Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

PENSAT BULAN JUNI MINGGU KE 4

Posted by Ikhsan Ntd at 02 Juni 2011







PENERANGAN KESATUAN
DITERBITKAN OLEH BIDHUMAS POLDA KALSEL

 

 

    
A M A N A T
KEPALA KEPOLISIAN DAERAH KALSEL
PADA UPACARA BENDERA BULANAN
HARI RABU TANGGAL 18 MEI 2011

 
NOMOR : /VI/2011/PENSAT

 

 
    MENGAWALI AMANAT PADA PELAKSANAAN UPACARA BENDERA BULANAN INI, SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SELURUH PERSONEL POLRI JAJARAN POLDA KALSEL BESERTA JAJARAN YANG DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN BEKERJA KERAS TELAH MAMPU MENUNJUKKAN KIPRAH DAN EKSISTENSI KINERJA DIWILAYAH KALSEL TERUTAMA PADA PERINGATAN HARI BURUH SEDUNIA YANG JATUH PADA TANGGAL 1 MEI KEMARIN, SEHINGGA SITUASI KAMTIBMAS WILAYAH PROPINSI KALSEL SECARA UMUM MASIH DALAM KEADAAN KONDUSIF DAN TERKENDALI.
  
    PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBMAS TELAH MEWARNAI PELAKSANAAN TUGAS KITA DI WILAYAH POLDA KALSEL. PADA BULAN APRIL 2011 TELAH TERJADI TINDAK PIDANA SEBANYAK 565 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN PERKARA SEBANYAK 351 KASUS ATAU 62,12 %, BILA DIBANDINGKAN DENGAN BULAN MARET 2011, MAKA JUMLAH TINDAK PIDANA MENGALAMI PENURUNAN SEBANYAK 19 KASUS DIMANA PADA BULAN MARET 2011 TELAH TERJADI TINDAK PIDANA SEBANYAK 584 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN PERKARA SEBANYAK 373 KASUS ATAU 63,2 %.

 
    SEMENTARA ITU TREND LAKA LANTAS PADA BULAN APRIL 2011 TELAH TERJADI LAKA LANTAS SEBANYAK 52 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN PERKARA SEBANYAK 31 KASUS, APABILA DIBANDINGKAN DENGAN BULAN MARET 2011 JUMLAH LAKA LANTAS MENGALAMI PENURUNAN SEBANYAK 2 KASUS DIMANA PADA BULAN MARET 2011 TELAH TERJADI LAKA LANTAS SEBANYAK 54 KASUS DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN PERKARA SEBANYAK 34 KASUS.

 
    BERKAITAN DENGAN DATA GANGGUAN KAMTIBMAS TERSEBUT DI ATAS, KITA HARUS BETUL-BETUL MENCERMATI SEGALA PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBMAS DI WILAYAH KALIMANTAN SELATAN. APABILA KITA CERMATI LEBIH DALAM TERNYATA KALIMANTAN SELATAN MEMILIKI POTENSI GANGGUAN KAMTIBMAS YANG CUKUP KOMPLEKS.

 
/ BEBERAPA …..

 
2

 

 

 
BEBERAPA WAKTU YANG LALU SITUASI KALSEL SEMPAT DIWARNAI DENGAN BEBERAPA KONFLIK YANG TERJADII DI BEBERAPA DAERAH. DIANTARANYA SEPERTI YANG TERJADI DI DESA KAYU RABAH, KABUPATEN HST DAN TABUNIO, KABUPATEN TALA, DIMANA TERJADI KONFLIK ANTAR KELOMPOK MASYARAKAT MAUPUN KELOMPOK MASYARAKAT DENGAN PERUSAHAAN.

 
SEMUA KONFLIK YANG TELAH TERJADI HARUS SEGERA DISELESAIKAN SECARA KOMPREHENSIF DAN SINERGI DENGAN MENCARI AKAR PERMASALAHANNYA. KARENA APABILA TIDAK TERLESAIKAN, AKAN MEMICU KONFLIK YANG LEBIH BESAR DAN MEMPENGARUHI KINERJA SERTA CITRA POLRI DI MATA MASYARAKAT.

 
SELAIN MENGETAHUI PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBMAS YANG TERJADI DI WILAYAH, KITA JUGA HARUS MENGIKUTI PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBMAS NASIONAL. MARAKNYA PERDEBATAN DAN AKSI YANG DILAKUKAN OLEH GERAKAN NEGARA ISLAM INDONESIA (NII) TELAH MEMPENGARUHI SITUASI KAMTIBMAS NASIONAL. TERLEBIH LAGI DALAM MELAKUKAN AKSINYA GERAKAN NII KERAP MELAKUKAN PENCULIKAN DAN CUCI OTAK DENGAN SASARAN PARA GENERASI MUDA. TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN WILAYAH KALSEL TELAH DI SUSUPI OLEH GERAKAN NII INI.

 
SELAIN ITU, ESKALASI SITUASI KEAMANAN NASIONAL PASCA OSAMA BIN LADEN JUGA MENGALAMI PENINGKATAN. PERLU DIGARIS BAWAHI BAHWA DENGAN KEMATIAN OSAMA BIN LADEN TIDAK MEMBUAT AKSI-AKSI TERORISME DI NEGARA KITA TURUT, TERLEBIH LAGI SAAT INI GERAKAN TERORISME TELAH MEMASUKI GENERASI KETIGA. NAMUN DIPREDIKSI AKAN TERJADI SERANGAN ATAU AKSI TEROR BALASAN DARI PENGIKUT MAUPUN SIMPATISAN OSAMA BIN LADEN.

 
MENCERMATI PERISTIWA-PERISTIWA YANG TERJADI TERSEBUT, SAYA MENEKANKAN KEPADA SELURUH ANGGOTA POLRI POLDA KALSEL AGAR :

 
  1. TINGKATKAN KEGIATAN COMMUNITY POLICING DENGAN MEMBERDAYAKAN BABINKAMTIBMAS YANG TELAH KITA MILIKI.
  2. LAKUKAN SOSIALISASI TENTANG APA ITU GERAKAN NII DAN BAHAYA YANG DITIMBULKAN DARI GERAKAN NII.
  3. TINGKATAN KEWASPADAAN TERMASUK PENGAMANAN MAKO GUNA MENCEGAH HAL-HAL YANG TIDAK KITA INGINKAN, KARENA MENUTUP KEMUNGKINAN KANTOR- KANTOR POLISI MENJADI MENJADI SASARAN AKSI TEROR.
  4. TINGKATKAN DETEKSI DINI GUNA MENGANTISIPASI PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBMAS DI WILAYAH KITA.


    PERLU UNTUK DIKETAHUI, DIPAHAMI DAN DILAKSANAKAN
    OLEH SETIAP ANGGOTA POLRI DAN PNS POLRI
    ----- 0 -----
    PENSAT  

Label:

0 komentar:

Posting Komentar