POLDA KALSEL "BENERAN 50 % LEBIH MURAH"

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Thursday, February 10, 2011

Banjarmasin, Polda kalsel dibuat heboh pada hari jumat (11/2) pagi di lapangan Polda kalsel setelah personil polda kalsel selesai melaksanakan senam pagi yang rutin di laksanakan pada hari itu dan adakan promo XL center dengan membagian kartu perdana XL secara gratis kepada personil Polda Kalsel.Dalam suasana Promo dari XL Center Personil Mapolda kalsel sambil menikmati minuman, bubur dan jus yang diberikan secara gratis.

XL pada saat ini merupakan penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan cakupan jaringan yang luas di seluruh wilayah Indonesia.Untuk mendukung layanan tersebut, XL beroperasi dengan teknologi GSM 900/DCS 1800 serta teknologi jaringan bergerak seluler sistem IMT-2000/3G. XL juga telah memperoleh Ijin Penyelenggaraan Jaringan Tetap Tertutup, Ijin Penyelenggaraan Jasa Akses Internet (Internet Services Provider/ISP), Ijin Penyelenggaraan Jasa Internet Teleponi untuk Keperluan Publik (Voice over  Internet Protocol/VoIP), dan Ijin Penyelenggaraan Jasa Interkoneksi Internet (“NAP”).



Disamping itu XL untuk lebih memeriahkan kegiatan di Polda Kalsel, XL menyelenggarakan sebuah lomba panco secara spontan dengan pemberian hadiah bagi pemenangnya. Hadiahnya berupa Hand Phone (HP), Baju Kaos  dan Payung dari XL bagi yang juara1 dan 2. Terakhir XL juga memberikan kejutan 1 undian berhadiah bagi yang mengisi pulsa voucher minimal 10.000 rupiah berupa sebuah baju kaos dan payung dari XL. Kegiatan promo XL dengan suasana santai dan gembira.(chn)

Label:

Calon Brigadir Polisi Uji Kesamaptaan Jasmani Semua Memenuhi Syarat

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at

Polda Kalsel, Kamis (9/2) Peserta Calon Brigadir Polisi 83 orang terdiri dari 81 pria dan 2 wanita semuannya memenuhi persyaratan dalam Tes kesampataan jasmani. Dalam Tes Kesamaptaan yang dilaksanakan di Stadiun Lambung Mangkurat diujikan hari selasa (8/2) pagi, bagi calon brigadir Polisi terdiri dari :
Tes Kesamaptaan jasmani untuk pria :
a.  Ujian Kesamaptaan “A” lari 12 menit



 
b.  Ujian Kesamaptaan “B” terdiri dari rangkaian ujian meliputi :
    1)  Pull up maksimal 1 menit.(Pria)
2)  Chinning (Modifikasi Pull up) maksimal 1 menit.(Wanita)
3)  Sit up maksimal 1 menit.
 
     4)  Push up maksimal 1 menit.

5)  Shutle run jarak 6 x 10 meter.






 Rabu (9/2) pagi di Kolam renang Hasanuddin HM Banjarmasin untuk tes renang 25 meter pria dan wanita.

Pengumuman Tes Kesamaptaan jasmanin siang harinya calon brigadir polisi di uji Keperibadian mentalnya di Aula Bhayangkari.dan tanggal 11 Februari 2011  Dilanjutkan pemeriksaan Administrasi Akhir di Polda Kalsel.

Label:

POLISI SAHABAT ANAK

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Wednesday, February 9, 2011

Duta Mall Banjarmasin (9/2), Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan, mengadakan kegiatan dengan mengenalkan anak-anak sejak dini terhadap pentingnya mengenal lalu lintas. Anak-anak mengikuti kegiatan adalah anak TK yang bersekolah di TK-TK Bhayangkari Polda Kalsel. Sebagai Ketua Kegiatan adalah Dir Lantas Polda Kalsel Kombes Pol.Endro Suharsono.Dalam Kegiatan Ini Personil yang terlibat kebanyakan Ibu-Ibu Polwan gabungan dari Dit Lantas Polda Kalsel sendiri, dibantu dari Ibu-Ibu Polwan Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru dan Polres Banjar.




anak-anak belajar berlalu lintas
Melalui Kegiatan Polisi Sahabat Anak, Kita Tanamkan Kejujuran dan Disiplin Sejak Dini.  Anak-anak dikenalkan rambu-rambu lalu lintas, mengendarai motor dengan benar sampai dengan pentingnya pemakaian helm. Untuk memahami tertib hidup bermasyarakat, maka sebaiknya sejak dini anak sudah dikenalkan dengan berbagai tata tertib hidup bermasyarakat, mulai dari tata tertib berlalulintas sampai pada tata tertib kehidupan bermasyarakat yang lebih luas. Karena dari usia dini ini kita tanamkan pada rambu-rambu dan masalah tertib lalulintas mereka nantinya akan semakin dewasa semakin mengerti dan semakin paham. Sehingga ketika dibangku SMP atau SMA mereka akan patuh terhadap aturan. Bukan seperti dulu dimana orang tua justru menanamkan image polisi sebagai sosok yang menakutkan.Dengan adanya program Polisi Sahabat Anak ini, akan hilang image miring terhadap sosok polisi. Justru sebaliknya, mereka akan menganggap polisi sebagai sahabat, kakak, dan orang tua mereka.  
Pemberiaan helm dari Dir Lantas Polda Kalsel




Label:

29 CALON BRIGADIR POLISI GAGAL UJI RIKKES HAP 2

Posted by BIDANG HUMAS POLDA KALSEL at Monday, February 7, 2011

Pemeriksaan kesehatan tahap 2 pada hari jumat, 4 Februari 20011 di RS Bhayangkara bertempat di Polresta Banjarmasin. Meliputi :
a. Pemeriksaan foto Toraks;
b. Pemeriksaan laboraturium:
c. urine lengkap
d. darah rutin
e. kimia darah
f.  Pemeriksaan tambahan (Plus), meliputi :
    1)  Pemeriksaan rekam jantung/ EKG
    2)  Pemeriksaan laboratorium tambahan :
        a)  Narkotika dan obat-obatan
        b)  imuno serologis
        c)  Kimia darah
        d)  Uji kehamilan (wanita)

Tidak Memenuhi Syarat tidak dapat diluluskan dengan pertimbangan apapun karena kelainan kesehatan yang dapat :
 a) Membahayakan dirinya;
 b) Menular/ merugikan lingkungan;   
 c) Menyebabkan gangguan fungsi disamping estetika kurang.
 
Banjarmasin, Senin 7 Januari 2011 telah diumumkan uji rikkes tahap ke 2 pada sore hari di Aula Bhayangkara, dari 111 orang dengan rincian 106 pria dan 5 wanita yang mengikuti tersisa 82 orang terdiri dari 80 pria dan 2 wanita untuk ujian selanjutnya. Yang tidak memenuhi persyaratan uji rikkes tahap 2 berjumlah 29 orang terdiri dari 26 pria dan 3 wanita.

Ujian selanjutnya yaitu Uji kesamaptaan Jasmani yang diikuti 82 orang yang dilaksanakan di lapangan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Label: