Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

PENSAT BULAN SEPTEMBER MINGGU KE 2

Posted by Ikhsan Ntd at 01 September 2011




PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 

 


SAMBUTAN
KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL
PADA SEMINAR TENTANG IMPLEMENTASI STRATEGI
PERPOLISIAN MASYARAKAT (POLMAS) HAK ASASI
MANUSIA (HAM) DAN GENDER
DALAM KONTEKS RENCANA AKSI NASIONAL HAK ASASI
MANUSIA (RANHAM)

 
NOMOR : 80 /IX /2011/PENSAT

 

 
     TUNTUTAN MASYARAKAT SAAT INI DAN KEDEPAN, TERHADAP APARAT KEPOLISIAN DIHARAPKAN MENGHORMATI, MEMAHAMI DAN MELAKSANAKAN HAM DISETIAP PELAKSANAAN TUGAS DIDALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT BAIK YANG BERSIFAT PREVENTIF MAUPUN REPRESIF (PENEGAKAN HUKUM). HAL TERSEBUT SEJALAN DENGAN AMANAT PASAL 4 UU NO. 2 TAHUN 2002 TENTANG KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA BAHWA : " KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA BERTUJUAN UNTUK MEWUJUDKAN KEAMANAN DALAM NEGERI YANG MELIPUTI TERPELIHARANYA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT, TERTIB DAN TEGAKNYA HUKUM, TERSELENGGARANYA PERLINDUNGAN, PENGAYOMAN DAN PELAYANAN MASYARAKAT DENGAN MENJUNJUNG TINGGI HAM.
    
    SECARA EKSTERNAL BERBAGAI KONVENSI HAK ASASI MANUSIA DAN UUD 1945 TELAH MELAHIRKAN UU RI NO 39 TAHUN 1999 TENTANG HAK ASASI MANUSIA YANG MENDORONG GERAKAN RENCANA AKSI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA ( RANHAM ), HAL-HAL TERSEBUT JUGA MEMOTIVASI INSTITUSI POLRI UNTUK MEMBENTUK KEPOLISIAN YANG LEBIH MENGHORMATI HAM, KARENA ITU DIBUATLAH BERBAGAI PERATURAN KAPOLRI SEBAGAI PEDOMAN DI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DIANTARANYA ADALAH PERATURAN KAPOLRI SEBAGAI PEDOMAN DI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DIANTARANYA ADALAH PERATURAN KAPOLRI NO 7 TAHUN 2008 TENTANG PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI DAN PERATURAN KAPOLRI NOMOR 8 TAHUN 2009 TENTANG IMPLEMENTASI PRINSIP DAN STANDAR HAK ASASI MANUSIA DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

 
    DENGAN TELAH DISYAHKANNYA PERATURAN KAPOLRI TERSEBUT, MAKA PERLU ADANYA SOSIALISASI DISELURUH JAJARAN POLDA KALSEL AGAR NANTINYA KITA MEMILIKI PEMAHAMAN DAN PERSEPSI YANG SAMA SERTA KESAMAAN POLA DAN TINDAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN DI LAPANGAN UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN-PELAYANAN YANG TERBAIK TERHADAP MASYARAKAT.

    PERLU DIPAHAMI BAHWA, POLMAS ADALAH PENYELENGGARAAN TUGAS KEPOLISIAN YANG MENDASARI KEPADA PEMAHAMAN BAHWA UNTUK MENCIPKAN KONDISI AMAN DAN TERTIB TIDAK MUNGKIN DILAKUKAN OLEH POLRI SEPIHAK, MELAINKAN HARUS DILAKUKAN BERSAMA DEGAN CARA MEMBERDAYAKAN WARGA MASYARAKAT MELALUI KEMITRAAN DENGAN POLRI, SEHINGGA MAMPU MENDETEKSI GEJALA-GEJALA YANG AKAN MENIMBULKAN PERMASALAHAN-PERMASALAHAN DIMASYARAKAT SERTA MAMPU MENDAPATKAN SOLUSI UNTUK MENYELESAIKAN PERASALAHAN- PERMASALAHAN TERSEBUT SEHINGGA TERCIPTA KEAMANAN SERTA KETERTIBAN DI LINGKUNGANNYA.

