Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

PENSAT BULAN JULI MINGGU KE 4

Posted by Ikhsan Ntd at 02 Juli 2011






PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL


 

 


 
KOMITMEN MORAL DALAM RANGKA REFORMASI
BIROKRASI POLRI

 
NOMOR : /VII/2011/PENSAT

 
    KAMI ANGGOTA POLRI DENGAN PENUH KESADARAN DAN KESUNGGUHAN BERSEPAKAT UNTUK SENANTIASA :

 
  1. MELAKSANAKAN TUGAS POKOK FUNGSI DAN PERANAN DENGAN PENUH DEDIKASI DAN TANGGUNG JAWAB YANG TINGGI KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA, MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA

 
  1. MEWUJUDKAN SUASANA KERJA YANG TRANSPARAN, NYAMAN, EFISIEN, ADIL, PROFESIONAL DAN AKUNTABEL.

     
  2. MENJAMIN PEMIMPIN YANG SELALU MEMEGANG TEGUH DAN MENGAKTUALISASIKAN ETIKA KEMIMPINAN DENGAN MENAMPILKAN DIRI SEBAGAI SOSOK PELAYAN YANG JUJUR, BERANI, ADIL, BIJAKSANA, TRANSPARAN, TERBUKA, TAULADAN, KREATIF, INOVATIF, KOOPERATIF, DAN MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN ANGGOTA SERTA SOLIDITAS INSTISUSI.

     
  3. MENJADI STAF / PELAKSANA YANG MEMEGANG TEGUH ETIKA STAF DENGAN MENAMPILKAN DIRI SEBAGAI INSAN BHAYANGKARA YANG SANTUN, RAMAH, EMPATI, BERKEMANUSIAN, ADIL, TERBUKA, IHKLAS, JUJUR, LOYAL, SETIA, KOMUNIKATIF, TANGGUNG JAWAB DAN MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN MASYARAKAT.

     
  4. MENAMPILKAN PERILAKU YANG TEGAS, HUMANIS, MENGHORMATI DAN MENJUJUNG TINGGI HARKAT DAN MARTABAT MANUSIA DENGAN MENGHINDARKAN DIRI DARI PERBUATAN YANG MERUGIKAN, MEMBEBANI, MEMBERIKAN, MEMINTA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA MASYARAKAT

     
  5. MENJAGA KEHORMATAN DAN HARGA DIRI DENGAN TIDAK MELAKUKAN KOLUSI, KORUPSI, NEPOTISME SERTA BERBAGAI BENTUK PENYALAHGUNAAN WEWENANG LAINNYA

 
  1. MELAYANI MASYARAKAT DENGAN PENAMPILAN FISIK YANG PANTAS DISESUAIKAN DENGAN PANGGILAN

 
  1. MENJUNJUNG TINGGI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA SERTA NORMA-NORMA YANG BERLAKU DI MASYARAKAT, MENERAPKAN DISKRESI DENGAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB DAN DILANDASI HATI YANG BERSIH SERTA JIWA YANG TULUS.

     
  2. MERESPONS KESULITAN DAN MEMBANTU MEMECAHKAN MASALAH SOSIAL DALAM MASYARAKAT DENGAN CEPAT MERUPAKAN PERBUATAN YANG MULIADAN JUJUR.


    PERLU UNTUK DIKETAHUI, DIPAHAMI DAN DILAKSANAKAN
    OLEH SETIAP PERSONEL POLRI
    ----- 0 -----
    SUBBID PENMAS

 

 

 


 


PENERANGAN KESATUAN

DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 

 

 


 


 


 


 


 


 


 


 

SAMBUTAN
KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
PADA ACARA SYUKURAN PERINGATAN HARI
BHAYANGKARA KE – 65 TAHUN 2011
TANGGAL 1 JULI 2011

 
NOMOR : / /2011/PENSAT

 

 
    MENGAWALI SAMBUTAN INI, SAYA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI BHAYANGKARA KEPADA SELURUH ANGGOTA POLRI DIMANAPUN BERTUGAS. DENGAN HARAPAN SEMOGA DI USIA YANG KE- 65 INI, POLRI AKAN TUMBUH DAN BERKEMBANG MENJADI INSTITUSI YANG PROFESIONAL, BERMORAL, MODERN, TRANSPARAN DAN AKUNTABEL.

 
    DI HARI YANG BERSEJARAH INI, MERUPAKAN MOMENTUM YANG SANGAT TEPAT BAGI JAJARAN POLRI UNTUK MELAKUKAN INTROSPEKSI DAN RETROSPEKSI TERHADAP KINERJA YANG TELAH DILAKUKAN SELAMA INI, SERTA SEJAUH MANA KITA MAMPU MENGEMBAN AMANAH YANG DIPERCAYAKAN OLEH MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.

