Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

PERINGATAN HARI IBU KE-82 TAHUN 2010

Posted by Riza Rahman at 22 Desember 2010

Maksud dan tujuan peringatan hari ibu
Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu dan istri maupun sebagai warga negara, warga masyarakat dan sebagai abdi Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai pejuang dalam merebut, menegakan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.
Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda, akan makna Hari Ibu sebagai Hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. Untuk itu perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Makna lambang hari ibu
Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia tersebut sebagaimana tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan:
1. kasih sayang kodrati antara ibu dan anak;
2. kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak;
3. kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa
dan negara.
Demikian sekilas tentang sejarah peringatan hari ibu. semoga kita sebagai anak senantiasa berbakti kepadanya baik selama ibu kita hidup ataupu setelah meninggal. dan untuk seorang ibu, seyogyanya hari ini dijadikan intropeksi bagi seorang ibu, apakah ia sudah mendidik anak-anaknya dengan benar sesuai dengan ajaran agama?
selamat memaknai hari ibu.

Peringatan Hari Ibu di POLDA Kalsel

Di Polda Kalsel, 22 desember 2010 juga memperingati Hari Ibu yang mana rencana pelaksanaan upacara bertempat di lapangan mapolda kalsel di pindah alihkan ke aula bhayangkara di sebabkan kota banjarmasin di guyur hujan lebat. Upacara memperingati hari ibu ini semua komandan dan danton pasukaan semua adalah Polwan dan sebagai Pemimpin upacara adalah Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin,MSi.

tema yang diangkat guna memperingati Hari Ibu ke-82 Tahun 2010 ini adalah "Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki untuk Membangun Karakter Bangsa dalam Mewujudkan Masyarakat yang Sehat dan Bermartabar. Makna dari tema ini antara lain adalah nilai-nilai kesetaraan antara perempuan dan laki-laki merupakan landasan bagi pembentukan karakter dan budi pekerti untuk mencintai tanah air dan bangsa, dan memegang teguh rasa nasionalisme, serta wawasan kebangsaan yang hakiki. Sejalan dengan itu, maka upaya pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan perlu dimulai sejak dini dari dalam   keluarga,  diteruskan   ke  sekolah   dan lingkungan masyarakat. Penghargaan dan toleransi terhadap kemajemukan suku, umat beragama, ras dan antar golongan, sebagai bagian dari pembangunan karakter bangsa, juga perlu dikedepankan dan terus diperkuat. Kata "sehat" dimasukkan ke dalam tema kali ini menunjukkan bahwa tanpa adanya kesehatan maka tidak mungkin bangsa kita dapat melaksanakan pembangunan. Selain itu bermakna bahwa fokus Peringatan Hari Ibu tahun 2010 ini antara lain adalah untuk mendukung terwujudnya salah satu Tujuan Pembangunan Millenium bidang kesehatan pada tahun 2015.Upaya - upaya penghapusan kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan sebagai bagian dari upaya mewujudkan peradaban bangsa juga harus menjadi agenda utama penegakan hak azasi perempuan.

Label:

0 komentar:

Posting Komentar