Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

PENSAT BULAN AGUSTUS MINGGU KE 1

Posted by Ikhsan Ntd at 01 Agustus 2011

PENERANGAN KESATUAN
DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

    

MENINGKATNYA ESKALASI GANGGUAN KAMTIBMAS

NOMOR : /VIII/2011/PENSAT

    MENINGKATNY ESKALASI GANGGUAN KAMTIBMAS TERUTAMA KASUS DITEMANGGUNG DAM KASUS DIPANDEGLANG. HASIL RAPAT PEJABAT UTAMA POLRI YANG DIPIMPIN OLEH KAPOLRI DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN GANGGUAN KAMTIBMAS DAN ESKALASI POLITIK ADALAH :

  1. TERJADI PENEMBAKAN ANGGOTA POLRI DIDEPAN BANK BCA PALU SULAWESI TENGAH.
  2. PENEMBAKAN ANGGOTA POLRI DIDEPAN ALFAMART BEKASI JAWA BARAT.
  3. PENEMBAKAN OLEH ORANG TIDAK DIKENAL ARAH MAKO POLRES POSO.
  4. DALAM RANGKA PENGAMANAN SIDANG ABU BAKAR BA'ASYIR TANGGAL 10 JUNI 2011 DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN.

KAPOLDA AGAR MEMERINTAHKAN PARA DIR LANTAS, BERDASARKAN HASIL DETEKSI INTELIJEN, ANALISA DAN EVALUASI SERTA MENINGKATNYA GANGGUAN KAMTIBMAS TERUTAMA KEJADIAN KONFLIK HORISONTAL DI TEMANGGUNG JAWA TENGAH DAN DI KECAMATAN CIKEUSIK PANDEGLANG BANTEN, INDIKASINYA KEJADIAN TERSEBUT DIKONDISIKAN OLEH KELOMPOK KEPENTINGAN TERTENTU YANG MENGHENDAKI TERGANGGUNYA STABILITAS POLITIK DI NEGARA REPUBLIK INDONESIA. OLEH KARENA ITU AGAR DIR LANTAS POLDA JATIM POLDA JATENG, DIR LANTAS POLDA DIY, DIR LANTAS POLDA JABAR, DIR LANTAS POLDA METRO JAYA DAN JALUR BARAT YAITU DIR LANTAS POLDA BANTEN, DIR LANTAS LAMPUNG MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH DENGAN PEDOMAN :

  1. MELAKSANAKAN KOORDINASI DENGAN DIRJEN INTEL POLDA SETEMPAT UNTUK MENDETEKSI GEJALA DAN KEMUNGKINAN KONSENTRASI MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN DIMOBILISASI DALAM PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR DI JAKARTA.

  2. MEMBENTUK STRONG POINT DIBEBERAPA TITIK PADA JALUR PANTURA, DIMANA JALUR SELATAN DAN JALUR LAIN YANG KEMUNGKINAN AKAN DILALUI OLEH MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU MENUJU JAKARTA UNTUK MEMBERIKAN DUKUNGAN DALAM PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR.

  3. PADA STRONG POINT YANG DIBENTUK DITEMPAT-TEMPAT STRATEGI AGAR DIISI PERSONIL GABUNGAN ANTARA ANGGOTA LANTAS DAN PERSONIL KEPOLISIAN LAINNYA.

  4. MENINGKATKAN GIAT PATROLI TERUTAMA PADA KANTONG-KANTONG MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN MELAKUKAN PERGERAKAN UNTUK MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL DI PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR.

     
  5. MELAKUKAN MAPPING KEMUNGKINAN KONSENTRASI MASSA DAN PENEMPATAN STRONG POINT PADA MASING-MASING JALUR SEHINGGA MEMPERMUDAH UNTUK MENGANTISIPASI SETIAP KEMUNGKINAN KEJADIAN GANGGUAN KAMTIBMAS SEBAGAI AKIBAT DARI KONSENTRASI MASSA TERTENTU.

     
  6. AGAR PARA DIR LANTAS MEMBUAT POSKO PEMANTAU DENGAN TUGAS MELAKUKAN MON0TORING DAN ANTISIPASISERTA MELAPORKAN SETIAP DINAMIKA TERBENTUKNYA KUMPULAN MASSA YANG AKAN BERGERAK MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL BAGI PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR. ATAU ANTISIPASI TERJADINYA KONFLIK HORISONTAL ANTAR AGAMA.

     
  7. AGAR PARA DIR LANTAS MEMBERIKAN PETUNJUK DAN ARAHAN YANG JELAS KEPADA SETIAP ANGGOTA YANG BERTUGAS DILAPORKAN SUPAYA TIDAK TERNAJI PEMICU KEMUNGKINAN TERJADINYA KONFLIK ANTARA APARAT DENGAN MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN MELAKUKAN PERGERAKAN UNTUK MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL DI PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR.

     
  8. AGAR SETIAP POS LANTAS DALAM PELAKSANAAN PEMANTAUAN MENAMBAH KEKUATAN DAN MELIBATKAN FUNGSI KEPOLISIAN TERKAIT SERTA MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN.

     
  9. SELALU BERKOORDINASI DENGAN FUNGSI KEPOLISIAN TERKAIT PADA SAAT PELAKSANAAN PATROLI GABUNGAN.

     
APABILA DITEMUKAN KASUS YANG MENONJOL BERKAITAN DENGAN YANG DITEMUI DILAPANGAN AGAR MELAPORKAN KEPADA KAKORLANTAS PADA KESEMPATAN PERTAMA. PARA DIR LANTAS MELAPORKAN SETIAP PERKEMBANGAN SITUASI DAN PERKEMBANGAN MASSA KELOMPOK AGAMA TERTENTU YANG AKAN MEMBERIKAN DUKUNGAN MORIL DALAM PERSIDANGAN ABU BAKAR BA'ASYIR SECARA BERJENJANG DARI TINGKAT KANIT, POLSEK, KASAT LANTAS, POLRES/TA/BES SAMPAI DIR LANTAS POLDA DAN MELAPORKAN KEKAKORLANTAS POLRI. SURAT INI BERSIFAT SEBAGAI ARAHAN UNTUK DILAKSANAKAN PENJABARAN LANGKAH-LANGKAH KONKRIT YANG BISA DILAKUKAN OLEH FUNGSI LALU LINTAS UNTUK PENCEGAHAN TERJADINYA KONFLIK HORISONTAL ANTAR KELOMPOK AGAMA.

Label:

0 komentar:

Posting Komentar