 
    SEBAGAIMANA PRINSIP HARI ESOK HARUS LEBIH BAIK DARI HARI INI, MAKA PERINGATAN HARI BHAYANGKAR INI JUGA KITA JADIKAN SEBAGAI BATU PIJAKAN UNTUK MELANGKAH MAJU KE ARAH YANG LEBIH BAIK, MELALUI BERBAGAI UPAYA PENGUATAN SERTA PERBAIKAN TERHADAP BERBAGAI KELEMAHAN DAN KEKURANGAN, DEMI TERWUJUDNYA PROFIL POLRI SEBAGAIMANA YANG DIHARAPKAN.

 
    ENAM PULUH LIMA TAHUN BUKANLAH WAKTU YANG SINGKAT DAM MUDAH UNTUK DILALUI. BERBAGAI DINAMIKA DAN PASANGF SURUTNYA COBAAN, RINTANGAN, TANTANGAN DAN HAMBATAN TELAH MEWARNAI PERJALANAN SEJARAHH PENGABDIAN POLRI KEPADA MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA. KONDISI TERSEBUT TIDAK MENYURUTKAN DERAP LANGKAH POLRI, SEBALIKNYA AKAN MEMPERKAYA DAN MEMPERKUAT NILAI-NILAI KEJUANGAN INSAN BHAYANGKARA SEBAGAI UKIRAN PRESTASI YANG TERCATATDALAM LEMBARAN SEJARAH BANGSA INDONESIA.

 
    BERAGAM PENGALAMAN TERSEBUT, JUGA MENJADIKAN POLRI LEBIH TEGAR DAN MATANG DALAM MENGEMBAN TUGAS PENGABDIANNYA SEBAGAI PEMELIHARA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT, PENEGAK HUKUM, SERTA PELINDUNG, PENGAYOM DAN PELAYAN MASYARAKAT, SITUASI KAMTIBMAS YANG SECARA UMUM BERJALAN AMAN DAN KONDUSIF DEWASA INI MERUPAKAN BUKTI NYATA DARI SUMBANGSIH SERTA ANDIL JAJARAN POLRI YANG TIDAK KENAL LELAH DAN PUTUS ASA MESKIPUN DIHADAPKAN PADA BERBAGAI KENDALA DAN KETERBATASAN.

 
    HAL TERSEBUT TENTUNYA TIDAK TERLEPAS DARI BANTUAN DAN PARTISIPASI BERBAGAI ELEMEN MASYARAKAT, TERMASUK INSTANSI – INSTANSI TERKAIT, SEBAGAI IMPLEMENTASI NYATA DARI KESADARAN BELA NEGARA. OLEH KARENA ITU, PADA KESEMPATAN INI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA ATAS PARTISIPASINYA DALAM PEMBINAAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT, DISERTAI HARAPAN UNTUK TERUS DITINGKATKAN DIMASA YANG AKAN DATANG.

 
    PERLU KITA PAHAMI BERSAMA, BAHWA TANTANGAN TUGAS YANG DIHADAPI POLRI ADALAH MASALAH RESIDUAL YANG MENGEDAP PADA BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN, TERMASUK DIBIDANG PEMERINTAHAN DAN KEMASAYARAKATRAN. HAL TERSEBUT MENUNTUT JAJARAN POLRI MELAKUKAN KERJASAMA KEMITRAAN DENGAN SELURUH KELOMPOK MASYARAKAT MAUPUN PEMANGKU KEPENTINGAN LAINNYA UNTUK MENGELIMINASI JAUH DIHULU PERMASALAHAN, SEHINGGA DAPAT MENEKAN TERJADINYA GANGGUAN KAMTIBMAS SERTA MENGURANGI JUMLAH KORBAN SEKECIL MUNGKIN.

 
    OLEH KARENA ITU, SANGATLAH TEPAT KIRANYA PERINGATAN HARI BHAYANGKARA KE-65 INI MENGAMBIL TEMA " DENGAN SEMANGAT KEMITRAAN KITA MANTAPKAN REVITALISASI KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA". TEMA INI SELARAS DENGAN GRAND STRATEGI POLRI TAHAP II (2010 – 2014) YANG MENEMPATKAN KEMITRAAN SEBAGAI FAKTOR STRATEGIS DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT. PELAKSANAAN TAHAPAN PEMBANGUNAN KEMITRAAN (PARTNERSHIP BUILDING) SEBAGAI TAHAPAN PERTAMA DARI GRAND STRATEGI POLRI.

 
    MENCERMATI PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGI YANG TERJADI DALAM KURUN WAKTU BELAKANGAN INI, TENTUNYA KITA MENARUH PRIHATIN MENGINGAT ADANYA BEBERAPA GANGGUAN KAMTIBMAS YANG TERJADI, KHUSUSNYA JARINGAN TERORISME YANG TIDAK HANYA SURVIVE NAMUN JUGA REVIVE, HAL ITU DIBUKTIKAN DENGAN BERBAGAI AKSI YANG DILANCARKAN, SEHINGGA MENIMBULKAN KERESAHAN DITENGAH-TENGAH MASYARAKAT, NAHKAN YANG LEBIH MEMPRIHATINKAN LAGI ADALAH TIMBULNYA KORBAN JIWA DARI ANGGOTA POLRI YANG SEDANG MELAKSANAKAN TUGAS YANG MEMANG DIRENCANAKAN UNTUK DIJADIKAN TARGET OLEH PARA PELAKU.