 
    UNTUK MEMUNGKINKAN TERBANGUNNYA KERJA SAMA YANG MENJADI TUJUAN PENERAPAN POLMAS DAN HAM MAKA SASARAN YANG HARUS DICAPAI ADALAH MEMBAGUN POLRI YAG DAPAT DIPERCAYA OLEH WARGA SETEMPAT DAN MEMBANGUN KOMUNITAS YANG SIAP BERKERJASAMA DENGA POLRI DALAM MENIADAKAN GANGGUAN TERHADAP KEAMANAN DAN KETERTIBAN SERTA MENCIPTAK KETENTRAMAN DILINGKUNGANNYA.

 
    POLRI YANG DAPAT DIPERCAYA TERCERMIN DARI SIKP DAN PRILAKU PERSONEL POLRI ITU SENDIRI, BAIK DALAM KEHISUPAN PRIBADI SEBAGAI BAGIAN DARI MKOMUNITAS MAUPUN DALAM PELAKSANAAN TUGAS MEREKA, YANG MENYADARI BAHWA WARGA KOMUNITAS ADALAH STAKEHOLDER KEPADA SIAPA MEREKA DITUNTUT UNTUK MENYAJIKAN PELAYANAN KEPOLISIAN SEBAGAIMANA MESTINYA. KOMUNITAS YANG SIAP BEKERJASAMA ADALAH KESATUAN KEHIDUPAN BERSAMA WARGA YANG MEMEHAMI DAN MENYADARI KEPENTINGAN TERCIPTANYA SITUASI KEAMANAN DAN KETERTIBAN UMUM SEBAGAI TANGGUNG JAWAB BERSAMA WARGA MASYARAKAT DENGAN POLRI.

 
    DALAM MEMBANGUN KELEMBAGAAN DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSONEL, POLDA KALSEL BEKERJASAMA DENGAN SALAH SATU LEMBAGA INTERNASIONAL YAITU INTERNASIONAL ORGANIZATION FOR MIGRATION (IOM) YANG TELAH MENDUKUNG REFORMASI KEPOLISIAN DENGAN MEMBERIKAN DUKUNGAN TEHNIS TERKAIT PENYEMPURNAAN KEBIJAKAN, PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN SERTA MEMFASILITASI PELATIHAN DISELURUH INDONESIA. SAAT INI, PROGRAM KEGIATAN YANG DILAKUKAN OLEH IOM ADALAH MENDUKUNG POLRI UNTUK MENGIMPLEMENTASI STRATEGI NASIONAL PEMOLISIAN MASYARAKAT, HAM DAN GENDER DALAM KONTEKS HAK ASASI MANUSIA, YANG DIBANGUN ATAS LANDASAN PENCAPAIAN DAN PELAJARAN YANG DIDAPAT, BERFOKUS PADA PELATIHAN DAN DISEMINASI INFORMASI YANG EKSTENSIF DALA HAL POLMAS, HAM DAN GENDER BAGI SEMUA ANGGOTA POLRI DARI SEMUA JENJANG KEPANGKATAN KHUSUSNYA DI POILDA KALSEL YANG MERUPAKAN SALAH SATU DARI 7 (TUJUH) DAERAH PILOT KERJASAMA.

 
    SAYA MENGAHARAPKAN KEGIATAN YANG SAAT INI DILAKSANAKAN DAPAT MEMBAWA MANFAAT BAGI KITA SELURUH JAJARAN POLDA KALSEL DAN SEMOGA ACARA INI DAPAT TERSELENGGARA DENGAN BAIK SERTA MENGHASILKAN SUATU PEMAHAMAN YANG SAMA TENTANG STRATEGI PEMOLISIAN MASYARAKAT (POLMAS), HAM DAN GENDER DALAM KONTEKS RENCANA AKSI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA (RANHAM).

 
PERLU UNTUK DIKETAHUI DAN DILAKSANAKAN
OLEH SETIAP PERSONEL POLRI
……0…..
PENSAT

Label:

0 komentar:

Posting Komentar