Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

SEMINAR POLMAS, HAM DAN RANHAM

Posted by Ikhsan Ntd at 24 Juli 2011


POLDA KALSEL, Bertempat di Aula Bhayangkara digelar seminat tentang implementasi strategi Polisi Masyarakat (Polmas), hak asasi manusia (HAM) dan Gender dalam konteks rencana aksi nasional hak asasi manusia (RANHAM), Kamis (21/7) kemaren.

Dalam Amanat Kapolda Kalsel Brig jend Pol Drs Syafruddin MSi yang dibacakan oleh Wakapolda Kalsel Kombes Pol Saput MSi. Dikatakan saat ini dan kedepat tuntutan masyarakat terhadap aparat penegak hukum khususnya kepolisian diharapkan menghormati, memahami dan melaksanakan HAM disetiap pelaksanaan tugas di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat baik yang bersifat preventif maupun represif.

Hal tersebut sejalan dengan amanat pasal 4 UU no. 2 tahun 2002 tentang kepolisian Negara republik Indonesia bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat serta terbinannya ketentraman masyarakat dengan menjunjung tinggi HAM.

Secara eksternal berbagai konvensi hak azasi manusia dan UUD 1945 telah melahirkan UU RI No 39 Tahun 1999 tentang hak azasi manusia yang mendorong gerakan RANHAM

Hal-hal tersebut juga memotivasi institusi Polri untuk membnetuk kepolisian yang menghormati HAM. Karena itu dibuatlah berbagai peraturan Kapolri sebagai pedoman di dalam melaksanakan tugas. Diantaranya adalah peraturan apolri No 7 tahun 2008 tentang pedoman dasar strategi dan implementasi pemolisian masyarakay dalam penyelenggaraan tugas polri dan peraturan kapolri no 8 tahun 2009 tentang implementasi prinsip dan standar HAM dalam penyelenggaraan tugas.

Seminar yang digelar satu ari itu juga mensosialisasikan peraturan Kapolri, yang dihadiri para tokoh masyarakat, mahasiswa serta instansi pemerintah lainnya.

Label:

0 komentar:

Posting Komentar