 
    BEGITU JUGA DENGAN AKSI RADIKALISME DAN ANARKISME MASSA YANG KERAP MEWARNAI LEMBARAN KAMTIBMAS DI TANAH AIR, YANG DAPAT MEMICU TERJADINYA KONFLIK HORISONTAL. DIPREDIKSI BAHWA GEJALA KEKERASAN HORISONTAL, TERORISME DAN RADIKALISME KEDEPAN MASIH AKAN TERUS TERJADI.
SEHINGGA DIPERLUKAN LANGKAH YANG LEBIH EFFEKTIF MELALUI BERBAGAI TEROBOSAN KREATIF UNTUK MELAKUKAN UPAYA PENCEGAHAN. PADA KESEMPATAN INI PERLU KAMI INGATKAN BAHWA IDEOLOGI RADIKAL JUGA TELAH MULAI MERUSAK PADA BERBAGAI AKTIFITAS SOSIAL DAN PENDIDIKAN KARENANYA SAYA BERHARAP PERAN SELURUH WARGA MASYARAKAT, KHUSUSNYA PARA ORANG TUA DAN GURU UNTUK IKUT MEMBIMBING ANAK-ANAKNYA JANGAN SAMPAI TERBAWA PENGARUH IDEOLOGI RADIKAL TERSEBUT.

 
    MESKIPUN DIHADAPKAN PADA BERBAGAI TANTANGAN YANG CUKUP BERAT SEBAGAIMANA TERSEBUT DIATAS NAMUN POLRI TERUS BERUPAYA SEMAKSIMAL MUNGKIN MENAMPILKAN KINERJA YANG LEBIH BAIK, KHUSUSNYA DALAM MENGATASI BERBAGAI JENIS KEJAHATAN YANG TERUS BERKEMBANG, BAIK KEJAHATAN KONVENSIONAL, KEJAHATAN TRANSNASIONAL, KEJAHATAN TERHADAP KEKAYAAN NEGARA MAUPUN KEJAHATAN YANG BERIMPLIKASI KONTINJENSI. KASUS-KASUS BESAR YANG MENYANGKUT SINDIKAT INTERNASIONAL SEPERETI TERORISME, NARKOBA, ILLEGAL FISHING, DAN TRAFFICKING IN PERSON, SEMAKIN BANYAK YANG DITUNTASKAN, SEHINGGA TIDAK JARANG POLRI MENDAPATKAN APRESIASI DARI BERBAGI PIHAK BAIK DARI DALAM MAUPUN LUAR NEGERI.

 
    DILINGKUNGAN INTERNAL POLRI, KHUSUSNYA DIBIDANG PEMBINAAN TELAH DILAKUKAN BERBAGAI UPAYA DALAM RANGKA MERUBAH MIND SET DAN CULTURE SET GUNA MENAMPILKAN SOSOK POLRI YANG LEBIH MELAYANI, PROAKTIF, TRANSPARAN DAN AKUNTABEL. UNTUK ITU, POLRI TELAH MENJALIN KERJASAMA DENGAN BERBAGAI PENGAWASAN EKSTERNAL BAIK LEMBAGA PEMERINTAH SEPERTI BPK RI, KOMNAS HAM, OMBUDSMAN RI DAN KOMPOLNAS MAUPUN DENGAN BERBAGAI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT. HAL ITU SEMATA-MATA DILAKUKAN DALAM RANGKA PERUBAHAN UNTUK MEWUJUDKAN POLRI YAG LEBIH BAIK DARI WAKTU KE WAKTU.

 
    KAMI MENYADARI, BAHWA BERBAGAI UPAYA YANG DILAKUKAN TERSEBUT BELUM SEPENUHNYA MEMENUHI HARAPAN MASYARAKAT.OLEH KARENA ITU MELALUI KESEMPATAN YANG BAIK INI KAMI MEMOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA DAN BERLAPANG DADA UNTUK MENERIMA BERBAGAI MASUKAN, KRITIK DAN SARAN YANG KONSTRUKTIF DARI SELURUH LAPISAN MASYARAKAT GUNA PERBAIKAN POLRI KEDEPAN.

 
    SEBELUM MENGAKHIR SAMBUTAN INI, SAYA KEMBALI MENGINGATKAN KEPADA SELURUH ANGGOTA POLRI BAHWA SETIAP PEKERJAAN DAN JABATAN YANG DIEMBAN MERUPAKAN SUATU AMANAH YANG HARUS DILAKSANAKAN DAN DITUNAIKAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB. JUNJUNG TINGGI KODE ETIKA KELAMBAGAAN, ETIKA KENEGARAAN DAN ETIKA HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT YANG MERUPAKAN KRISTALISASI DARI NILAI-NILAI PANCASILA TRI BRATA DAN CATUR PRASETYA.

 
PERLU UNTUK DIKETAHUI, DIPAHAMI DAN DILAKSANAKAN
OLEH SETIAP PERSONEL POLRI
----- O -----

Label:

0 komentar:

Posting Komentar